5 Manfaat Minyak Jarak untuk Kecantikan

Ingat untuk tes alergi dulu, ya!

12 September 2020

5 Manfaat Minyak Jarak Kecantikan
food.ndtv.com

Pohon jarak memiliki banyak kegunaan, mulai dari daunnya hingga bijinya. Popmama.com telah merangkum manfaat minyak jarak untuk kecantikan.

Selama ini minyak jarak sering dikenal sebagai bahan untuk membuat induksi alami. Meski belum ada cukup bukti ilmiah, namun banyak ibu hamil yang menggunakannya untuk membantu persalinan. 

Selain untuk persalinan, minyak jarak juga memiliki aneka manfaat untuk kesehatan. Apa saja? Berikut info lengkapnya!

1. Minyak jarak untuk mencegah jerawat

1. Minyak jarak mencegah jerawat
Freepik/diana.grytsku

Satu lagi tambahan untuk obat jerawat alami adalah minyak jarak. North Carolina State University telah membuat penelitian mengenai hal ini. 

Ekstrak biji jarak mengandung asam yang dapat memecah minyak di wajah. Sehingga minyak ini tak lagi menyumbat kelenjar dan pori-pori. 

Minyak jarak juga mengandung antibakteri yang mampu membunuh bakteri penyebab jerawat. 

Editors' Picks

2. Mengobati bibir yang kering

2. Mengobati bibir kering
alighahary.ca

Jika kamu punya masalah dengan bibir kering, maka minyak jarak bisa jadi teman baikmu. Minyak ini mengandung emolien yang mampu memperbaiki kulit kering.

Coba saja perhatikan, banyak lipstik dan lipbalm yang menggunakan minyak jarak atau castor oil dalam kandungannya. 

3. Bisa juga mencegah keriput

3. Bisa juga mencegah keriput
Freepik/Wavebreakmedia

Minyak biji jarak mengandung antioksidan yang baik untuk melawan radikal bebas. Selain itu, antioksidan ini juga mampu mencegah keriput pada wajah. 

Kamu tidak bisa langsung mengaplikasikan minyak biji jarak ke wajah. Campurkan dengan pelembab atau minyak murni lain seperti minyak zaitun atau minyak kelapa murni. 

Aplikasikan sesaat sebelum tidur dan membersihkannya di pagi hari saat setelah bangun tidur. 

Namun pastikan untuk menggunakan minyak biji jarak yang murni, ya, agar tidak terjadi efek samping yang tidak diinginkan. 

4. Melembabkan kulit yang kering

4. Melembabkan kulit kering
Freepik/Ksandrphoto

Kandungan emolien dan trigliserida dalam biji jarak bisa menjaga kelembapan kulit. Dengan begitu, minyak ini mampu mencegah kulit kering dan mengelupas. 

Minyak ini juga memiliki sifat humektan yaitu mampu menarik uap air di udara untuk masuk ke dalam kulit. Sehingga, kulit bisa terhidrasi, terlihat bersih, lembut, dan sehat. 

5. Mengurangi peradangan di kulit

5. Mengurangi peradangan kulit
uabmedicine.org

Ada banyak masalah peradangan di wajah mulai dari alergi sampai terbakar sinar matahari. Nah, minyak biji jarak ini memiliki sifat anti radang sehingga bisa meringankan rasa sakit dan pengelupasan kulit akibat sengatan sinar matahari. 

Selain itu, minyak ini juga mampu mengobati jerawat yang tengah membengkak, serta pembengkakan pada kantung mata. 

Sebelum memutuskan menggunakan minyak jarak untuk kecantikan, pastikan dulu untuk mengetes di kulit. Ini dikarenakan, minyak jarak memiliki sifat alergi sehingga tidak semua orang bisa aman menggunakannya. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.