Dikenal sebagai Penyedap, Ini 5 Manfaat Bawang Merah untuk Kulit Waja

Bisa mencerahkan area gelap di wajah, Ma

3 April 2021

Dikenal sebagai Penyedap, Ini 5 Manfaat Bawang Merah Kulit Waja
Freepik/stockking

Bawang merah merupakan salah satu bumbu dapur penting yang selalu ada di setiap masakan. Ternyata, bawang ini juga berguna untuk kecantikan wajah. 

Popmama.com akan menjabarkan manfaat bawang merah untuk kulit wajah. 

Meski baunya agak tajam, namun manfaatnya cukup luar biasa sehingga banyak yang menjadikan bawang sebagai salah satu andalan untuk mempercantik wajah. 

Untuk kamu yang penasaran, inilah manfaat bawang merah untuk kulit wajah. 

1. Mengandung antioksidan sulfur untuk menjaga kesehatan kulit

1. Mengandung antioksidan sulfur menjaga kesehatan kulit
Freepik/lookstudio

Bawang merah mengandung antioksidan sulfur yang bisa membantu kulit wajah terlihat lebih muda. Selain itu, bisa juga membuat kulit lebih halus dan mulus. 

Cukup dengan mencuci muka dengan seduhan air bawang merah, kamu bisa punya skincare anti aging alami. 

Caranya, kupas beberapa siung bawang putih dan siram dengan air mendidih. Diamkan air sampai dingin dan gunakan air tersebut untuk mencuci muka. 

Editors' Picks

2. Mencerahkan wajah

2. Mencerahkan wajah
Freepik/lookstudio

Tak hanya serum vitamin C saja yang bisa mencerahkan wajah. Kamu juga bisa menggunakan vitamin C di bawang merah untuk membuat kulit lembut dan lebih cerah. 

Kamu bisa membuat jus bawang merah, dengan melumatkan bawang merah sampai halus. Setelah jus jadi, campurkan dengan air mawar dan aduk sampai rata. 

Setelahnya, aplikasikan masker bawang merah di wajah dan diamkan selama 15 menit. Saat masker diaplikasikan, pori wajah membuka pori dan mengeluarkan kotoran di dalamnya. 

Jika sudah selesai, cuci wajah dengan air mawar. Saat mencuci wajah dengan air mawar, pori wajah bisa terbantu menutup kembali. 

3. Mengurangi noda hitam

3. Mengurangi noda hitam
Freepik/Doucefleur

Masker bawang merah juga bisa membantu mencerahkan wajah, lho. Lumatkan bawang merah sampai halus dan aplikasikan ke wajah. 

Setelah 15 menit, cuci wajah dengan air kelapa. Air kelapa ini akan bereaksi dengan asam yang ada di bawang. Hasilnya, bisa membantu mengurangi noda hitam di wajah. 

4. Mengangkat sel kulit mati

4. Mengangkat sel kulit mati
Freepik/diana.grytsku

Perawatan bawang merah bisa dicampurkan dengan beberapa bahan lainnya. Setelah dengan air mawar dan air kelapa, kini padukan dengan susu dingin. 

Pertama, kamu bisa membasuh wajah dengan susu yang sudah didinginkan. Kemudian keringkan dan aplikasikan masker bawang merah dan diamkan selama beberapa menit. 

Cara ini bisa membantu membersihkan pori dan mengangkat sel kulit mati. Jika dilakukan secara rutin, kamu pun bisa menjadikan ini langkah eksfoliasi yang alami. 

5. Mengurangi jerawat meradang

5. Mengurangi jerawat meradang
Freepik/wayhomestudio

Saat jerawat meradang, kamu bisa menggunakan bawang merah untuk meredakannya. Zat yang terkandung di dalam bawang merah mampu bekerja sebagai antibakteri dan anti peradangan untuk melawan jerawat. 

Kamu bisa mencampur bawang merah lumat dengan minyak zaitun dan mengoleskannya ke area yang berjerawat. Diamkan selama 15 menit dan bersihkan setelahnya. Lakukan sampai jerawat mereda. 

Itulah beberapa manfaat yang dimiliki bawang merah untuk kecantikan wajah. Tertarik mencoba?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.