5 Cara Meluruskan Rambut Keriting dengan Alami

Tak perlu alat, tak perlu bahan kimia

9 Desember 2019

5 Cara Meluruskan Rambut Keriting Alami
Freepik

Setiap orang memang dilahirkan unik apa adanya. Namun ada kalanya ingin sesekali mengubah  gaya jadi sesuatu yang berbeda. 

Seperti jika kamu memiliki rambut keriting, dan ingin meluruskannya. Kalau terlalu sering menggunakan catokan bisa merusak kelembaban rambut. 

Sedangkan jika menggunakan bahan kimia, takut memiliki efek samping untuk tubuh dan kesehatan rambut. Bingung, ya?

Tenang, masih ada cara alternatif untuk meluruskan rambut. Salah satunya dengan cara yang alami dan aman. Dikumpulkan Popmama.com, inilah beberapa bahan alami yang dianggap ampuh untuk meluruskan rambut keriting secara alami.

1. Telur dan minyak zaitun bisa jadi bahan untuk membuat rambut lurus alami

1. Telur minyak zaitun bisa jadi bahan membuat rambut lurus alami
Freepik/Wavebreakmedia

Cara pertama yang bisa dicoba adlaah mengoleskan campuran telur dan minyak zaitun. Terlur memiliki protein yang dapat menyehatkan dan melembutkan rambut.

Sedangkan minyak zaitun merupakan kondisioner rambut terbaik. Jika kedua bahan tersebut disatukan, mampu menghasilkan rambut yang lembut dan bebas keriting. 

Cara membuatnya adalah dengan menggabungkan 2 telur utuh dengan 3 sendok makan minyak zaitun. Setelah tercampur rata, oleskan campuran tersebut ke rambut secara merata. 

Diamkan selama sekitar 1 jam. Setelah itu, bilas dengan air dingin dan sampo bebas sulfat. 

2. Gunakan minyak kelapa dan minyak kastor untuk rambut indahmu

2. Gunakan minyak kelapa minyak kastor rambut indahmu
prevention.com

Selain minyak zaitun, ternyata minyak kelapa juga ampuh untuk meluruskan rambut keriting secara alami. Cara menggunakannya cukup mengoleskan minyak kelapa murni ke kulit kepala secara merata.

Kemudian pijat selama sekitar 5 menit dan tutup rambut dengan handuk basah yang hangat. Diamkan selama sekitar 20 menit. Setelahnya, bilas dengan air bersih.

Hal yang sama bisa dilakukan dengan menggunakan minyak kastor. Untuk hasil yang maksimal, gunakan secara rutin, ya!

Editors' Picks

3. Santan mampu bantu buat rambut lurus

3. Santan mampu bantu buat rambut lurus
Freepik/Suksao

Kamu juga bisa menggunakan santan yang dinilai mampu melembutkan rambut dan membuatnya lebih berkilau. Karena daging kelapa ini memiliki protein dan minyak sehat yang berguna untuk rambut.

Cara menggunakannya, kamu bisa mengoleskan santan ke kulit kepala secara merata. Setelahnya, ratakan ke seluruh bagian rambut. 

Kemudian pijat lembut kulit kepala dan remas juga bagian rambut. Lakukan selama sekitar 10 menit dan bilas dengan sampo saat sudah selesai. 

4. Lidah buaya membuat rambut keriting lebih lurus

4. Lidah buaya membuat rambut keriting lebih lurus
Freepik/Trumronnarong

Selanjutnya ada lidah buaya yang sudah dikenal memiliki banyak kandungan penting untuk kesehatan rambut. Daging lidah buaya mengandung kolagen dan keratin yang menjaga kekuatan dan membuat rambut terlihat sehat.

Untuk menggunakannya, bisa menggunakan daging lidah buaya dan haluskan sampai terlihat seperti gel. Kemudian, oleskan merata ke rambut dan pijatlah dengan lembut. 

Setelah sekitar 15 menit, bilaslah dengan air bersih.

5. Cuka dapat menjadi bahan smoothing alami

5. Cuka dapat menjadi bahan smoothing alami
abnews.com

Yang terakhir memang agak repot, namun bisa dibilang ini seperti smoothing alami. Bahan yang harus disiapkan adalah sisir, jepitan rambut, dan cuka masak. 

Kamu bisa mengoleskan cuka pada sebagian kecil rambut. Kemudian sisir terus sampai teksturnya terlihat mulai lurus dan jepit bagian tersebut selama beberapa saat. 

Lakukan hal yang sama pada keseluruhan rambut dan lihat keajaibannya sendiri. Jika ingin menggunakan cara ini, pastikan kamu memiliki waktu yang cukup banyak. 

Juga, pastikan untuk mengecek kondisi kulit kepala dahulu sebelum melakukan proyek ini. Karena ada beberapa jenis kulit yang cukup sensitif yang tidak bisa terkena cuka. 

Dari kelima cara itu, mana yang ingin kamu coba?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!