Anna Gantt, Model dari New York yang Kerap Terima Body Shamming

Melalui video TikTok, Anna Gantt ungkap sisi gelap bekerja sebagai model

27 Oktober 2021

Anna Gantt, Model dari New York Kerap Terima Body Shamming
Instagram.com/annavgant / Tiktok.com/annavgantt

Model merupakan sebuah profesi yang tak jarang diminati oleh banyak kalangan perempuan hingga laki-laki saat ini. Bekerja sebagai model juga sering kali dicap memiliki image penampilan yang sempurna dengan tubuh yang body goals dan kurus.

Oleh karena itu, sering kali orang-orang yang berprofesi sebagai model dituntut untuk menjaga penampilannya agar tetap kurus hingga melakukan diet-diet ekstrem yang tak baik bagi kesehatan dirinya.

Salah satunya, model bernama Anna Gantt asal New York yang mengungkapkan sisi gelap profesi model. Ia mengaku diminta untuk mengecilkan ukuran tubuhnya saat dirinya sudah memiliki tubuh yang kurus.

Nah, Mama penasaran dengan kisah Anna Gantt yang kerap mengalami body shamming meski ukuran tubuhnya masih terlihat kecil dan kurus? Berikut Popmama.com rangkum kisahnya di bawah ini.

1. Dalam video yang viral di TikTok, Anna Gantt mengungkapkan sisi gelap bekerja sebagai model

1. Dalam video viral TikTok, Anna Gantt mengungkapkan sisi gelap bekerja sebagai model
Tiktok.com/annavgantt

Melalui video yang ia unggah di akun TikTok miliknya, Anna Gantt mengungkapkan sisi gelap bekerja sebagai model. Kini video yang ia unggah telah viral, hingga mendapatkan 2 juta likes dan lebih dari 50 ribu komentar dari pengguna TikTok.

Dalam video yang diunggahnya, Anna mengaku dirinya diminta untuk menurunkan berat badan setelah ia kembali dari casting. Ia mengungkapkan sulitnya kembali ke dunia modeling karena berat badan. Meski sudah bertubuh kurus, Anna masih tetap diminta untuk mengecilkan ukuran tubuhnya.

2. Sambil menangis, Anna Gantt menceritakan produser dan sutradara memintanya untuk menurunkan berat badan

2. Sambil menangis, Anna Gantt menceritakan produser sutradara meminta menurunkan berat badan
Tiktok.com/annavgantt

Sambil menangis, Anna Gantt menceritakan kisahnya yang diminta untuk menurunkan berat badannya. Anna mengaku merasa sakit hati oleh perkataan produser dan sutradara setelah dirinya melakukan casting. Ia menceritakan dirinya diminta untuk menurunkan berat badannya.

Padahal Anna mengaku dirinya tidaklah kelebihan berat badan meski beberapa tahun belakangan ini tubuhnya terlihat lebih berisi. Diketahui, ia memang mengalami kenaikan berat badan setelah bertahun-tahun hidup tidak sehat.

Editors' Picks

3. Anna mengaku telah menjadi model sejak 2014 dengan ukuran tubuh 0/2 atau sekitar 46 kg

3. Anna mengaku telah menjadi model sejak 2014 ukuran tubuh 0/2 atau sekitar 46 kg
Instagram.com/annavgant

Selanjutnya, Anna juga mengkritik standar mustahil dari industri fashion dalam video viral TikTok-nya. Sambil menangis, Anna mengungkapkan telah menjadi model sejak 2014 dengan ukuran tubuh 0/2 atau sekitar 46 kg.

"Saat-saat inilah yang aku benci sebagai model. Karena aku tidak pernah cukup baik dan aku sudah jadi model sejak 2014 dan aku mulai dengan ukuran (tubuh) 0/2, melakukan editorial (pemotretan majalah) dan runway dan sekarang ukuranku 4/6 dan aku dicibir setiap hari karena aku bukan tulang dan aku tidak lagi tidak sehat," ungkap Anna yang dikutip dari video TikTok yang diunggahnya pada (21/10/2021).

