Manfaat Ekstrak Magnolia untuk Mengatasi Masalah Jerawat di Wajah

Salah satu tanaman yang memiliki banyak manfaat untuk kulit

23 November 2021

Manfaat Ekstrak Magnolia Mengatasi Masalah Jerawat Wajah
Pexels.com/KarolinaGrabowska

Mungkin masih banyak orang yang asing mendengar bunga magnolia. Bunga magnolia adalah salah satu jenis tanaman yang hanya bisa ditemukan di beberapa negara di Asia dan Amerika Utara.

Selain itu, magnolia juga merupakan jenis tanaman yang memiliki banyak spesies dengan bentuk bunga yang indah dan aroma yang harum. Namun dibalik itu, tahukah Mama bahwa ekstrak dari tanaman magnolia ini ternyata memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh.

Yap, ekstrak kulit dan bunga magnolia seringkali digunakan dalam beragam pengobatan tradisional Tiongkok. Mulai dari masalah kesehatan, hingga kini dipercaya untuk menjaga kecantikan kulit wajah.

Nah, untuk membantu Mama mengetahui lebih jelasnya manfaat ekstrak magnolia, baik untuk kesehatan hingga kecantikan. Berikut Popmama.com rangkumkan informasinya di bawah ini.

1. Mengenal apa itu ekstrak kulit magnolia

1. Mengenal apa itu ekstrak kulit magnolia
Pexels.com/Deena

Bunga magnolia memiliki lebih dari 200 jenis tanaman yang tersebar di seluruh dunia, dan paling banyak ditemukan di Amerika Utara.

Melansir dari Health Line, magnolia atau biasa disebut juga sebagai pohon houpo ini telah digunakan selama ribuan tahun sebagai suplemen dalam beragam pengobatan tradisional di Tiongkok.

Dalam beberapa kondisi, kulit magnolia secara tradisional telah digunakan untuk mengobati termasuk asma, kecemasan, depresi, gangguan perut, dan peradangan.

Editors' Picks

2. Manfaat ekstrak magnolia yang bisa membantu atasi beberapa masalah kesehatan

2. Manfaat ekstrak magnolia bisa membantu atasi beberapa masalah kesehatan
Pexels.com/NathanCowley

Sudah digunakan selama ribuan tahun dalam beragam pengobatan tradisional Tiongkok, ekstrak magnolia ini memiliki kandungan polifenol kuat, magnolol dan honokiol yang kaya akan antioksidan sehingga diyakini menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan.

Dilansir dari Health Line, berikut manfaat ekstrak magnolia untuk beragam masalah kesehatan, di antaranya:

  1. Dapat melindungi terhadap efek stres oksidatif dan peradangan
  2. Mungkin memiliki sifat antikanker
  3. Dapat menghilangkan stres dan kecemasan
  4. Dapat meningkatkan kualitas tidur
  5. Dapat memperbaiki gejala menopause.

3. Selain itu, ekstrak magnolia bisa juga untuk mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh

3. Selain itu, ekstrak magnolia bisa juga mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh
Pexels.com/AnnaShvets

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, manfaat ekstrak magnolia juga dipercaya bisa untuk mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

Seperti yang dikutip dari Health Line, berbagai penelitian tentang kandungan senyawa di dalam magnolia yakni honokiol mendukung penggunaan polifenol ini pada kulit kayu magnolia sebagai terapi untuk pengobatan dan pencegahan kanker.

Sebuah studi tinjauan tahun 2019 menemukan bahwa honokiol telah menunjukkan potensi untuk mencegah pertumbuhan tumor di otak, payudara, usus besar, hati, dan kulit, di antara organ-organ lainnya.

4. Hebatnya, ekstrak magnolia ternyata juga bisa untuk mengatasi masalah jerawat di wajah lho, Ma!

4. Hebatnya, ekstrak magnolia ternyata juga bisa mengatasi masalah jerawat wajah, Ma
Pexels.com/GustavoFring

Selain untuk membantu atasi beragam masalah kesehatan hingga mencegah kanker, ekstrak magnolia kini juga mulai digunakan sebagai bahan kandungan dalam produk skincare untuk membantu mengatasi masalah kulit wajah seperti jerawat.

Yap, ekstrak magnolia diklaim memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat sehingga dipercaya mampu mengatasi beragam masalah kulit. Seperti yang dilansir dari Studio Botanic, berikut beberapa manfaat ekstrak magnolia untuk kecantikan kulit, seperti:

  • Membersihkan kulit
  • Melindungi dari bahaya radikal bebas
  • Mengurangi kerutan di kulit
  • Kulit tampak lebih kencang, segar dan lebih muda
  • Memiliki anti-inflamasi
  • Mengurangi gatal dan membantu melawan komedo dan jerawat.

5. MicellAir yang mengandung ekstrak magnolia untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit

5. MicellAir mengandung ekstrak magnolia menjaga kesehatan kecantikan kulit
Dok. The Launch of Nivea Oil & Acne Care MicellAir

Melihat beragam manfaat ekstrak magnolia yang baik untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit wajah. Kini, Nivea menghadirkan pembersih wajah yang memiliki kandungan magnolia bark extract atau ekstrak kulit magnolia.

Produk pembersih wajah ini memiliki dual function untuk memberikan perlindungan ganda pada kulit yaitu membersihkan dari makeup, debu dan kotoran serta melindungi dari bakteri penyebab jerawat.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh tim Research & Development Beiersdorf, ekstrak magnolia memiliki kemampuan anti-inflamasi 1,5 kali lebih baik dari salicylic acid. Yakni kandungan yang banyak terdapat pada produk skin care untuk kulit berjerawat.

Itulah, manfaat dari ekstrak magnolia untuk beragam masalah kesehatan hingga kecantikan kulit wajah. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.