5 Tips Memilih Warna Cat Rambut yang Tepat

Mengubah warna rambut adalah cara tampil berbeda dari yang lain

6 Maret 2022

5 Tips Memilih Warna Cat Rambut Tepat
Unplash/ Toa Heftiba

Rambut adalah mahkota bagi setiap perempuan. Beberapa cara dilakukannya dalam menjaga dan merawat agar rambutnya tetap indah.

Ya. Kini tren warna rambut sudah diikuti banyak perempuan, contohnya saja seperti ombre dan rambut yang diwarnai dengan warna hologram.

Tapi apakah kamu pernah mengalami masalah saat memilih warna rambut? Tenang. Popmama.com kasih 5 tips memilih warna rambut yang tepat.

1. Lakukan perawatan rambut terlebih dahulu

1. Lakukan perawatan rambut terlebih dahulu
Freepik

Perkembangan lifestyle dalam soal rambut sering kali mengalami perubahan. Kini banyak seseorang mengubah warna rambutnya demi mengikuti tren.

Nah, apakah kamu memiliki rambut yang rusak sebelum diwarnai? Sementara kondisi rambut yang rusak akan sulit diwarnai, hasilnya akan cenderung lebih kusam dan tidak berkilau.

Untuk membebaskan rambut dari berbagai masalah, cobalah untuk melakukan keramas secara rutin dan menggunakan hair masker untuk hasil rambut yang lebih indah dan sehat.

Kamu dapat memakai produk masker rambut yang sudah direkomendasikan oleh salon sebelum melakukan pengecatan rambut.

Editors' Picks

2. Tentukan warna dari rona kulit

2. Tentukan warna dari rona kulit
Pexels/ automnenoble bogomolov

Langkah selanjutnya sebelum menentukan warna cat rambut yang tepat ialah sesuaikan dengan warna dan rona kulit kamu terlebih dahulu.  Hal tersebut berguna untuk menghindari salah warna yang akan memperburuk penampilanmu.

Cara mengetahuinya cukup mudah kok. Kamu hanya mengenakan baju putih dan berdiri di depan cermin yang dengan penerangan cukup baik.

Apabila kamu punya kulit putih, pilihlah rambut dengan highlight warna-warna hangat untuk mencerahkan rambutmu.

Tapi jika warna kulitmu cenderung gelap maka kamu bisa menerapkan warna burgundy, merah terang atau merah tua.

Sedangkan khusus yang mempunyai rona warna kulit kuning langsat, pilihlah warna rambut coklat gelap keemasan, pirang dan mahoni.

3. Uji warna cat rambutnya

3. Uji warna cat rambutnya
Freepik

Mewarnai rambut merupakan salah satu cara untuk mengubah tampilan kamu jadi berbeda. Tapi sebelum menggunakan produk cat rambut ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan, yakni dengan melakukan uji coba warna yang akan dipilih terlebih dahulu.

Kamu cukup mengoleskan sedikit cat rambut ke bagian rambut yang tidak terlalu tampak, setelah melihat hasilnya kamu pun dapat mempertimbangkan kembali warna cat rambut tersebut.

4. Pergi ke salon profesional

4. Pergi ke salon profesional
Freepik

Penggunaan pewarna rambut tidak sembarangan, lho. Apalagi jika kamu ingin mendapatkan hasil yang maksimal, tentunya akan memengaruhi tampilanmu.

Jangan sampai kamu memilih sembarang produk cat rambut. Hindari juga melakukan pengecatan sendiri di rumah.

Untuk kamu yang menginginkan perubahan total pada rambut dengan warna yang indah, maka berkorbanlah.

Sebaiknya kamu mendatangi ke salon dan mendukung para hairdresser dalam menciptakan kreasi warna rambut sesuai keinginanmu secara profesional.

5. Perawatan ekstra setelah pengecatan rambut

5. Perawatan ekstra setelah pengecatan rambut
Freepik

Menemukan warna rambut yang tepat dengan warna kulit tentunya tidak mudah. Apalagi bagi kamu yang baru pertama kali mewarnai rambut.

Tips berikutnya yang harus kamu lakukan ialah harus percaya diri dan memberi perawatan ekstra agar rambutmu tidak rusak.

Sebab penggunaan produk cat rambut saja sudah keras kandungan dari produknya. Maka dari itu setelah mengecat rambut tidak disarankan memakai hairspray yang mengandung alkohol.

Di mana hair spray bisa membuat rambut baru kamu menjadi kering dan memudarkan warna secara drastis. Untuk mempertahankan warna rambut yang lebih tahan lama dan sehat, pilihlah produk khusus rambut diwarnai ya.

Memiliki warna rambut yang terjaga akan kelembabannya, sebaiknya jangan malas untuk melakukan perawatan. Dengan begitu rambutmu akan menampilkan warna yang indah dan sehat.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk