Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Perempuan Ini Alami Pembengkakan pada Wajah setelah Cat Rambut

Kisahnya viral di TikTok dan telah ditonton hingga 40 juta kali

9 November 2021

Perempuan Ini Alami Pembengkakan Wajah setelah Cat Rambut
Tiktok.com/ser.gaya

Selama pandemi Covid-19, banyak orang yang mencoba untuk mewarnai rambutnya sendiri di rumah untuk mengubah penampilannya menjadi semakin menarik.

Namun, faktanya masih banyak sekali yang menganggap remeh untuk melakukan patch test atau tes alergi lebih dulu sebelum mengecat rambut. Padahal, melakukan tes alergi bisa menghindari terkena risiko alergi pada kulit akibat kandungan dalam cat rambut.

Seperti remaja perempuan berusia 19 tahun yang alami pembekakan pada wajahnya, setelah mengecat rambutnya sendiri tanpa melakukan tes alergi terlebih dahulu. Ia menceritakan pengalamannya ini melalui akun TikTok miliknya @ser.gaya. Video yang diunggahnya pun viral dan sudah ditonton hingga 40 juta kali.

Nah, Mama penasaran dengan kisah yang dibagikan oleh perempuan berusia 19 tahun yang alami pembengkakan pada bagian wajahnya setelah mengecat rambutnya sendiri di rumah. Berikut Popmama.com rangkum informasinya di bawah ini.

1. Perempuan berusia 19 tahun ini mengaku dirinya terbiasa mengecat rambutnya sendiri selama 13 tahun

1. Perempuan berusia 19 tahun ini mengaku diri terbiasa mengecat rambut sendiri selama 13 tahun
Pexels.com/MariaGeller

Perempuan berusia 19 tahun ini yang memiliki nama lengkap Seraya Ellison tersebut mengaku dirinya sudah terbiasa untuk mengecat rambut sendiri selama 13 tahun, dilansir dari Buzzfeed.

"Aku mengecat rambutku menjadi separuh hitam pada 15 Juli (2021). Aku sudah mengecat rambutku sendiri selama 13 tahun, jadi aku terbiasa mengalami sedikit iritasi pada garis rambut dan telinga saat memakai cat rambut murah," ungkap Seraya.

Seraya mengaku dirinya sudah terbiasa mengalami sedikit iritasi. Sehingga, ia sama sekali tidak berpikir bahwa dirinya memiliki alergi pada salah satu kandungan di dalam cat rambut yang ia gunakan.

Ia beranggapan bahwa iritasi yang dialaminya tersebut akan sembuh hanya dalam beberapa jam saja.

Editors' Picks

2. Seraya tidak mengetahui dirinya miliki alergi, sehingga saat bangun tidur dirinya dibuat terkejut dengan kondisi wajahnya

2. Seraya tidak mengetahui diri miliki alergi, sehingga saat bangun tidur diri dibuat terkejut kondisi wajahnya
Tiktok.com/ser.gaya

Saat mengecat rambut, Seraya sama sekali tidak berpikir bahwa dirinya memiliki alergi pada bahan dalam cat rambut yang ia gunakan. Sehingga ia sama sekali tidak melakukan tes alergi lebih dulu sebelum mengecat rambutnya.

Akhirnya saat bangun tidur di pagi hari, Seraya dibuat terkejut dengan kondisi wajahnya yang alami pembengkakan setelah dirinya mengecat sebelah rambutnya menjadi warna hitam.

"Pagi berikutnya, aku terbangun karena pacarku berteriak dan bertanya apa yang terjadi pada wajahku. Aku melihat kaca dan sisi kanan dahiku sudah bengkak," ungkap Seraya.

3. Ia sempat memutuskan untuk minum obat alergi, namun pembengkakan di wajahnya ini justru semakin memburuk

3. Ia sempat memutuskan minum obat alergi, namun pembengkakan wajah ini justru semakin memburuk
Freepik/jcomp

Karena kondisi yang belum terlalu parah, Seraya pun memutuskan untuk minum obat alergi Benadryl dan pergi bekerja. Namun sayangnya, kondisinya ini justru semakin memburuk menjelang siang.

Tidak hanya itu, Seraya juga mengaku dirinya mengalami gejala seperti kulit kepala yang terasa lunak, rasa terbakar akibat bahan kimia, dan mati rasa di wajahnya.

4. Ibunya lantas segera membawa Seraya ke rumah sakit karena area wajahnya yang terus membengkak

4. Ibu lantas segera membawa Seraya ke rumah sakit karena area wajah terus membengkak
Tiktok.com/ser.gaya

Akibat kondisinya yang semakin memburuk ini, ibu Seraya lantas langsung membawa putrinya tersebut ke rumah sakit untuk membantu mengatasi pembengkakan yang dialami oleh Seraya.

Awalnya, dokter hanya memberikan krim untuk mengatasi bengkak di bagian wajahnya. Namun, akibat kondisi Seraya yang semakin parah, dokter pun akhirnya memberikan obat steroid untuk membantu meredakan bengkak pada wajah Seraya.

"Aku diberi pil steroid yang harus diminum dua kali sehari selama empat hari, mereka juga merekomendasikan untuk minum Benadryl dan mengompres dengan es," lanjut Seraya.

5. Kondisi yang dialami oleh Seraya ini akibat alergi PPD atau paraphenylenediamine

5. Kondisi dialami oleh Seraya ini akibat alergi PPD atau paraphenylenediamine
Tiktok.com/ser.gaya

Kondisi yang dialami oleh Seraya tersebut disebabkan alergi terhadap PPD atau paraphenylenediamine. Bahan kimia dalam cat rambut yang digunakan oleh Seraya ini biasa ditemukan pada cat rambut dengan warna gelap.

Untungnya, bengkak pada wajah Seraya ini mulai mereda setelah dua hari dari kejadian. Ia pun membagikan pengalamannya di akun TikTok miliknya agar orang-orang tak menganggap remeh lagi melakukan patch test sebelum mengecat rambutnya.

"Aku membagikan video ini di TikTok untuk membantu orang-orang agar lebih berhati-hati ketika mengecat rambut sendiri, serta memastikan salon melakukan patch test dengan konsultasi jika bisa," tutupnya.

Nah, itulah kisah yang dibagikan oleh Seraya setelah dirinya alami pembengkakan akibat mengecat rambut tanpa melakukan patch test sama sekali. Semoga pengalaman Seraya ini, bisa menjadi pelajaran untuk semua orang agar lebih berhati-hati sebelum menggunakan produk yang akan digunakannya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk