hanco

Model Kebaya untuk Ibu Menyusui

Menyusui bukan hambatan untuk tidak menggunakan kebaya

22 November 2019

Model Kebaya Ibu Menyusui
Pinterest

Kebaya adalah pakaian tradisional Indonesia dengan sejarah yang sangat panjang. Bahkan ada beberapa pendapat tentang asal mula kebaya. Beberapa percaya kebaya adalah pakaian asli dari Indonesia, sedangkan yang lainnya percaya kebaya berasal dari China dan mengalami penyesuaian dengan budaya Indonesia.

Sebagai informasi, dahulu kebaya hanya digunakan oleh anggota kerajaan lho, Ma. Tapi seiring berjalannya waktu, penggunaan kebaya menjadi lebih luas. 

Bahkan kini, penggunaan kebaya sudah tidak asing. Mulai dari anak-anak, remaja, hingga perempuan dewasa pasti pernah menggunakan kebaya. Mereka menggunakannya untuk kegiatan sehari-hari maupun saat menghadiri acara formal, seperti acara pernikahan atau acara kelulusan.

Namun bagaimana jika Mama ingin menggunakan kebaya, tapi masih harus menyusui si Kecil? Jika menggunakan kebaya biasa, tentunya akan repot dan sulit saat menjalankan “tugas” bukan?

Mama beruntung karena saat ini kebaya telah mengalami perkembangan yang pesat. Bahkan, kini ada kebaya yang dirancang khusus untuk ibu yang sedang menyusui. Kebaya tersebut biasanya memiliki bukaan di bagian samping untuk mempermudah Mama.

Nah, agar Mama mendapatkan kebaya yang tepat untuk masa menyusui, simak tiga model kebaya untuk ibu menyusui berikut ya:

1. Kebaya dengan bukaan di bagian samping

1. Kebaya bukaan bagian samping
Pinterest

Saat menyusui, Mama akan membutuhkan pakaian dengan bukaan di bagian samping untuk memudahkan Mama mengeluarkan payudara. Oleh karena itu, pilihlah kebaya yang sudah dilengkapi dengan bukaan di bagian samping ya, Ma. Biasanya, kebaya model ini melengkapi bukaan tersebut dengan ritsleting agar mudah dibuka tutup.

Umumnya, kebaya yang memiliki bukaan pada bagian samping adalah kebaya kutu baru yang memiliki aksen lipatan pada bagian depan. Pasalnya, ritsleting dapat dengan mudah disembunyikan di dalam lipatan tersebut.

Nah, tidak perlu membeli kebaya baru, Mama bisa memodifikasi kebaya Mama lho. Jika kebaya yang Mama punya bukan kebaya kutu baru, Mama hanya perlu menambahkan sedikit kain tambahan untuk menyembunyikan ritsleting.

Sistem bukaan dengan ritsleting ini juga tepat diterapkan pada model kebaya tunik lho, Ma. Pasalnya, model kebaya tunik yang panjang tidak memungkinkan Mama untuk membuka kebaya dari bawah. Oleh karena itu, bukaan di bagian samping pasti akan sangat membantu saat Mama harus menyusui.

Editors' Picks

2. Kebaya dua lapis yang sederhana

2. Kebaya dua lapis sederhana
Asos

Selain kebaya yang memiliki bukaan, model kebaya lainnya yang juga ramah untuk ibu menyusui adalah kebaya dua lapis.

Umumnya, lapisan pertama kebaya model ini memiliki celah untuk mengeluarkan payudara. Celah kemudian ditutup dengan bahan brukat agar tidak terlihat.

Karena sudah tertutup oleh bahan brukat, kebaya model ini tidak membutuhkan ristleting, jadi pastinya lebih nyaman digunakan. Ia juga cenderung lebih aman dan privat karena saat menyusui, payudara Mama akan tertutup oleh kain brukat tersebut.

3. Kebaya dengan model batwing

3. Kebaya model batwing
Pinterest

Alternatif model kebaya lainnya saat Mama sedang menyusui adalah kebaya longgar, seperti model batwing yang saat ini sedang naik daun.

Kebaya model ini memiliki desain bagian bawah yang longgar sehingga mudah dibuka. Mama pun bisa dengan nyaman menyusui si Kecil ketika menggunakannya.

Selain itu, kebaya longgar model batwing cenderung lebih praktis karena Mama tidak perlu repot membuka-tutup ritsleting ataupun mengeluarkan payudara Mama dari celah.

Itu dia tiga model kebaya yang bisa Mama pilih saat sedang menyusui si Kecil. Perkembangan fashion saat ini membawa dampak positif ya. Mama jadi lebih leluasa untuk menggunakan kebaya meskipun sedang menyusui. Yuk, tampil elegan dengan kebaya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!