9 Pilihan Carrier Oil untuk Wajah yang Glowing Alami

Beda jenis kulit wajah, maka beda juga pilihan carrier oilnya

20 Juni 2021

9 Pilihan Carrier Oil Wajah Glowing Alami
Freepik/User15098835

Beberapa orang memilih untuk menggunakan minyak esensial sebagai bagian dari skincare harian. Tak bisa langsung menggunakan minyak esensial ke wajah, diperlukan carrier oil

Carrier oil adalah minyak yang digunakan untuk membawa minyak atsiri atau minyak esensial ke dalam kulit. Selain itu, minyak ini juga bisa mengurangi iritasi kulit yang mungkin terjadi saat langsung mengaplikasikan minyak esensial ke wajah. 

Setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda, untuk itulah Popmama.com melansir Good Housekeeping akan memberikan jenis carrier oil untuk Mama. 

1. Minyak aprikot untuk segala jenis kulit

1. Minyak aprikot segala jenis kulit
Freepik/valeria_aksakova

Menurut dermatologis yang berbasis di New York City, Adebola Dele-Michael, M.D, minyak aprikot adalah salah satu jenis minyak yang aman digunakan untuk semua jenis kulit. 

Terbuat dari biji aprikot, minyak ini mudah menyerap ke kulit dan mengandung vitamin A tinggi serta memberikan efek lembap yang lama pada kulit . 

Jika sedang iritasi, maka minyak ini bisa menenangkan iritasi dan melembutkan kulit wajah. 

2. Minyak argan yang kaya vitamin E dan asam omega

2. Minyak argan kaya vitamin E asam omega
Freepik/User11628272

Selanjutnya adalah minyak argan yang juga cocok untuk semua jenis kulit. Menurut dermatologis Debra Jaliman, M.D, minyak ini mengandung asam omega yang tinggi, vitamin E dan asam linoleat.  

Dengan kesemuanya itu, kulit bisa mudah terhidrasi, melembutkan kulit kering di wajah, dan membantu mengurangi kemerahan. 

3. Minyak rosehip yang menyamarkan kerutan wajah

3. Minyak rosehip menyamarkan kerutan wajah
Dok. C&F Group

Kamu yang sedang gencar menggunakan skincare anti aging, maka bisa menggunakan minyak rosehip. Minyak ini mengandung vitamin A, C, dan E yang mampu mengurangi kerutan dan perbedaan warna di kulit wajah. 

Sifat minyak ini mampu menyerap sampai ke dalam kulit dengan maksimal sehingga bisa meningkatkan kelembapan dan level kolagen alami. '

Editors' Picks

4. Minyak jojoba untuk kulit berjerawat

4. Minyak jojoba kulit berjerawat
Freepik

Dr Jaliman menjelaskan lebih lanjut bahwa ada juga minyak jojoba untuk carrier oil skincare. Kamu yang memiliki kulit mudah berjerawat bisa menggunakannya karena memiliki sifat anti inflamasi. 

Di dalamnya terdapat vitamin E dan antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas, serta menurunkan percepatan penuaan. 

5. Minyak grapeseed untuk mengurangi bekas jerawat

5. Minyak grapeseed mengurangi bekas jerawat
clc-s.org

Masih tentang kulit yang berjerawat, kamu bisa menggunakan minyak grapeseed dan mencampurnya dengan minyak esensial. Minyak ini mengandung vitamin E yang mampu mengurangi  bekas jerawat, demikian ungkap dr Jaliman. 

Asal linoleat di minyak ini juga mampu menangkal jerawat karena kandungan anti radang dan anti mikroba yang dimilikinya. Bahkan, beberapa orang menggunakannya sebagai pengobatan saat sedang breakout

6. Minyak zaitun untuk wajah yang awet muda

6. Minyak zaitun wajah awet muda
Pexels/Pixabay

Minyak zaitun mengandung antioksidan seperti vitamin E dan polifenol. Sedangkan jika diaplikasikan langsung ke wajah, minyak ini bisa membantu melindungi kulit dari penuaan dini dan membantu meningkatkan kelembapan. 

Namun minyak ini tidak cocok untuk kamu yang berjerawat karena sifatnya yang pekat dan berat di wajah. Nah, minyak ini sangat cocok untuk kamu yang punya kulit kering. 

7. Minyak alpukat untuk kulit yang sedang iritasi

7. Minyak alpukat kulit sedang iritasi
Freepik/freepic.diller

Satu lagi adalah minyak alpukat yang sifatnya mirip dengan minyak zaitun. Tinggi dengan asam oleat, minyak yang terbuat dari biji alpukat ini cocok sekali untuk kulit kering dan kulit yang rusak. 

Minyak ini juga mengandung vitamin A, D, dan E yang mampu meningkatkan produksi kolagen dan melawan keriput di wajah. 

Bahkan kamu yang sedang mengalami iritasi wajah dan eczema bisa menggunakannya dan iritasi pun berkurang jauh. 

8. Minyak kelapa untuk melembapkan wajah

8. Minyak kelapa melembapkan wajah
Freepik/Bowonpat

Minyak kelapa selalu memiliki beragam kegunaan dalam sehari-hari maupun untuk tubuh. Minyak ini juga sering menjadi pilihan carrier oil saat menggunakan minyak esensial. 

Kandungan vitamin E, antioksidan dan asam lemak alami membantu melembapkan kulit kamu. Ingat, minyak ini tidak cocok untuk kamu yang mudah berjerawat. 

Satu lagi, pilih minyak kelapa yang virgin agar kandungannya masih lengkap. 

9. Minyak almond yang wanginya enak!

9. Minyak almond wangi enak
Pixabay/Rabbixel

Mengandung vitamin E dan asam lemak, minyak almond ini sangat mudah menyerap kulit dan mampu melembapkan kulit secara maksimal. Minyak ini adalah pilihan tepat kamu yang punya kulit kering. 

Menggunakan minyak esensial untuk skincare memang menarik karena bisa memilih sendiri apa yang sedang dibutuhkan wajah, namun jangan asal memakainya. Kamu perlu berdiskusi dengan ahlinya mengenai persentase antara carrier oil dan minyak esensial agar hasilnya maksimal. 

Selamat mencoba ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.