4. Anna juga berbagi pengalamannya sempat memiliki gangguan makan hingga tak menstruasi

4. Anna juga berbagi pengalaman sempat memiliki gangguan makan hingga tak menstruasi
Instagram.com/annavgant

Anna juga berbagi pengalamannya yang sempat mengalami gangguan makan hingga sempat tak menstruasi akibat gaya hidupnya yang tidak sehat sebelumnya. Oleh karena itu, Anna mengunggah video curhatannya ini untuk berbagi pengalamannya kepada orang-orang lain yang ingin menjadi model agar tahu realita dibalik profesi ini.

"Aku lihat di TikTok semua orang ingin bekerja di dunia fashion, semua orang ingin jadi model. Tinggiku 5'10 (177 cm) aku sehat. Aku dulu menderita gangguan makan bertahun-tahun dan akhirnya merasa percaya diri dengan ukuranku. Aku naik 35 pon (15 kg) selama lima tahun terakhir. Dan aku terlihat bagus. Aku masih kurus," kata Anna.

5. Ia mengaku bekerja sebagai model membuatnya merasa tidak percaya diri akan penampilannya

5. Ia mengaku bekerja sebagai model membuat merasa tidak percaya diri akan penampilannya
Instagram.com/annavgant

Selain itu, Anna juga mengaku bekerja sebagai model membuatnya merasa tidak percaya diri akan penampilannya karena selalu mendapatkan body shamming dari sekitarnya akibat selalu dituntut untuk menurunkan berat badannya.

"Hidup di kota ini membuat kamu merasa buruk terhadap diri sendiri dan itu membuatmu merasa tidak cukup baik dan itu membuatmu merasa kamu harus hidup tidak sehat untuk bisa berhasil," ungkap Anna.

6. Anna sendiri belakangan ini diketahui bekerja di salah satu brand perhiasan

6. Anna sendiri belakangan ini diketahui bekerja salah satu brand perhiasan
Instagram.com/annavgant

Anna sendiri belakangan ini diketahui profesi utamanya bukan lagi seorang model. Saat ini, Anna diketahui bekerja di salah satu brand perhiasan. Ia mengungkapkan kebanyakan model yang bertubuh kurus itu bukanlah dengan cara yang natural.

Pastinya, model-model lainnya di luar sana pernah mengikuti cara Anna dalam mendapatkan tubuh yang kurus. Salah satunya, dengan cara yang tidak sehat seperti diet ekstrem yang bisa memengaruhi kesehatan hingga gangguan makan dan tak menstruasi seperti yang pernah dialami oleh Anna.

7. Anna menekankan bahwa sampai saat ini ia masih kurus, tetapi selalu disuruh untuk menurunkan berat badannya

7. Anna menekankan bahwa sampai saat ini ia masih kurus, tetapi selalu disuruh menurunkan berat badannya
Instagram.com/annavgant

Selanjutnya Anna Gantt juga menekankan bahwa dirinya 'masih kurus' dan 'sangat kecil', tetapi ia terus-menerus diberi tahu bahwa dirinya 'tidak cukup baik' dan 'terlalu besar'. Bahkan Anna juga menunjukkan bentuk perutnya untuk memperlihatkan bentuk perutnya itu yang disebut kurang kurus.

"Perutku, apa yang salah dengan ini? Mereka bilang 'Kamu kurang kurus. Kami ingin melihat tulangmu'. Pemotretannya masih awal Desember. Kamu masih bisa turun berat badan," ungkap Anna dari ucapan direktur casting yang membuatnya kesal.

Nah, itulah kisah kelam yang dialami oleh Anna Gantt yang sering kali mendapatkan body shamming hingga merasa tak percaya diri dengan penampilannya. Meski begitu, nyatanya setiap profesi yang diambil pastinya memiliki risikonya masing-masing untuk dihadapi.

Oleh karena itu, tinggal melihat dari bagaimana cara kita menyikapi risiko tersebut. Jadi, pastikan untuk selalu semangat dan jangan menyerah apapun situasinya ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.