Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

10 Cara Menghilangkan Flek Hitam dengan Alami

Bahan-bahan di sekitar Mama dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan flek hitam

30 Desember 2022

10 Cara Menghilangkan Flek Hitam Alami
Freepik/drobotdean

Salah satu masalah kulit yang sering dialami perempuan adalah flek hitam. Umumnya, ia muncul jika kulit terlalu sering terpapar matahari.

Hal ini karena sinar matahari meningkatkan produksi sel melanosit yang menghasilkan pigmen melanin atau pigmen pengatur warna kulit.

Dari seluruh bagian tubuh, wajah adalah bagian yang paling rawan mengalami flek hitam. Pasalnya, wajah hampir terpapar matahari sepanjang waktu.

Tentunya sangat disayangkan ya, Ma. Bagaimanapun wajah adalah ujung tombak penampilan seorang perempuan.

Tapi tidak perlu khawatir, Ma. Ada banyak cara menghilangkan flek hitam, baik dengan bantuan medis maupun secara alami. Menghilangkan flek hitam secara alami pun sangat mudah. Bahan-bahannya dapat ditemukan di sekitar Mama.

Berikut, Popmama.com telah merangkum cara menghilangkan flek hitam secara alami:

1. Menggunakan jus lemon atau air perasan jeruk nipis

1. Menggunakan jus lemon atau air perasan jeruk nipis
Pexels/Rawpixel.com

Lemon dan jeruk nipis adalah buah yang kaya akan vitamin C. Vitamin ini terkenal memiliki banyak khasiat untuk wajah.

Ia mampu melawan penuaan, mencerahkan wajah, menangkal radikal bebas, hingga merawat kerusakan kulit akibat sinar matahari dan menghilangkan flek hitam.

Cara menggunakannya pun mudah. Pertama, buat jus lemon atau peras jeruk nipis. Kedua, ambil airnya dengan bantuan kapas dan kenakan ke bagian wajah yang mengalami flek hitam. Ketiga, bilas dengan air bersih ketika sudah mengering.

Jika Mama menggunakan jus lemon atau air jeruk nipis secara rutin selama dua minggu, dijamin flek hitam pada wajah akan menghilang.

Tapi perhatikan kondisi kulit Mama ya. Jika Mama memiliki kulit sensitif, maka berikan tambahan air agar jus lemon atau air jeruk nipis tidak terlalu asam.

2. Menggunakan kentang sebagai masker

2. Menggunakan kentang sebagai masker
Freepik/Jcomp

Kentang adalah salah satu sayuran yang banyak digunakan perempuan Indonesia untuk memasak. Bahan ini sangat mudah ditemukan di pasar modern maupun pasar swalayan.

Ternyata, kentang tidak hanya bermanfaat sebagai makanan. Kandungan di dalam kentang terbukti mampu menghilangkan flek hitam. Ia juga bisa mengangkat sel kulit mati, melembabkan kulit, dan membantu mencerahkan kulit.

Gunakan kentang sebagai masker agar Mama mendapatkan manfaat-manfaat ini. Cuci bersih kentang dan iris tipis-tipis. Lalu, letakan irisan kentang pada wajah. Biarkan selama beberapa menit dan cuci bersih dengan air hangat.

3. Mengoleskan bagian dalam lidah buaya

3. Mengoleskan bagian dalam lidah buaya
naturalcosmeticsartesana.com

Penggunaan lidah buaya untuk merawat wajah tentunya sudah tidak asing bagi Mama. Tanaman ini memang dikenal memiliki banyak manfaat.

Ia mampu melembabkan dan menghaluskan wajah. Kandungan antioksidan di dalamnya juga mampu menangkal radikal bebas. Tidak heran banyak produsen kecantikan yang menjual lidah buaya di pasaran.

Jika Mama mempunyai tanaman lidah buaya di rumah, ambil dan belah batang lidah buaya untuk mendapatkan dagingnya.

Oleskan daging tersebut di bagian wajah yang mengalami flek hitam. Pijat perlahan dan biarkan 15 hingga 20 menit. Setelah mengering, bilas hingga bersih.

Lakukan perawatan ini satu hingga dua kali sehari dalam beberapa minggu agar hasilnya maksimal ya, Ma!

4. Menggunakan masker kunyit

4. Menggunakan masker kunyit
Pixabay/stevepb

Jika Mama mengira kunyit hanya bermanfaat sebagai rempah-rempah, Mama salah besar. Kunyit juga memiliki banyak manfaat bagi kecantikan kulit wajah.

Ia mampu mengusir jerawat, menyamarkan bekas jerawat, dan mengangkat sel kulit mati. Kunyit juga memiliki kandungan anti-pigmentasi dan anti-inflamasi.

Untuk mendapatkan manfaat ini, campurkan dua sendok teh kunyit yang sudah dihaluskan dengan susu dan air lemon.

Perbandingan kunyit harus lebih banyak ya, Ma. Jika tidak, campuran akan terlalu cair untuk digunakan. Gunakan campuran sebagai masker dan biarkan selama beberapa menit. Setelahnya, bilas dengan air hangat.

Editors' Picks

5. Menggunakan pasta almond sebagai masker

5. Menggunakan pasta almond sebagai masker
Freepik/pichitkamsing

Jika Mama mempunyai kulit wajah yang kering, Mama bisa menggunakan almond untuk merawat wajah Mama. Pasalnya, almond adalah pelembab alami. Selain itu, almond juga mengandung vitamin E dan antioksidan. Ia mampu menghilangkan flek hitam dan bekas luka di wajah.

