Sederhana! 5 Cara Menghaluskan Tumit Kasar

Tumit kasar tentunya sangat mengurangi penampilan maksimal

7 Desember 2019

Sederhana 5 Cara Menghaluskan Tumit Kasar
Freepik/Supreeya Chantalao

Merawat tubuh harus dilakukan secara menyeluruh, mulai dari kepala hingga ujung kaki. Seringkali perempuan hanya fokus merawat tubuh atau wajah dan melupakan bagian kaki.

Padahal kaki yang terawat akan membuat Mama semakin percaya diri, terutama ketika menggunakan celana pendek, sepatu hak tinggi, ataupun sandal.

Salah satu masalah yang kerap terjadi pada kaki adalah tumit kasar. Ia bisa terjadi jika kaki Mama kekurangan kelembapan ataupun nutrisi.

Sangat mudah mengenali tumit kasar. Tumit kasar ditandai dengan banyaknya kulit yang mengelupas dan retakan-retakan halus.

Meskipun hampir setiap waktu tumit tertutup sepatu, tapi kondisi ini tetap tidak boleh dibiarkan ya, Ma. Berikut cara sederhana yang bisa Mama lakukan untuk menghaluskan tumit kasar:

1. Menggunakan pelembab setelah mandi

1. Menggunakan pelembab setelah mandi
Pexels/Buenosia Carol

Setelah mandi, seluruh bagian tubuh akan kehilangan pelembab alaminya, termasuk bagian tumit. Oleh karena itu, Mama sangat disarankan untuk menggunakan lotion yang mampu memberikan kelembapan tambahan.

Selain lotion, Mama bisa menggunakan Vaseline Petroleum Jelly. Produk ini terbuat dari petroleum jelly yang sudah dikenal sebagai pelembab alami.

Umumnya, Vaselin Petroleum Jelly digunakan sebagai pelembap bibir, tapi ia juga sangat ampuh menghaluskan tumit yang kasar.

2. Melindungi tumit dari udara dingin

2. Melindungi tumit dari udara dingin
Pexels/Lukas Horak

Apakah kulit Mama terasa lebih kering saat udara dingin?

Hal tersebut sangat normal. Pasalnya udara dingin membuat kelenjar minyak yang ada di bawah lapisan kulit tidak bisa bekerja secara maksimal.

Tubuh pun kekurangan pelembap alami. Kondisi ini diperparah karena udara dingin juga menarik kelembapan dari tubuh kita.

Melindungi tumit dari udara dingin termasuk langkah pencegahan agar tumit tidak kasar. Jika Mama berada di ruangan ber-AC, Mama bisa mensiasatinya dengan mengenakan kaos kaki agar tumit tetap hangat dan kelembapan tumit tetap terjaga.

Editors' Picks

3. Mengeksfoliasi tumit secara rutin

3. Mengeksfoliasi tumit secara rutin
Pexels/EVG Photos

Eksfoliasi adalah langkah perawatan untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang terdapat di lapisan terluar kulit. Jika selama ini Mama mengira hanya wajah yang memerlukan eksfoliasi, Mama salah besar.

Tumit juga membutuhkan eksfoliasi. Eksfoliasi pada tumit akan mengangkat sel-sel kulit mati yang membuat tumit terasa kasar.

Aplikasikan scrub khusus dan gosok tumit Mama secara perlahan. Mama juga bisa menggunakan produk perawatan kaki yang beredar di pasaran.

Lakukan secara rutin agar hasilnya maksimal ya, Ma!

4. Menggunakan bahan alami untuk masker tumit

4. Menggunakan bahan alami masker tumit
Freepik/narong27

Tidak hanya menggunakan produk perawatan yang beredar di pasaran, Mama juga bisa menghaluskan tumit kasar dengan bahan alami yang mudah ditemukan lho, Ma. Ada banyak bahan alami yang bisa digunakan, salah satunya buah alpukat.

Alpukat mengandung banyak vitamin untuk tumit. Ia mengandung vitamin E yang mampu menghilangkan sel-sel kulit mati dan memberikan kelembapan tambahan. Ada juga vitamin A yang mampu meregenerasi sel kulit.

Gunakan buah alpukat sebagai masker untuk menghaluskan tumit kasar. Haluskan buah alpukat dan oleskan pada tumit sampai merata. Berikan pijatan dan tunggu beberapa menit. Setelahnya, bilas hingga bersih.

5. Gunakan sepatu yang tepat dan bersih

5. Gunakan sepatu tepat bersih
Pexels/Lisa Fotios

Sepatu yang Mama pilih juga menunjang kesehatan dan kecantikan kaki lho, Ma. Sepatu dengan bantalan yang keras atau tidak pas bisa memicu tumit kasar karena adanya tekanan yang lebih besar.

Begitu pula dengan sepatu hak tinggi. Jika Mama terlalu sering menggunakan sepatu hak tinggi, Mama harus merawat kaki dengan lebih telaten. Pasalnya, sepatu hak tinggi rawan memicu tumit kasar.

Selain menggunakan sepatu yang tepat, gunakan juga sepatu dan kaus kaki yang bersih. Menggunakan kaus kaki yang sama selama berhari-hari dapat memperparah iritasi pada tumit dan membuatnya lebih kasar.

Itulah lima cara sederhana yang bisa Mama lakukan untuk menghaluskan tumit kasar. Yuk, mulai rawat kaki Mama agar penampilan semakin maksimal dan Mama semakin percaya diri!

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.