Diskon dan Gratis Ongkir Jadi Alasan Seseorang bisa Belanja Kapan Saja

Potongan harga dan gratis ongkir jadi alasan seseorang bisa tiba-tiba belanja

7 Desember 2021

Diskon Gratis Ongkir Jadi Alasan Seseorang bisa Belanja Kapan Saja
Pexels/Andrea Piacquadio

Belanja memang selalu menyenangkan bagi perempuan. Seperti tak terimbas pandemi, ternyata banyak orang yang bisa belanja kapan saja. 

Setelah pandemi menghantam kehidupan semua orang di dunia, banyak sektor yang hancur, termasuk ekonomi. Namun faktanya, banyak orang yang tetap bisa belanja kapan saja. Seperti apa faktanya dan apa saja faktor pendukungnya? Mari cek bersama Popmama.com

1. Adanya diskon jadi pemicu utama

1. Ada diskon jadi pemicu utama
Freepik/denamorado

Bagi banyak orang, baik itu konsumen perempuan atau laki-laki, saat ada diskon akan menarik perhatian mereka untuk membeli apa yang selama ini sudah ada di keranjangnya atau di wishlist mereka. 

Hal ini didukung dengan survei yang dilakukan oleh KG Media Fashion Shopping Landscape Research. Dalam survei ini disebutkan bahwa sebanyak 80% konsumen yang berakhir belanja saat melihat ada diskon. 

Editors' Picks

2. Selain itu, gratis ongkir juga jadi pertimbangan utama

2. Selain itu, gratis ongkir juga jadi pertimbangan utama
Freepik/tirachardz

Masih dari survei yang ama, disebutkan bahwa sekitar 76% responden mengaku mau belanja di online shop saat tersedia gratis ongkir. 

Tak bisa dipungkiri, potongan ongkir apalagi yang ada di luar Jakarta tentu cukup memberatkan. Dengan adanya potongan ini, maka bisa menarik minat para konsumen. 

Sedangkan pancingan lainnya yang membuat orang tertarik untuk belanja adalah promo Buy 1 Get 1, karena ada sekitar 59% responden yang berujung belanja saat melihat promo tersebut. 

Sedangkan ada sekitar 20% responden yang membeli jika ada promo bundling package

3. Memilih barang belanja tergantung dengan kualitas dan harga

3. Memilih barang belanja tergantung kualitas harga
Freepik/drobotdean

Meski sering tergoda diskon, namun tidak semua orang belanja tanpa alasan. Menurut survei, sekitar 67% responden belanja berdasarkan kualitas dari barang yang dipilih. 

Di angka yang sama, yaitu 67% juga, mempertimbangkan harga kala belanja. Lalu, ada sekitar 60% responden yang mengaku belanja saat sesuai kebutuhannya saja. 

Orang bisa jatuh cinta juga karena desain atau model, setidaknya ada sekitar 50% responden yang belanja karena desain. Masalah brand, hanya sekitar 29% responden yang terfokus belanja pada brand tertentu. 

4. Waktu belanja pun bisa kapan saja

4. Waktu belanja pun bisa kapan saja
Freepik/diana.grytsku

Masih di survei yang sama, kebanyakan orang berpikir untuk belanja di awal bulan, atau saat gajian. Namun nyatanya, banyak orang yang belanja di waktu tidak menentu atau bisa kapan saja. 

Setidaknya ada 67% responden mengaku belanja di waktu yang random. Sedangkan ada 51% responden yang belanja di waktu ada promo atau diskon menarik. 

Sekitar 24% responden belanja saat ada event tertentu dan sekitar 16% yang mengaku belanja untuk self reward. Berapa banyak yang belanja setiap tanggal gajian? Hanya 8% saja, Ma. 

5. Daftar diskon yang bisa diserbu di bulan ini

5. Daftar diskon bisa diserbu bulan ini
Dok. ZALORA

Kini setiap bulan ada momen diskon besar-besaran. Di bulan ini ada event diskon besar-besaran yaitu 12.12. Banyak e-commerce dan toko yang turut serta, termasuk ZALORA. 

Dalam acara Mega Gathering ZALORA 12.12 Mega Sale disebutkan bahwa platform belanja ini akan memberikan banyak sekali diskon, bahkan sampai 95%. 

"Ada flash sale setiap hari dengan potongan hingga 40% off, cashback hingga Rp 12 juta, gratis ongkir ke seluruh Indonesia, dan masih banyak diskon lainnya," ujar Associate Marketing Director ZALORA Indonesia, Bimo Darmoyo dalam acara yang sama. 

Selain itu, ada juga potongan harga tambahan yang pasti disukai oleh para konsumen. Beberapa di antaranya adalah:

  • Diskon sebesar 35% menggunakan OVO dengan kode voucher 'OVOZL12'
  • Diskon sebesar 45% menggunakan GoPay dengan kode voucher 'GOZLN12'
  • Cicilan 0% untuk tenor 3 & 6 bulan menggunakan Kredivo
  • Diskon 35% menggunakan Bank Mandiri dengan voucher 'MDRCC12'

Tersedia juga kesempatan menang berbagai hadiah seperti Honda Brio, Play Station 5, Macbook Air, dan banyak lainnya melalui program Top Spender Program bersama GoPay. 

Kampanye ini berlangsung dari tanggal 1 sampai 17 Desember 2021 dan akan berpuncak di tanggal 12 Desember 2021. 

Tergoda memborong belanjaan juga, Ma?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.