Ikuti 5 Tips Ini untuk Meminimalisir Selulit

Selulit memang mengganggu penampilan ya

3 Desember 2018

Ikuti 5 Tips Ini Meminimalisir Selulit
Pexels/Pixabay

Selulit? Yang sudah kita ketahui, selulit adalah kondisi dimana kulit memiliki permukaan bergelombang, biasanya terletak di perut, pantat, dan paha.

Konon lebih dari 85% – 90% perempuan mengalami selulit. Hal tersebut normal terjadi sih, tetapi sebagian orang merasa terganggu akan adanya selulit di bagian tubuh.
Terganggunya keberadaan selulit karena penampilan kamu jadi tampak mirip dengan kulit jeruk.

Membahas tentang selulit, ternyata selulit disebabkan oleh asupan makanan yang tak sehat, dan jarang berolahraga.

Nah, Popmama.com akan berbagi cara untuk meminimalisir tektur kasar pada selulit.

Yuk simak beberapa cara untuk menghaluskan tampilan selulit kamu:

1. Perhatikan pola makan

1. Perhatikan pola makan
Pexels/Vincenzo Giove

Tahukah kamu? Pola makan yang sehat memiliki peran penting untuk menjaga berat badan agar kulit jauh dari selulit lho. Jika kamu suka dengan kadar garam yang tinggi, sebaiknya hindari ya. Sebab makanan tersebut akan menyebabkan sel lemak membengkak, membuat selulit jadi makin terdefinisi.

Kamu bisa perbanyak makanan berfiber dan whole grain, seperti oat cereal. Makanan jenis tersebut membantu agar terhindar dari obesitas dan menjauhkan kamu dari lemak, sehingga selulit dapat diminimalisir.

2. Berolahraga secara rutin

2. Berolahraga secara rutin
Active.com

Tujuan kamu adalah meminimalisir tampilan selulit di tubuh, kamu pun harus menjalankan latihan fisik seperti jalan, jogging, berenang, dan lain-lain beberapa kali dalam seminggu. Sebab dengan olahraga dapat menghilangkan selulit secara alami.

Meski olahraga tidak membuat selulit langsung menghilang, tetapi akan membuat lemak jadi terbakar dan otomatis selulit bisa dibakar secara maksimal. Nah, pada intinya jika kamu rajin berolahraga maka manfaatnya adalah untuk membakar lemak di tubuh.

Editors' Picks

3. Tambahkan krim retinol

3. Tambahkan krim retinol
Pexels/Moose Photos

Kamu ingin memakai krim yang tepat untuk membantai selulit? Sebaiknya pilih krim yang mengandung “retinol”. Pasalnya retinol tidak menyembuhkan selulit, tetapi dapat memperbaiki tampilan dan tekstur kulit kamu.

Sedangkan kamu perlu menggunakannya setidaknya selama 6 bulan. Oh ya, produk dengan 0,3% retinol adalah yang terbaik. Pemakaian krim yang mengandung retinol akan memperkuat lapisan luar kulit sehingga membantu menutupi daerah bergelombang di bawahnya.

Tapi sebelum menggunakan obat ini, pastikan kalau kamu sudah berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu.

4. Rajin pijat daerah yang bermasalah

4. Rajin pijat daerah bermasalah
Pexels/Pixabay

Cara lain agar menghilangkan selulit ialah dengan menggunakan alat pijat tubuh. Alat pijat dapat menstimulasi sirkulasi darah dan mengurai cairan di bawah kulit, sehingga menghasilkan tampilan kulit yang lebih mulus sejalannya waktu.

Jadi luangkan waktu beberapa menit setiap harinya untuk memijat bagian yang berselulit. Kamu bisa melakukannya saat di kamar mandi atau sedang mengoleskan pelembap.

5. Lakukan exofiliate

5. Lakukan exofiliate
www.alfa.com.gt

Selain pijat, kamu juga harus melakukan scrubbing pada tubuh yang bermasalah. Alternatif ini bisa kamu lakukan di rumah dengan cara melakukan scrub yang mengandung kafein, seperti bubuk kopi.

Pasalnya memijat scrub pada kulit menstimulasi sistem sirkulasi yang berfungsi mengalirkan limfa di dalam tubuh. Sedangkan bubuk kopi berfungsi membantu mengencangkan kulit kamu.

Jangan lupa ya jika sesulit menghilang, kamu tetap harus meneruskan kebiasaan baik di atas  seperti berolahraga.