Tanpa Obat, Sayur dan Buah Ini dapat Mengurangi Bekas Jerawat di Wajah

Mudah dan murah, asupan makanan ini bisa mengurangi bekas jerawat secara alami

2 September 2020

Tanpa Obat, Sayur Buah Ini dapat Mengurangi Bekas Jerawat Wajah
Freepik

Jerawat menjadi salah satu masalah kulit yang dialami oleh sebagian orang ya, Ma. Mengingat masalah ini sangat memengaruhi kenyamanan dan kepercayaan diri ketika tampil di depan banyak orang.

Ketika jerawat sudah hilang, tak bisa dipungkiri kalau bekas jerawat perlu diperhatikan dengan baik agar kulit benar-benar pulih. 

Dalam menghilangkan bekas jerawat, sebagian orang ingin mengatasinya secara alami tanpa bantuan obat atau perawatan di klinik kecantikan. Pengobatan alami dengan asupan makanan sehat dirasa aman dalam mengatasi bekas jerawat yang membandel agar kulit lebih bersih. 

Jika ingin mengetahui asupan makanan sehat yang ampuh untuk mengatasi masalah bekas jerawat di kulit wajah, kali ini Popmama.com telah merangkumnya. 

Wajib dibaca hingga tuntas ya, Ma!

1. Air perasan lemon dapat mengatasi masalah pada kulit

1. Air perasan lemon dapat mengatasi masalah kulit
Freepik

Dilansir dari HealthLine, air perasan lemon mampu membantu menghilangkan flek hitam yang ada di area wajah termasuk bekas jerawat. 

Dalam air perasan lemon terdapat keasamaan alami yang digunakan sebagai agen pemutih organik. Demi memiliki wajah yang cerah, cobalah untuk mengonsumsi minuman sehat ini secara rutin setidaknya di pagi dan malam hari. 

Penggunaan air perasan lemon untuk menghilangkan bekas jerawat juga bisa dikonsumsi dengan campuran bahan lainnya, termasuk salad.  

Zat alami di dalam air lemon dapat membantu kulit terlihat lebih sehat serta bercahaya dari dalam, sehingga noda hitam bekas jerawat akan pelan-pelan menghilang.

2. Timun mampu memperbaiki kulit wajah agar tetap cerah

2. Timun mampu memperbaiki kulit wajah agar tetap cerah
Freepik

Ma, perlu diketahui bahwa timun memiliki nutrisi yang berguna untuk kesehatan kulit wajah. Timun memiliki antioksidan yang tinggi, sehingga mampu membersihkan bekas jerawat. 

Perlu diketahui bahwa mengonsumsi timur bisa memberikan beragam manfaat positif, seperti memperbaiki sel kulit yang rusak, mengenyalkan kulit hingga mengurangi bekas jerawat membandel di wajah. 

Demi bisa memulih kulit wajah, cobalah untuk memasukkan mentimun segar di beberapa menu makan sehari-hari. 

Editors' Picks

3. Tomat meningkatkan kesehatan kulit secara optimal

3. Tomat meningkatkan kesehatan kulit secara optimal
Freepik/jannoon028

Jika di rumah tersedia tomat segar, maka bahan ini bisa membantu mengurangi bekas jerawat secara alami. Tomat memiliki vitamin A dan vitamin C yang cukup tinggi, sehingga dapat meningkatkan kesehatan kulit secara optimal.

Tomat segar yang diolah menjadi jus mampu mengecilkan pori-pori kulit, sehingga mampu mencegah produksi minyak berlebih dan mencegah jerawat. 

Jika dikonsumsi secara rutin, jus tomat membantu kulit semakin cerah serta bebas dari noda hitam di wajah. 

Baca juga:

5 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami

4. Kale memiliki kadar kolagen yang mampu memulihan bekas jerawat

4. Kale memiliki kadar kolagen mampu memulihan bekas jerawat
theguardian.com
Memanen Kailan dengan mudah

Kale termasuk sayuran hijau yang seringkali digunakan ketika mengolah sebuah makanan tertentu. Kale yang termasuk anggota keluarga kubis ini mengandung erbagai vitamin serta mineral.

Selain itu, kale dikenal memiliki kandungan antioksidan yang tinggi ketika dikonsumsi. Jika rutin dikonsumsi, sayuran ini membantu dalam mencerahkan kulit wajah dari noda hitam membandel. 

Perlu diketahui bahwa kandungan dari kale ini memang cukup beragam termasuk kadar kolagen. Kolagen yang ada di dalam kale mampu mempercepat bekas jerawat agar menimalisir munculnya bercak hitam. 

Kale bisa diolah sebagai salad, tumis bersama aneka sayuran lainnya hingga smoothie yang menyegarkan tubuh.

5. Pepaya membantu mengangkat sel-sel kulit mati

5. Pepaya membantu mengangkat sel-sel kulit mati
Unsplash/Ilyuza Mingazova

Dilansir dari HealthLine, pepaya termasuk buah yang bisa membantu menimalisir munculnya bercak hitam bekas jerawat. Tak hanya rasanya yang enak saja, namun pepaya dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati.

Selain itu, buah berwarna oranye yang dikonsumsi secara rutin mampu menghilangkan bekas jerawat. Kandungan mineral dan vitamin mampu meningkatkan elastisitas kulit, sehingga membantu menghilangkan noda di wajah. 

Pepaya yang diolah sebagai jus atau dimakan langsung juga mampu mencegah timbulkan jerawat. 

6. Kelompok buah berries mampu memudarkan bekas jerawat yang mulai menghitam 

6. Kelompok buah berries mampu memudarkan bekas jerawat mulai menghitam 
Pixabay/PublicDomainPictures

Stroberi, blueberry, raspberry, ceri dan blackberry termasuk kelompok buah berries yang memiliki banyak manfaat untuk kulit wajah. 

Kelompok buah ini mengandung vitamin C dan antioksidan tinggi, sehingga dapat memperbaiki kulit wajah semakin cerah. Kedua kandungan ini mampu berkolaborasi dalam memudarkan bekas jerawat yang mungkin sudah mulai menghitam. 

Jika ingin tampil cerah tanpa bekas jerawat, usahakan untuk terus mengonsumsi buah berries. Aneka jenisnya bisa dijadikan camilan, smoothie atau bahan saat mengolah dessert.

Nah, itulah beberapa informasi terkait cara alami yang bisa digunakan untuk mengurangi bekas jerawat di wajah.  Tak perlu terburu-buru menggunakan obat atau pergi ke klinik kecantikan, Mama bisa memaksimalkan buah atau sayuran di rumah untuk mengatasi bekas jerawat.

Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan bekas jerawat di wajah segera hilang ya, Ma.  

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.