Tapi, Mama mungkin butuh sedikit waktu dan tenaga untuk menyiapkan masker almond. Sebelum diolah, kacang almond harus direndam dengan susu selama satu malam.

Setelahnya, kacang almond dikupas dan digiling lalu dicampurkan dengan bubuk cendana dan madu. Aduk hingga merata sampai masker almond berbentuk pasta dan siap digunakan.

Masker ini akan memberikan efek yang maksimal jika digunakan satu sampai dua minggu sekali. Berikan pijatan ringan agar Mama mendapatkan efek relaksasi.

6. Menggunakan bubur pepaya sebagai masker

6. Menggunakan bubur pepaya sebagai masker
Pixabay/3centista

Buah pepaya digemari oleh banyak orang karena dikenal mampu melancarkan pencernaan. Ternyata, kandungan di dalam buah pepaya juga mampu mencerahkan kulit wajah dan menghilangan flek hitam jika digunakan sebagai masker. Pasalnya, kandungan ini mampu mengelupas dan menyingkirkan sel kulit mati.

Masker pepaya pun sangat mudah dibuat. Mama hanya perlu mengambil daging buah pepaya yang sudah matang, lalu menghancurkannya hingga menjadi bubur. Oleskan pada wajah dan biarkan selama 20 menit. Setelah itu, bilas hingga bersih.

Lakukan perawatan ini tiga hingga empat kali seminggu agar efeknya maksimal ya, Ma.

7. Menggunakan masker oatmeal yang praktis

7. Menggunakan masker oatmeal praktis
Freepik

Oatmeal adalah menu sarapan yang digemari oleh mereka yang menjalani hidup sehat ataupun sedang diet. Selain sehat, makanan ini sangat mudah dibuat. Hanya perlu diseduh dengan air hangat hingga menjadi bubur.

Nyatanya, oatmeal juga sangat mudah diolah menjadi masker untuk menghilangkan flek hitam di wajah lho, Ma. Oatmeal hanya perlu ditumbuk dan dicampur dengan air perasan lemon hingga menjadi pasta.

Selain menghilangkan flek hitam, masker oatmeal mampu melembutkan dan meremajakan kulit. Ia juga bisa digunakan apabila kulit Mama gosong akibat sinar matahari.

    8. Menggunakan masker madu

    8. Menggunakan masker madu
    Freepik/Freepik

    Untuk mengatasi flek hitam pada wajah adalah dengan menerapkan madu murni. 

    Menerapkan madu murni pada kulit adalah salah satu cara untuk menghilangkan flek hitam dan juga meningkatkan kualitas kulit sehingga membuatnya halus dan lembut. Madu membantu menjaga kesehatan kulit dan juga memiliki sifat menghidrasi.

    Kamu bisa menggunakan madu untuk menghilangkan bintik hitam dan dapatkan kulit halus, lembut, dan bercahaya. Namun, sebelum mengaplikasikannya ke seluruh wajah, kamu sebaiknya melakukan uji sensitif madu dengan mengoleskan ke bagian belakang telinga. Jika kamu mengalami iritasi atau kemerahan, maka kulitmu sensitif terhadap bahan alami yang satu ini. 

    9. Perpaduan masker fanugreek dan air mawar

    9. Perpaduan masker fanugreek air mawar
    Pixabay/Myriams-Fotos

    Untuk menggunakan masker ini kamu cukup rendam segenggam biji fenugreek (methi) dalam semangkuk air. Biarkan terendam selama minimal 5 jam.

    Giling dua bahan ini dalam mixer dan buat pasta halus. Tambahkan beberapa tetes air mawar ke dalamnya. Oleskan masker di wajah. Sebelum mengoleskan masker, bersihkan wajah dengan air hangat agar pori-pori terbuka. Biarkan mengering selama 15 menit. Setelah benar-benar kering bilas dengan air dingin.

    Manfaat dari masker ini adalah fenugreek memiliki sifat antiseptik dan anti-inflamasi yang menghentikan dan mengurangi pertumbuhan jerawat, komedo, dan infeksi kulit lainnya. Ini membantu dalam menutrisi dan meremajakan kulit.

    10. Gunakan tea tree oil untuk mengatasi masalah flek pada kulit wajah

    10. Gunakan tea tree oil mengatasi masalah flek kulit wajah
    Pexels/Tree of Life Seeds

    Ambil sedikit tea tree oil di telapak tangan dan gosokkan ke area wajah yang penuh flek hitam selama 10 menit. Ambil air hangat suam-suam kuku dalam mangkuk, celupkan kapas ke dalam mangkuk. Sekarang gosokkan kapas cuci ke seluruh wajah untuk menghilangkan minyak berlebih.

    Manfaatdari tea tree oil adalah kandungan antiseptik dan antibakteri yang mencegah infeksi kulit, membantu penyembuhan luka dan flek hitam.

    Itulah cara menghilangkan flek hitam secara alami. Terbukti tampil menarik tidak selalu berarti mahal ya, Ma. Yuk, praktekan cara di atas agar flek hitam menghilang dan penampilan Mama semakin maksimal!

    Baca juga:

    Tanya Ahli

    Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

    Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

    Mama CerdAZ

    Ikon Mama CerdAZ

    Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

    Cari tahu yuk