Work from Home, Masih Perlu Nggak Ya Pakai Sunscreen?

Ternyata perlu, lho!

7 April 2020

Work from Home, Masih Perlu Nggak Ya Pakai Sunscreen
Freepik

Dengan diberlakukannya social distancing dikarenakan wabah virus corona, akhirnya banyak yang bekerja dari rumah. Jika seringnya memakai sunscreen karena harus keluar rumah, apakah saat WFH masih perlu pakai sunscreen?

Perubahan keseharian memang perlu banyak penyesuaian. Jika yang biasanya setiap pagi bangun dan terburu-buru untuk berangkat ke kantor, kini hanya tinggal buka laptop saja. 

Banyak rutinitas yang dilewati, baik itu perjalanan menuju kantor, atau rutinitas skincare sebelum berangkat kantor. Namun ternyata mengenakan sunscreen tak bisa dilewatkan. 

Apa alasannya? Lalu, seberapa penting sunscreen dalam keseharian WFH kamu? Berikut Popmama.com jabarkan untuk kamu. 

1. Sunscreen tetap perlu dipakai

1. Sunscreen tetap perlu dipakai
Freepik

Menurut dr Nava Greenfield, seorang ahli dermatologi di Schweiger Dermatology Group di Brooklyn, AS, sunscreen tetap perlu dipakai meski seharian hanya di rumah. 

Pada dasarnya, sunscreen memang tidak terlalu wajib jika kamu hanya di dalam rumah saja.

Namun cahaya matahari yang masuk melalui jendela tetap bisa membawa sinar UV. Sedangkan saat berada di rumah, pasti ada waktu-waktu akan terpapar sinar matahari. 

Itulah pentingnya menggunakan sunscreen meski sedang di rumah saja. 

Editors' Picks

2. Sunscreen wajib digunakan saat berjemur

2. Sunscreen wajib digunakan saat berjemur
Unsplash.com

Berjemur di pagi hari sudah jadi kebiasaan baru. Selain menyehatkan, berjemur di sinar matahari pagi bisa membantu memperkuat imun tubuh dan menghindari penyakit. 

Namun pastikan untuk selalu mengenakan sunscreen sebelum berjemur. Kulit yang tidak menggunakan pelindung akan lebih rentan terbakar dan mengalami banyak sel kulit mati. 

Selain itu, sinar UV juga tidak baik untuk kulit karena bisa membuat kulit cepat menua, hingga memicu kanker kulit.

3. Meski di rumah, rutinkan eksfoliasi

3. Meski rumah, rutinkan eksfoliasi
Freepik/Jcomp

Menghabiskan banyak waktu di rumah tidak akan membuat kulit kamu bebas dari debu. Belum lagi beberapa meeting online yang membuat kamu harus tetap tampil dengan make up. Maka dari itu, membersihkan kulit secara seksama tetap perlu dilakukan. 

Tetap rutinkan eksfoliasi secara berkala. Tak perlu menggunakan yang terlalu keras, cukup yang sedang atau lembut. Tujuan utamanya adalah agar kulit tetap segar dan sehat. 

4. Gunakan pelembap saat berada di ruangan ber-AC

4. Gunakan pelembap saat berada ruangan ber-AC
Freepik

Saat udara panas, seringnya kamu memilih bekerja dengan AC menyala. Dengan begitu, kondisinya tidak akan jauh berbeda seperti saat berada di kantor. 

Oleh karena itu, penting sekali untuk tetap menggunakan pelembap wajah. Terlalu lama berada di ruangan ber-AC membuat kulit terasa kering dan tertarik. Oleh karena itu, jangan lewatkan rutinitas skincare yang satu ini.

Pilih pelembap yang bisa mengunci kelembapan wajah dalam jangka waktu yang lama agar tak perlu memakai ulang secara berkala. 

5. Untuk mengisi waktu, gunakan face sheet mask

5. mengisi waktu, gunakan face sheet mask
Freepik/Benzoix

Saat masa #dirumahaja, tentu ada lebih banyak waktu yang tersedia. Gunakan untuk mempercantik dan menyehatkan kulit wajah. 

Jika selama ini selalu merasa tak ada waktu menggunakan face sheet mask, inilah saat yang tepat. Di sela jam kerja, atau setelah jam kerja, santailah sejenak dan pakai masker wajah. 

Work from home juga memungkinkan kamu mengurangi penggunaan make up. Ini waktu yang sangat tepat untuk memberikan kulitmu hari libur dan membiarkan pori-pori bernapas dengan lega. 

Memberikan skincare yang tepat akan membuat kulitmu terlihat jauh lebih sehat dan tetap terawat meski sedang di rumah saja. 

Jadi, pastikan untuk tetap memerhatikan kesehatan kulit wajah selama #dirumahaja, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.