Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

6 Cara Menghilangkan Jerawat dengan Lidah Buaya

Bisa langsung dioles atau digunakan sebagai masker

15 September 2021

6 Cara Menghilangkan Jerawat Lidah Buaya
Pixabay/endriqstudio

Alam sudah menyediakan segalanya untuk manusia. Seperti lidah buaya yang punya banyak manfaat, termasuk untuk obat jerawat. 

Tanaman lidah buaya tak hanya bisa digunakan untuk melembapkan kulit dan dikonsumsi untuk lambung saja, tapi juga bisa untuk obat jerawat. 

Menghilangkan jerawat dengan lidah buaya pun termasuk mudah. Kalau kamu tak punya gel lidah buaya, cukup gunakan tanamannya langsung dan lihat sendiri efeknya. 

Dirangkum Popmama.com dari Healthline, inilah 6 cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya. 

1. Mengoleskannya langsung ke jerawat

1. Mengoleskan langsung ke jerawat
Pixabay/casellesingold

Jika kamu memang punya banyak tanaman lidah buaya di rumah, maka bisa langsung memotong batangnya dan menggunakannya sebagai obat jerawat. 

Dilansir dari PubMed, lidah buaya mengandung zat anti inflamasi, anti bakterial dan antioksidan. Sudah berabad-abad lamanya, tanaman ini digunakan untuk pengobatan seperti membersihkan luka, mengurangi rasa sakit, dan meredakan kulit terbakar. 

Kalau kamu memang tak punya alergi pada tanaman ini, langsung mengoleskannya pada jerawat yang meradang saja. Namun pastikan untuk membersihkan area yang akan dioleskan, membersihkan alat pemotong lidah buaya, dan tangan yang digunakan untuk mengoles.

2. Membuat masker wajah dari lidah buaya, madu, dan kayu manis

2. Membuat masker wajah dari lidah buaya, madu, kayu manis
Pexels/Anna Shvets

Selanjutnya adalah membuatnya menjadi masker wajah. Menurut penelitian, baik itu lidah buaya, madu, dan kayu manis telah terbukti memiliki kemampuan untuk mengontrol dan mengurangi bakteri yang mengakibatkan jerawat. 

Cara membuatnya pun mudah. Kamu perlu 2 sendok makan madu murni dan campur dengan 1 sendok teh lidah buaya murni. Setelah diaduk rata, tambahkan 1/4 sendok teh kayu manis bubuk. Oleskan di wajah dan diamkan selama 15 menit. 

Setelah selesai, bilas dengan air bersih dan rasakan bedanya. 

Editors' Picks

3. Masker lidah buaya dan perasan jeruk lemon

3. Masker lidah buaya perasan jeruk lemon
Freepik/Jcomp

Memiliki jerawat di wajah tak hanya mengurangi rasa percaya diri, tapi juga bisa membuat wajah lebih stres. Membuat masker dari lidah buaya dan jeruk lemon bisa membantu wajah lebih segar dan cerah, sembari mengobati jerawat. 

Bahan yang diperlukan adalah 2 sendok lidah buaya yang sudah dihaluskan atau gel lidah buaya dan campurkan dengan 1/4 sendok teh perasan jeruk lemon. 

Oleskan ke wajah dan diamkan selama 5 sampai 10 menit. Lakukan secara rutin dan wajah jadi bersih dan lebih cerah alami!

4. Membuat spray lidah buaya

4. Membuat spray lidah buaya
Freepik/nakaridore

Untuk membantu pertumbuhan sel kulit yang lebih maksimal, kamu bisa membuat spray lidah buaya. Spray ini bisa membantu melembapkan wajah tanpa membuatnya terlalu berminyak. Di mana sebum berlebih bisa memicu datangnya jerawat. 

Kamu perlu memiliki botol ukuran 60 ml dan masukkan 45 ml air yang sudah dipurifikasi, 15 ml lidah buaya yang sudah dihaluskan, dan 2 tetes minyak esensial favorit kamu. Disarankan yang mengandung antibakteri seperti lavender. 

Nah, spray wajah pun siap digunakan!

5. Eksfoliasi dengan gula, minyak kelapa, dan lidah buaya

5. Eksfoliasi gula, minyak kelapa, lidah buaya
Freepik/wayhomestudio

Untuk mengurangi risiko munculnya jerawat, kamu bisa melakukan eksfoliasi wajah. Namun, menggunakan scrub wajah tidak dianjurkan bagi mereka yang punya jerawat meradang, karena bisa jadi lebih parah. 

Jika jerawatnya sudah kering, kamu bisa membuat scrub ini untuk mengangkat kulit mati dan membantu pertumbuhan sel sehat di kulit wajah. 

Caranya, tambahkan 1/2 cup minyak kelapa dan 1/2 cup gula. Aduk rata dan tambahkan 1/4 cup lidah buaya yang sudah dilumatkan. Kamu bisa menempatkan ini di wadah bersih dan tertutup, kemudian simpan di kulkas. 

Untuk menggunakannya, kamu bisa mengusapkannya pelan di wajah dan bersihkan dengan air mengalir setelah selesai.  

6. Membuat cleanser dari lidah buaya

6. Membuat cleanser dari lidah buaya
Freepik

Selain menggunakannya langsung, kamu bisa juga membuat cleanser dengan bahan dasar lidah buaya. Untuk campurannya dipilih tea tree karena sudah terbukti ampuh melawan jerawat dari kandungan antibakterinya.

Kamu bisa membuat campuran aloevera dan air yang sudah dipurifikasi dengann ukuran 5:5. Kemudian tambahkan 2-3 tetes minyak esensial tea tree sebelum digunakan ke wajah. Pijat pelan selama 1 menit dan bersihkan wajah setelahnya. 

Itu dia beberapa tips menggunakan lidah buaya untuk penyembuhan jerawat. Silahkan pilih mana yang paling sesuai denganmu, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk