5 Cara Membuat Tubuh Wangi Seharian, Nggak Perlu Pakai Parfume Mahal

Dimulai dari setelah mandi

2 Desember 2021

5 Cara Membuat Tubuh Wangi Seharian, Nggak Perlu Pakai Parfume Mahal
Pexels/Sora Shimazaki

Kegiatan yang sibuk seharian membuat tubuhmu memiliki aroma tidak enak sampai parfum saja tidak mempan. Inilah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat tubuh wangi seharian. 

Kamu bisa saja menyemprotkan parfum di seluruh badan namun aroma alami tubuh bisa tetap keluar. Apalagi jika tubuh sudah berkeringat dan terkena debu, makin tidak sedap wanginya. 

Untuk menghindari hal tersebut, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. 

Apa saja? Popmama.com akan merangkumkannya untuk Mama. 

1. Mandi dengan scrub

1. Mandi scrub
Freepik/jcomp

Sabun wangi tak akan menghilangkan bau tidak sedap dari tubuh. Selama masih ada kotoran dan sel kulit mati yang menempel di kulit, maka tubuh akan lebih mudah mengeluarkan bau yang tidak sedap. 

Kamu bisa rutin melakukan scrub setidaknya seminggu sekali untuk mendapat kulit yang bersih dan wangi. Jadi, selain mendapat kulit yang lebih cerah, tubuh pun lebih wangi. 

Di setiap harinya, kamu bisa menggunakan spons mandi yang lembut dan alami untuk mengangkat kotoran dan kulit mati, demikian dilansir dari Healthline

Editors' Picks

2. Menghindari makanan dengan pemicu bau badan

2. Menghindari makanan pemicu bau badan
Freepik/Jcomp

Makanan punya pengaruh besar dalam aroma tubuh. Jika kamu makan terlalu banyak bawang, jangan kaget jika aroma tubuhmu akan mirip dengan bawang. 

Sedangkan makanan  dengan gas tinggi seperti brokoli, kol, dan kembang kol memiliki zat kimia yang bisa meningkatkan bau badanmu, demikian ditengok dari Men's Journal

Ikan dan seafood sejenis yang dikonsumsi orang dengan metabolisme lambat juga bisa membuat mereka mengeluarkan keringat berbau amis, demikian menurut penelitian. 

Makanan seperti teh herbal, buah-buahan, seledri, dan yoghurt bisa membantu mengurangi aroma tidak sedap yang keluar dari tubuh saat berkeringat. 

3. Memilih pelembap dengan wewangian

3. Memilih pelembap wewangian
Freepik/lifeforstock

Pelembap tak hanya berfungsi untuk menjaga kelembapan dan kelembutan kulit saja, tapi bisa juga membantu membuat aroma tubuh lebih wangi. 

Salah satu tips membuat aroma body lotion bertahan lama adalah dengan mengaplikasikannya langsung setelah mandi, demikian menurut Healthline

Hal ini dikarenakan kulit akan menyerap lebih cepat dan baik saat diaplikasikan setelah mandi. 

4. Mengoleskan body oil setelah mandi

4. Mengoleskan body oil setelah mandi
Freepik

Jika ingin menggunakan opsi yang lebih alami, kamu bisa memilih body oil. Saat ini ada banyak jenis body oil dengan aroma yang enak dihirup. 

Kamu bisa menggunakan body oil setelah mandi dan menunggunya sampai kering.

Minyak alami yang terserap dalam kulit akan membantu tubuh mengeluarkan aroma yang lebih wangi saat tubuh berkeringat. 

5. Menggunakan losion sebelum menyemprotkan parfum

5. Menggunakan losion sebelum menyemprotkan parfum
Freepik/chatchawan39

Parfum memang tahan lama namun akan jadi lebih lama lagi jika diaplikasikan dengan tepat. Kamu bisa menyemprot parfum di titik-titik penting seperti tengkuk leher, lipatan siku, pergelangan tangan, di belakang betis dan punggung. 

Selain itu, kamu bisa mengoleskan petroleum jelly di area yang ingin disemprotkan parfum. 

Hal ini bisa membuat parfum lebih lama bertahan di kulit, meski telah terkena keringat dan air, demikian menurut Bustle

Itu dia beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat tubuh lebih wangi meski telah sibuk berkegiatan seharian. Selamat mencoba!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.