6 Bahan Alami untuk Memutihkan Kulit Tubuh

Asal dilakukan secara rutin, kulit bisa lebih cerah, lho

7 September 2020

6 Bahan Alami Memutihkan Kulit Tubuh
skincare.com

Warna kulit yang tidak merata dan kusam memang mengganggu. Untuk itu, Popmama.com akan memberikann 6 bahan alami untuk memutihkan kulit.

Banyak pengaruh kenapa kulit tubuh bisa terlihat kusam dan tidak merata. Mulai dari paparan sinar matahari, tidak rutin membersihkan tubuh dengan maksimal, sampai gaya hidup yang kurang sehat.

Untuk penampilan yang maksimal, kamu bisa membuatnya terlihat putih dengan cara yang lebih sehat. Namun ingat, hasilnya tidak instan, ya!

Inilah 6 bahan alami yang bisa memutihkan kulit. Yuk cari tahu!

1. Bahan paling populer, bengkoang

1. Bahan paling populer, bengkoang
bukalapak.com

Bengkoang memiliki kandungan vitamin C yang bisa membantu mencerahkan kulit. Tak heran jika buah ini sering dijadikan bahan dasar untuk membuat masker pemutih wajah dan tubuh.

Kamu pun bisa membuat masker bengkoang sendiri di rumah. Siapkan buah bengkoang segar yang sudah dikupas dan parut sampai halus. 

Selain memarut, kamu juga bisa memblendernya namun usahakan untuk tidak menambahkan air. Setelah selesai, peras hasil parutan tersebut ke dalam wadah dan diamkan selama beberapa jam sampai saripatinya mengendap.

Buang sebagian air di atas endapan. Setelahnya, kamu bisa mulai menggunakan saripati tersebut sebagai masker kulit.

Aplikasikan di area kulit yang kusam atau tampak lebih gelap. Diamkan sampai kering dan bilas dengan air bersih. Rutin lakukan ini sampai terlihat perubahan pada kulit. 

2. Losion dari kunyit juga ampuh

2. Losion dari kunyit juga ampuh
Wikimedia Commons

Bahan selanjutnya adalah kunyit. Rempah yang satu ini dipercaya mampu mencerahkan kunyit karena kandungan kurkuminnya. 

Di mana, terdapat zat antioksidan pada kunyit yang cukup ampuh untuk mengurangi produksi melanin di kulit. Selain itu, kunyit juga mampu membantu menghilangkan perubahan warna pada kulit. 

Kamu bisa menggunakan kunyit sebagai campuran losion atau lulur. 

Untuk membuat losion homemade, campurkan kunyit dengan lidah buaya dan minyak kelapa. Rebus 3 buah kunyit, iris tipis, dan campurkan dengan segelas air. Masak sampai air menyusut sampai setengah, angkat, dan diamkan hingga dingin.

Kemudian haluskan lendir lidah buaya, campurkan air rebusan kunyit, dan minyak kelapa secukupnya. Oleskan pada tangan dan kaki, diamkan selama 1 jam dan bilas dengan air hangat setelahnya.

Sementara itu, kamu juga bisa membuat lulur kunyit dengan cara memarutnya. Kemudian balurkan ke kulit yang dirasa lebih gelap dan diamkan secara 30 menit. Setelah selesai, bilas dengan air bersih. 

Editors' Picks

3. Oleskan kulit dengan air jeruk nipis

3. Oleskan kulit air jeruk nipis
Pexels/Rawpixel.com

Jeruk nipis mengandung senyawa alami yang mampu mencerahkan kulit dan mengangkat sel kulit yang mati. Sehingga, jeruk nipis sering jadi campuran untuk menyamarkan kulit yang belang di kaki dan tangan.

Jika ingin membuatnya sendiri, kamu bisa mengaplikasikannya langsung pada kulit. Caranya, peras jeruk nipis dan oleskan pada kulit yang belang secara merata. Diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air bersih setelah selesai. 

4. Selanjutnya, gunakan lulur beras

4. Selanjutnya, gunakan lulur beras
Freepik/jcomp

Selain menjadi makanan pokok, beras juga berguna untuk memutihkan kulit secara alami. Kandungan vitamin B1 di dalam beras mampu menjadi pencerah kulit alami .

Kamu bisa membuat lulur beras sendiri di rumah. Tumbuk beras sampai jadi tepung dan tambahkan sedikit air hangat sampai bentuknya seperti pasta. 

Oleskan di bagian tangan dan kaki yang dirasa belang dan diamkan selama 1 jam. Bersihkan menggunakan air hangat. 

5. Campuran gula, pisang, dan madu untuk scrub

5. Campuran gula, pisang, madu scrub
liveabout.com

Scrub bisa mengangkat kulit mati dan membantu mencerahkan kulit. Sedangkan kamu juga bisa membuat scrub sendiri dengan bahan yang mampu mencerahkan kulit. 

Kamu bisa menggunakan pisang secukupnya dan haluskan, tambahkan 2 sendok gula dan madu secukupnya. Campur sampai merata dan mulai oleskan ke area tubuh yang dirasa belang. 

Sembari mengoleskan, kamu juga bisa memijatnya agar membantu sel kulit mati lebih mudah terangkat. Diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air bersih setelahnya. 

6. Susu murni bisa mencerahkan kulit

6. Susu murni bisa mencerahkan kulit
Unsplash

Susu memang dikenal juga memiliki kemampuan meningkatkan kecerahan warna kulit. Untuk penggunaan yang maksimal, pilih susu murni yang masih mentah. 

Kandungan asam laktat di susu mentah berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan permukaan kulit yang kusam. 

Kamu bisa menggunakan kapas untuk dicelupkan ke susu mentah dan oleskan ke area kulit yang kurang cerah. Bersihkan dengan sedikit menekan dan lihatlah ada banyak kotoran yang terangkat di kapas tersebut. 

Setelahnya, diamkan dahulu sampai 30 menit agar kandungan susu bisa masuk ke pori-pori. Setelah selesai, kamu bisa membilasnya dengan air bersih. 

Itulah beberapa cara alami yang bisa dijajal untuk mencerahkan kulit. Selamat mencoba! 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.