Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Rekomendasi Sabun Batang yang Baik untuk Atasi Kulit Kering

Kamu terbiasa mandi dengan sabun batang tapi kulit mudah kering, cek rekomendasi sabun ini ya!

21 Desember 2021

Rekomendasi Sabun Batang Baik Atasi Kulit Kering
Pexels/Armin Rimoldi

Kamu salah satu pemilik jenis kulit kering tapi terbiasa menggunakan soap bar atau sabun batang? Kamu perlu Ma mencari sabun yang tepat untuk menjaga kulit tetap lembap. 

Apalagi di tengah hidup bersama pandemi seperti ini ya Ma. Menurut data yang didapatkan dari Indonesia Water Institute (IWI), selama pandemi terjadi peningkatan 3 kali lipat
kebiasaan mandi sebanyak 3 kali sehari lebih banyak dari pada kondisi sebelum pandemi.

Rekomendasi Sabun Batang Baik Atasi Kulit Kering
Dok. Zen

“Kebiasaan mandi yang sering, dapat berpotensi timbulnya kulit kering. Hal ini disebabkan karena frekuensi mandi, durasi waktu, suhu air yang terlalu panas dan juga pemilihan sabun yang tidak tepat.” ungkap dr.Arini Widodo, SpKK Dermatologist dalam acara jumpa pers yang digelar Zen Antibacterial Soap November 2021 lalu. 

Nah untuk merawat kulit kering Ma, selain bisa dengan sabun cair, tidak ada salahnya kamu menggunakan sabun batang yang tentunya bisa kamu pertimbangkan lho.

Tapi, perhatikan terlebih dahulu ya Ma kandungan dari sabun batang yang akan kamu pakai. Berikut Popmama.com berikan rekomendasi sabun batang untuk pemilik jenis kulit kering, apa kamu berani mencobanya?

1. Dove White Beauty Bar dengan kandungan pelembap yang cocok untuk kulit kering

1. Dove White Beauty Bar kandungan pelembap cocok kulit kering
Dok. Dove Indonesia

Meskipun tidak terkhusus untuk kulit kering, Dove White Beauty Bar juga bisa kamu pilih untuk merawat kulit yang kering Ma. Karena apa, Dove sebagai sabun untuk merawat kulit, seperti halnya sabun Dove lainnya, juga terdiri dari ¼ moisturising cream yang dipastikan cocok untuk kulit kering.

Sabun ini banyak mendapat respons positif terutsma dalam mengembalikan kekenyalan kulit yang kering. Sabun ini akan cocok buat kamu yang kulit keringnya masih dapat diatasi dengan bantuan lotion pelembap sepanjag hari.

Editors' Picks

2. Kolagen, sabun batang merek lokal

2. Kolagen, sabun batang merek lokal
Dok. HPAI

Salah satu kandungan yang dibutuhkan tubuh agar terlihat lebih sehat, ya betul! Kolagen. 

Kolagen sebetulnya sudah dimiliki secara alami dalam tubuh kita Ma, tapi menggunakan body care yang mengandung kolagen bisa sangat membantu kulit terhindar dari kekeringan. 

Karena apa? Salah satu manfaat terbaik dari kolagen adalah mempercepat regenerasi pada sel kulit. Nah sabun Kolagen adalah sabun buatan merek lokal HPAI. Sabun ini bisa jadi pilihan untuk kamu yang ingin menggunakan sabun batang yang terutama berjenis alami. 

Bahkan sabun ini punya klaim halal, jadi kamu tidak perlu khawatir kalau kolagen yang digunakan berasal dari bahan yang kamu pikirkan ya Ma.

4 . Nivea Cream Care jaga kulit tetap kenyal

4 . Nivea Cream Care jaga kulit tetap kenyal
Dok. Nivea

Yang keempat ada Nivea Creme Care yang bisa juga jadi pilihan kamu untuk mencoba sabun batang untuk atasi kulit kering.  Sabun ini memang cocok untuk digunakan semua jenis kulit, terutama pemilik kulit kering. Salah satu adalah karena sabun ini mengandung Lanolin Alcohol.

Meskipun kedengarannya "alkohol", justru kandungan inilah yang menolong kulit keringmu, karena zat tersebut bisa untuk mengurangi hilangnya kelembapan dari dalam kulit  alias mempertahankan rasa kenyal di kulit usai mandi.

Tidak lupa Nivea juga mengandung creme khusus yang diformulasi oleh Nivea dan provitamin B5. Keduanya akan membantu menutrisi kulit kering kamu agar tampil lebih indah Ma.

5. Sebamed Cleansing Bar yang nggak terlalu berbusa dan punya banyak kandungan baik untuk kulit

5. Sebamed Cleansing Bar nggak terlalu berbusa pu banyak kandungan baik kulit
Dok. Sebamed

Pernah coba soal sabun batang yang banyak digunakan perempuan untuk kulit sensitif nggak Ma? 

Bernama Sebamed Cleansing Bar, sabun ini lebih banyak digunakan pada kulit wajah, meskipun begitu terdapat juga versi khusus untuk kulit tubuh. Sabun batnag yang tidak terlalu berbusa ini, memiliki beberapa kandungan kimia yang membantu menenangkan kondisi kulit.

Beberapa kandungan yang baik untuk tubuh adalah Lecithin, Amino Acid, dan vitamin E.

5. Zen memiliki bahan alami yang jaga kelembutan kulit

5. Zen memiliki bahan alami jaga kelembutan kulit
Dok. Zen

Sabun Zen adalah produk sabun antiseptik yang hadir dalam berbagai varian mulai dari sabun batang hingga sabun cair. 

Nah, produk ini Ma, dikenal karena menggunakan bahan alami daun Shisho Merah Jepang yang terbukti menghambat pertumbuhan bakteri dan virus sekaligus menjaga kelembutan kulit. 

Terdapat tiga Varian Zen yang berbahan natural yang bisa menjadi pilihan sesuai kondisi kulit 
diantaranya : 

1. Shiso & Sandalwood
Sandalwood berfungsi sebagai anti inflamasi (anti peradangan) serta aromanya merelaksasi tubuh dan pikiran. 

2. Shiso & Sea Salt
Garam laut (sodium, magnesium, mineral) membantu mengangkat sel kulit 
mati, debu dan polusi. 

3. Shiso & Sulphur
Sulfur dapat mengurangi gatal dan kemerahan, sangat cocok untuk kulit 
sensitif, serta lembut di kulit. 

Seraya dengan produknya yang diklaim mampu menjaga kulit dari problem Kresek (Kulit kering sekali) zen juga pada November 2021 lalu, meluncurkan kampanye Anti Kresek-Kresek.

Kampanye tersebut mengajak kita semua untuk selalu membersihkan dan melindungi kulit, agar kulit kita sehat, segar serta dapat mengatasi problema Kresek tadi. 

“Ini menjadi penting karena kulit adalah organ tubuh terluas dan 
terdepan dari tubuh kita, sehingga harus selalu dijaga agar tetap sehat. seluruh badan,” punkas dr.Arini menutup perbincangan pada acara kampanye tersebut. 

Sudah nggak bingung lagi dong mau pakai sabun batang untuk kulit kering. Popmama sudah berikan rekomedasinya ya. Jadi, selamat mencoba! 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk