Cara Merawat Kulit Wajah selama Masa Pandemi Covid-19

Meski sedang pandemi, jangan sampai kamu malas merawat kesehatan wajah ya

1 Desember 2021

Cara Merawat Kulit Wajah selama Masa Pandemi Covid-19
Pexels.com/DanielXavier

Selama pandemi Covid-19, sebagian besar masyarakat dianjurkan untuk menjalani aktivitas sehari-hari di dalam rumah. Hal inilah yang akhirnya membuat banyak orang mulai melupakan untuk memperhatikan kesehatan kulit wajahnya.

Padahal, meski beraktivitas di dalam rumah dan tak pergi kemana-mana, kesehatan kulit wajah merupakan hal penting yang tetap harus diperhatikan selain menjaga imunitas tubuh untuk mencegah penularan virus.

Mengapa demikian? Alasannya adalah untuk mencegah timbulnya permasalahan kulit baru yang mengganggu, seperti jerawat, komedo, kulit kering, hingga kulit yang tampak kusam.

Nah, untuk membantu Mama mengetahui cara menjaga kulit wajah selama pandemi Covid-19 agar tetap tampak sehat, bersih, dan cerah. Berikut Popmama.com rangkumkan 5 tipsnya di bawah ini.

1. Menerapkan pola hidup sehat

1. Menerapkan pola hidup sehat
Pexels.com/TrangDoan

Selama beraktivitas di dalam rumah, maka ini merupakan waktu yang tepat untuk Mama kembali memperhatikan pola makan sehari-hari.

Untuk itu, Mama bisa mulai untuk menerapkan pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan penuh nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh dan juga kulit wajah. Misalnya, seperti rutin mengonsumsi buah dan sayur.

Pastinya Mama sudah mengetahui manfaat buah dan sayur yang kaya akan nutrisi dan vitamin, serta antioksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas.

Selain itu, antioksidan diketahui juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat melindungi kulit dari bahaya sinar matahari dan bisa menjaga elastisitas kulit agar tetap kenyal dan awet muda.

Editors' Picks

2. Hindari penggunaan masker yang sama atau pemakaian berulang

2. Hindari penggunaan masker sama atau pemakaian berulang
Pexels.com/Polina

Cara kedua yang bisa Mama lakukan untuk menjaga kesehatan kulit wajah selama pandemi adalah dengan menghindari penggunaan masker yang sama apalagi pemakaian berulang untuk aktivitas sehari-hari.

Seperti yang diketahui, selama pandemi Covid-19 ini masyarakat dianjurkan oleh pemerintah untuk senantiasa menggunakan masker di manapun dan kapan pun demi mencegah penularan virus.

Meski demikian, bukan berarti Mama bisa menggunakan masker secara berulang. Selain efektivitasnya yang berkurang dan berbahaya, menggunakan masker berulang ini juga bisa memicu iritasi dan peradangan pada kulit yang membuat kulit wajah menjadi lebih mudah berjerawat.

3. Memahami jenis dan permasalahan kulit sebelum menggunakan produk skincare

3. Memahami jenis permasalahan kulit sebelum menggunakan produk skincare
Pexels.com/EkaterinaBolovtsova

Pastinya setiap orang memiliki jenis dan permasalahan kulit yang berbeda-beda. Untuk itu, penting sekali memahami tipe kulit untuk menentukan jenis perawatan yang tepat.

Mama bisa menganalisanya sendiri ketika sedang bercermin dengan memperhatikan kondisi pori-pori di kulit Mama. Untuk kulit berminyak, kulit wajah akan tampak memiliki pori-pori yang tampak besar dan sebagian besar memiliki permukaan kulit wajah yang tampak seperti kulit jeruk.

Sedangkan untuk kamu yang memiliki kulit kering, kulit wajah memiliki pori-pori yang tampak lebih kecil dan permukaan kulit terkadang terasa kesat dan sebagian besar mungkin sering mengalami kulit yang mengelupas.

4. Rutin menggunakan sunscreen meski sedang berada di dalam ruangan

4. Rutin menggunakan sunscreen meski sedang berada dalam ruangan
Pexels.com/AndreaPiacquadio

Selanjutnya, ada sunscreen yang merupakan produk basic yang harus kamu miliki. Sunscreen bermanfaat untuk melindungi kulit dari bahaya paparan sinar matahari atau sinar UVA dan UVB yang dapat menyebabkan permasalahan penuaan dini pada kulit.

Meski sedang berada di dalam ruangan, nyatanya sinar UV tetap bisa menembus masuk ke dalam ruangan melalui celah-celah kaca.

Untuk itu, Mama disarankan agar tetap menggunakan sunscreen untuk melindungi kulit dari bahaya paparan sinar matahari yang bisa membuat kulit wajah tampak kusam, penuaan dini pada kulit, hingga membuat warna kulit tidak merata.

5. Tak hanya itu, Mama juga bisa melakukan perawatan wajah di klinik kecantikan

5. Tak ha itu, Mama juga bisa melakukan perawatan wajah klinik kecantikan
Dok. Webinar Jakarta Aesthetic Clinic (JAC)

Selain melakukan tips-tips di atas dalam merawat kulit wajah agar tetap sehat dan cerah selama pandemi, Mama juga bisa melakukan perawatan wajah di klinik kecantikan untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal dengan waktu yang tergolong instan dan cepat.

Salah satunya, Mama bisa melakukan perawatan wajah di JakartaAesthetic Clinic (JAC) yang belum lama ini mempersembahkan treatment terbarunya yakni Face Toning untuk menjawab kebutuhan masyarakat untuk tampilan wajah yang kembali segar dan kualitas kulit yang lebih baik.

Seperti yang diungkapkan oleh dr. Olivia Ong, "Solusi yang lebih instan dan efektif untuk memudarkan kerutan, cekungan, gelombang dan mengencangkan kulit wajah adalah dengan melakukan treatment Face Toning dan Botoks untuk wajah dan kulit segar bercahaya," ujarnya.

Nah, itulah 5 cara merawat kulit wajah selama pandemi Covid-19 yang bisa Mama terapkan mulai dari sekarang untuk membuat kulit tetap sehat, bersih, dan cerah meski beraktivitas di dalam rumah. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk