7 Tips Cara Bleaching Rambut Sendiri di Rumah, Mudah dan Aman Lho!

Khawatir bleaching rambut bikin rambut kering dan rusak, berikut tipsnya!

12 November 2021

7 Tips Cara Bleaching Rambut Sendiri Rumah, Mudah Aman
Freepik.com/Master1305

Banyak orang yang ingin tampil lebih menarik dan berbeda dengan tampilan warna rambut miliknya. Untuk itu, saat ini sudah banyak yang mulai mencoba mewarnai rambutnya mulai dari salon hingga sendiri saat di rumah.

Namun, tak jarang hasil yang diinginkan tak sesuai harapan dan justru menyebabkan rambut menjadi kering dan rusak akibat salah dalam pengaplikasian. Untuk membuat warna rambut keluar adalah dengan melakukan proses bleaching terlebih dahulu sebelum mulai mengaplikasikan cat pada rambut.

Bleaching adalah proses melunturkan pigmen warna rambut untuk membuat warna rambut lebih terang dan warna-warna cerah bisa 'masuk'. Namun, tak jarang proses bleaching rambut justru membuat rambut menjadi lebih kering dan mudah patah. 

Untuk mencegahnya, berikut Popmama.com rangkum 7 tipsnya terkait cara mudah dan aman bleaching rambut tanpa harus ke salon.

1. Sebelum memulai bleaching, pastikan warna rambut kamu terlebih dahulu

1. Sebelum memulai bleaching, pastikan warna rambut kamu terlebih dahulu
Pexels.com/Moose

Sebelum memulai proses bleaching, kamu perlu memastikan terlebih dahulu tekstur dan warna rambut kamu terlebih dahulu. Hal ini berpengaruh untuk mengetahui berapa kali kamu harus melakukan proses bleaching untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan warna yang diinginkan.

Selain itu, mengecek kesehatan rambut seperti seberapa kuat rambut kamu, apakah kering dan mudah patah, dan sebagainya juga perlu dilakukan untuk meminimalisir kerusakan pada rambut.

2. Minimalisir kerusakan rambut dengan melakukan perawatan pada rambut sebelum bleaching

2. Minimalisir kerusakan rambut melakukan perawatan rambut sebelum bleaching
lorealparisusa.com

Hal ini disarankan untuk mencegah dan meminimalisir kerusakan yang semakin parah pada rambut akibat proses bleaching yang memiliki kandungan kimia berkonsentrasi tinggi pada krim bleaching.

Untuk itu, sebelumnya kamu wajib untuk melakukan perawatan rambut terlebih dahulu mulai dari conditioner, masker rambut, hingga serum untuk meminimalisir kerusakan pada rambut.

Editors' Picks

3. Pilih merek produk bleaching yang berkualitas dan aman

3. Pilih merek produk bleaching berkualitas aman
Pexels.com/Mentatdgt

Setelah sudah mengecek kondisi rambut dan melakukan perawatan rambut sebelumnya. Langkah selanjutnya tentunya adalah membeli produk bleaching.

Kamu perlu teliti dalam memilih produk bleaching yang ingin digunakan. Jangan sembarangan membeli produk tanpa mengecek kandungan dalam produk bleaching yang akan digunakan. 

Penting sekali untuk mengecek kandungan dalam produk bleaching yang akan dibeli untuk mengetahui kualitas produk agar tetap aman saat digunakan.

4. Siapkan semua peralatan dan mulai campurkan bahan-bahan untuk bleaching

4. Siapkan semua peralatan mulai campurkan bahan-bahan bleaching
Freepik.com/Wayhomestudio

Selanjutnya, kamu perlu menyiapkan semua peralatan yang akan digunakan saat proses bleaching rambut. Seperti handuk atau pakaian yang sudah jarang dipakai, bubuk bleaching, develover, conditioner, wadah, sisir, sarung tangan hingga alumunium foil.

Setelah peralatan sudah lengkap, kamu bisa mulai mencampurkan bubuk bleaching dengan develover sesuai panduan yang tertulis dalam kemasan. Jika sudah, kamu bisa menambahkan conditioner secukupnya untuk membantu meminimalisir kerusakan.

5. Aplikasikan pada area rambut yang ingin di warnai

5. Aplikasikan area rambut ingin warnai
Freepik.com/Prostooelah

Setelah bahan-bahan sudah tercampur sempurna, maka kamu sudah bisa untuk mulai mengaplikasikan krim tersebut pada area rambut yang ingin di warnai.

Lakukan secara perlahan dan teliti agar mendapatkan hasil sesuai yang diinginkan. Dan disarankan untuk mulai mengecat dari bagian bawah rambut terlebih dahulu sebelum mengecat bagian atasnya. Karena bagian atas rambut lebih mudah untuk berubah menjadi lebih terang.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan aluminium foil untuk meng-highlight rambut. Satu lagi, jangan lupa pastikan untuk selalu menggunakan sarung tangan saat proses bleaching.

6. Bilas rambut sampai bersih setelah di bleaching

6. Bilas rambut sampai bersih setelah bleaching
Freepik.com/Prostooelah

Setelah proses bleaching selesai, cukup diamkan selama 15-45 menit sesuai dengan hasil warna yang diinginkan. Untuk itu, usahakan jangan terlalu lama mendiamkan rambut agar rambut tidak rusak dan mudah patah.

Selanjutnya, kamu harus membilas rambut hingga bersih. Untuk bilasan pertama, cukup membilas rambut dengan air dan diamkan beberapa saat. Keramas menggunakan shampoo setelah proses bleaching tidak disarankan agar warna rambut tidak luntur dan mendapatkan hasil yang sesuai.

7. Jangan lupa untuk gunakan kondisioner

7. Jangan lupa gunakan kondisioner
shefinds.com

Langkah terakhir, untuk menyempurnakan hasil dan membuat rambut kamu tetap sehat dan tidak mudah rusak setelah melewati proses bleaching. Kamu disarankan untuk menggunakan conditioner agar rambut tidak kering dan mudah patah.

Caranya, sesudah rambut dibilas dengan air, selanjutnya langsung gunakan conditioner pada seluruh bagian rambut dan diamkan selama beberapa menit. 

Jika sudah, bilas kembali sampai bersih dan keringkan rambut secara menyeluruh.

Nah, itulah 7 tips cara mudah dan aman bleaching rambut yang bisa dilakukan sendiri saat di rumah.

Bagaimana, kamu tertarik untuk mencobanya?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk