Jangan Dibuang, Ini 5 Manfaat Ampas Teh untuk Kecantikan

Selain menikmati tehnya, serbuknya juga berguna, Ma

24 April 2021

Jangan Dibuang, Ini 5 Manfaat Ampas Teh Kecantikan
Freepik/8photo

Saat menikmati teh, biasanya ada ampas yang dianggap tidak berguna. Jangan langsung dibuang, karena ampas atau serbuk teh ini bisa berguna untuk kecantikan. 

Meski sudah diseduh, ampas teh masih memiliki banyak manfaat, baik untuk tubuh maupun untuk wajah. Bahkan kamu bisa langsung menggunakannya bersamaan dengan kantungnya. 

Teh sendiri memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, sehingga mampu menjaga kulit dari radikal bebas dan kandungan ini juga masih bisa didapat di ampasnya. 

Untuk lebih jelasnya, Popmama.com mengumpulkan manfaat ampas teh bagi kecantikan. Yuk cek bersama!

1. Mencegah penuaan dini

1. Mencegah penuaan dini
Freepik/lookstudio

Ini bisa kamu dapatkan dari ampas teh hijau. Seperti diketahui, teh hijau mengandung zat anti penuaan dan antoksidan yang bisa membantu mencegah tanda penuaan. 

Jika kamu sudah mengalami sedikit bintik penuaan, garis halus, dan kulit kendur, maka bisa coba perawatan dengan ampas teh hijau. 

Selain itu, kandungan polifenol dalam teh hijau juga mampu menangkal radikal bebas yang menjadi pemicu rusaknya kulit dan mempercepat proses penuaan. 

Editors' Picks

2. Melawan jerawat di wajah

2. Melawan jerawat wajah
Freepik/master1305

Kamu yang punya masalah dengan jerawat, bisa juga mencoba menggunakan ampas teh. zat katekin di dalam teh hijau bisa berperan menjadi antibakteri yang mampu melawan jerawat. 

Bahkan, zat ini juga bisa membantu mengatur ketidakseimbangan hormon dalam tubuh, salah satunya pemicu timbulnya jerawat. Sedangkan kandungan anti inflamasi dari teh hijau bisa membantu mengurangi kemerahan dan peradangan karena jerawat. 

3. Mengurangi kantung mata 

3. Mengurangi kantung mata 
Freepik/Victoriafly

Sedang sering kurang tidur dan kantung mata terlihat lebih besar dan menghitam? Gunakan masker mata menggunakan kantung teh yang sudah digunakan saja!

Kandungan antioksidan dan tanin yang terkandung dalam teh bisa membantu mengurangi parahnya kantung mata. Kandungan ini bisa mengecilkan pembuluh darah halus di bawah mata sehingga bengkak bisa berkurang. 

Sedangkan vitamin K yang ada di dalamnya mampu menyamarkan lingkaran hitam di bawah mata. 

Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu menempelkan kantung teh yang sudah digunakan di bagian mata. Pastikan kantungnya sudah dingin, ya. 

4. Mengecilkan pori

4. Mengecilkan pori
Freepik/cookie_studio

Ingin mencoba toner alami? Cobalah air seduhan ampas teh. Setelah sekali diseduh, kamu masih bisa menyeduhnya sekali lagi dan jadikan air seduhan teh tersebut sebagai toner. 

Toner ini mampu menjaga kelembapan kulit dan menghindarinya dari dehidrasi. Sementara itu, ia juga berfungsi untuk mengeluarkan kotoran yang tersumbat dan mengecilkan pori-pori. 

5. Membantu proses pengelupasan sel kulit mati

5. Membantu proses pengelupasan sel kulit mati
Freepik/wayhomestudio

Untuk mencerahkan kulit, kamu perlu melakukan eksfoliasi atau pengelupasan sel kulit mati. Kamu bisa menjadikan ampas teh yang sudah diseduh menjadi scrub. 

Tekstur ampasnya bisa membantu proses pengangkatan sel kulit mati sehingga wajah bisa lebih cerah alami. 

Kamu bisa menggunakannya seperti produk scrub lainnya. Balurkan pada wajah dan gosok secara perlahan. Setelahnya, bilas dengan air bersih. 

Itulah beberapa manfaat ampas teh yang bisa Mama gunakan untuk kecantikan wajah. Tertarik mencoba?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.