7 Manfaat Minum Jamu Kunyit Setiap Hari untuk Kecantikan

Yuk, cari tahu apakah minum jamu kunyit dapat meningkatkan kecantikan Mama?

20 Juni 2024

7 Manfaat Minum Jamu Kunyit Setiap Hari Kecantikan
Freepik/jigsawstocker

Kunyit, bagian dari rempah-rempah yang berwarna kuning biasa digunakan dalam masakan, telah menjadi bahan utama selama beraba-abad tidak hanya karena rasanya yang memberikan kesedapan tetapi juga karena khasiat obatnya. 

Baru-baru ini, obat herbal kunyit telah mendapatkan popularitas di industri kecantikan, dengan banyak menganjurkan untuk konsumsi sehari-hari. Tapi apa sebenarnya yang terjadi ketika Mama menggunakan kunyit sebagai obat herbal untuk kecantikan? 

Mari kita jelajahi dampak minum jamu kunyit setiap hari untuk kecantikan bersama dengan Popmama.com

1. Membunuh bakteri penyebab jerawat dan infeksi pada kulit

1. Membunuh bakteri penyebab jerawat infeksi kulit
Freepik

Sejauh ini, belum ada penelitian yang membuktikan satu-satunya penyembuh jerawat yang alami.

Namun, salah satu hasil studi biologi yang dilakukan Ming-Yeh Yang menemukan bahwa kurkumin yang terkandung sebagai bahan utama dari kunyit dapat membunuh bakteri penyebab jerawat tertentu.

Sehingga dapat melawan bakteri penyebab jerawat dan secara signifikan mengurangi komeda dan pradangan pada kulit.

2. Dapat menyembuhkan kulit yang mengalami psoriasis

2. Dapat menyembuhkan kulit mengalami psoriasis
Freepik

Psoriasis adalah kondisi autoimun yang menyebabkan kulit terasa gatal menimbulkan bercak-bercak merah. Kurkumin dalam kunyit diyakini dapat mengobati prsoriasi yag mengganggu sel-sel kulit. 

Dilansir dari Scientific Research, ditemukan sekita 647 orang dengan psoriasis mengalami pengurangan gejala yang siginifikan, bahakn 72,2% gejala telah hilang sepenuhnya. 

Editors' Pick

3. Sifat antioksidan yang melindungi kulit

3. Sifat antioksidan melindungi kulit
Freepik

Manfaat kunyit untuk kecantikan adalah kunyit kaya akan sifat antioksidan yang melindungi kulit dan kerusakan oksidatif.

Lebih khusus lagi, kurkumin dari kunyit alami. National Library Medicine menyatakan bahwa kurkumin kunyit ampuh untuk melawan kerusakan sel kulit dari paparan lingkungan. Hal ini menandakan bahwa kunyit dapat menjadi seru antioksidan. 

4. Mencegah penuaan dan kerutan

4. Mencegah penuaan kerutan
Freepik

Studi juga menunjukkan kurkumin kunyit dapat memblokir enzim elastase, yang menghambat penuaan. Satu penelitian klinis dari National Library Medicine menghasilkan pada 28 wanita berusia 30-an mencoba penggunaan gel herbal yang mengandung kunyit, dan terbukti menyebabkan peningkatan yang signifikan dalam mengencangkan kulit. 

5. Mencerahkan gelap di bawah mata

5. Mencerahkan gelap bawah mata
Freepik

Dilansir dari Prevention Health, bahwa kunyit mendukung sirukulasi dengan sangat sehat, dapat memperbaiki penampilan terutama lingkaran hitan bengkak di bawah mata. Tentunya, dengan pemakaian yang rutin dan menjaga pola tidur hal ini dapat teratasi. 

6. Meratakan kecerahan kulit

6. Meratakan kecerahan kulit
Pexels/Angela Roma

Hiperpigmentasi dan warna kulit yang tidak merata adalah masalah umum yang dihapadi sebagain orang. Kunyit dalam menghambat produksi melanani, pigmen yang bertanggung jawab untuk bintik-bintik gelap dan hiperpigmentasi.

Mengonsumsi secara teratur sebagai jamu secara bertahap dapat memberikan efek pada warna kulit lebih merata, mengurangi visibilitas bintik-bintik gelap dan bercak pada kulitmu. 

7. Detoksifikasi dan peningkatan pencernaan

7. Detoksifikasi peningkatan pencernaan
Freepik

Kecantikan sering hadir dari cerminan kesehatan dari dalam diri atau internal. Kunyit membantu detoksifikasi tubuh dan meningkatkan penercanan, yang dapat berdampak langsung pada kesehatan kulit. Sistem pencernaan yang berfungsi dengan baik memastikan bahwa nutrisi diserap secara efisisen, berkontribusi pada kulit yang lebih sehat. 

Detoksifikasi membantu mengeluarkan racun tubuh, mengurangi kemungkinan masalah kulit yang disebabkan oleh ketidakseimbangan tubuh. 

Manfaat yang kunyit untuk kecantikan sebagai salah satu bagian dari tambahan yang berharga untuk meningkatkan penampilanmu. 

Bagaimana Ma, ingin mencoba? 

Baca juga: 

The Latest