5 Cara Merawat Hoodie Anak agar Tetap Lembut dan Awet

Intip juga rekomendasi hoodie untuk membuat anak lebih stylish

29 Desember 2020

5 Cara Merawat Hoodie Anak agar Tetap Lembut Awet
Freepik/Annebel146

Hoodie katun adalah kaus berlengan panjang dengan kerudung. Terdapat beberapa hoodie yang menggunakan ritsleting seperti jaket. Hoodie menjadi pakaian yang bisa digunakan oleh orang dewasa termasuk anak-anak saat musim hujan.

Anak bisa mengekspresikan gayanya dengan menggunakan hoodie karena memiliki warna, gambar, dan tulisan yang menarik. Namun, jika dirawat dengan tidak tepat hoodie bisa menjadi kasar dan warna yang pudar.

Meskipun semua kain berubah setelah pemakaian dan pencucian berulang, merawat hoodie katun dengan benar dapat meminimalkan kerusakan dan membuatnya lebih tahan lama. Ada beberapa hal yang dapat Mama lakukan untuk menjaga hoodie anak tetap awet dan lembut.

Kali ini Popmama.com akan membahas 5 cara merawat hoodie anak agar tetap lembut, serta rekomendasi merek hoodie yang bisa membuat anak menjadi lebih stylish!

1. Gunakan detergen yang tepat

1. Gunakan detergen tepat
Freepik/Kwangmoop

Saat Mama memilih deterjen untuk mencuci baju atau hoodie, Mama bisa mudah kewalahan karena ada banyak pilihan deterjen. Ada merek yang berbeda, formula yang berbeda, serta aroma yang berbeda.

Kebanyakan orang memilih deterjen hanya pada harga atau pada aromanya, namun hal ini tidak selalu menjadi pilihan terbaik.

Jika Mama ingin menjaga hoodie anak tetap lembut dan memperpanjang masa pakainya, Mama perlu menggunakan deterjen yang ringan. Mama juga perlu memastikan untuk menggunakan deterjen tersebut sesuai dengan rekomendasi produsen hoodie.

Selain itu, hindari menggunakan pelembut kain. Pelembut kain cenderung menempel pada pakaian, dan membuatnya jadi kurang lembut. Bahan ini juga dapat merusak sifat tertentu pada bahan hoodie tertentu, jadi sebaiknya dihindari.

2. Hapus noda dengan cara yang benar

2. Hapus noda cara benar
Freepik

Walaupun anak mungkin sudah menjaganya dengan sangat hati-hati, noda membandel bisa muncul kapan saja, bahkan pada waktu yang tidak terduga sebelumnya. Saat Mama perlu membersihkan noda di hoodie anak, pastikan untuk melakukannya dengan benar.

Beberapa produk penghilang noda bersifat keras dan sebenarnya dapat menghilangkan noda sekaligus. Sebelum menggunakan bahan kimia keras untuk membersihkan hoodie, pertimbangkan untuk mencoba solusi penghilang noda alami.

Bahan alami bisa dikatakan jauh lebih aman untuk hoodie, dan banyak di antaranya yang bekerja lebih baik daripada produk penghilang noda.

3. Baliklah hoodie sebelum dicuci

3. Baliklah hoodie sebelum dicuci
Freepik

Sebelum memasukkan hoodie anak ke dalam mesin cuci, balikkan bagian dalam ke luar. Ini membantu melindungi bagian luar pakaian dari kerusakan yang dapat terjadi selama siklus pencucian.

Saat mencuci hoodie dengan risleting, pastikan selalu menutupnya. Ini mencegah ritsleting tersangkut saat dicuci. Untuk hoodie yang memiliki tali pada bagian penutup kepala, sebaiknya ikat bagian tali untuk mencegahnya kusut atau tertarik ke luar.

Editors' Picks

4. Cuci hoodie dengan pakaian yang memiliki bahan serupa

4. Cuci hoodie pakaian memiliki bahan serupa
Freepik/Netrun78

Untuk menjaga agar hoodie milik anak dalam kondisi baik, sebaiknya hoodie dicuci dengan pakaian serupa. Hindari mencucinya bersamaan dengan jeans atau jaket tebal yang dapat menyebabkan kerusakan.

Mama juga harus menghindari mencuci hoodie bersama dengan handuk atau barang-barang berserat tinggi lainnya. Pastikan juga untuk mencuci hoodie favorit anak dengan pakaian lain yang memiliki warna serupa, untuk menghindari noda luntur.

Selain itu, penting untuk melakukan pembilasan ekstra. Tujuannya, untuk memastikan bahwa setiap sisa deterjen telah dibilas dan membuat hoodie tetap lembut.

5. Hindari menggunakan mesin pengering

5. Hindari menggunakan mesin pengering
Freepik/Rawpixel-com

Memasukkan pakaian ke dalam pengering memang cara yang tepat untuk memastikan pakaian tetap bagus dan lembut, namun melakukan hal itu sebenarnya bisa lebih berbahaya daripada menguntungkan.

Pengeringan dengan udara adalah pilihan yang jauh lebih baik pada kain fleece, karena membuatnya menjadi lebih lembut.

Rekomendasi Merek Hoodie untuk Membuat Anak Tetap Stylish

Rekomendasi Merek Hoodie Membuat Anak Tetap Stylish
Freepik

Setelah mengetahui lima cara merawat hoodie di atas, Mama juga bisa memilih tiga rekomendasi merek hoodie anak di bawah ini untuk membuatnya menjadi tetap stylish saat memasuki musim hujan!

Hoodie H&M dengan kampanye Bottle2Fashion yang mengajarkan anak tentang menjaga alam

Hoodie H&M kampanye Bottle2Fashion mengajarkan anak tentang menjaga alam
Id.hm.com

Ingin membelikan hoodie untuk anak sekaligus mengajarkan anak tentang merawat alam? Maka Mama bisa memilih hoodie dari H&M. Pada 2017, H&M bermitra dengan Danone-Aqua dalam kampanye Bottle2Fashion dalam mendaur ulang limbah kemasan plastik menjadi produk pakaian.

Dengan cara mengubah botol PET dari pulau-pulau di Indonesia (kepulauan seribu) menjadi pakaian sehari-hari. Tujuannya mendaur ulang botol plastik sekali pakai menjadi kain yang dikenal sebagai poliester daur ulang.

Kampanye ini juga mendukung kebijakan Pemerintah Indonesia melawan pencemaran laut, dan berkontribusi pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan untuk pertumbuhan ekonomi yang matang, dengan menjunjung tinggi nilai-nilai sosial dan lingkungan.

Pada musim mendatang kampanye Bottle2fashion akan mengumpulkan dan mendaur ulang sekitar 3,5 juta botol PET. Untuk koleksi pakaian anak-anak H&M, poliester daur ulang telah dicampur dengan kapas organik dan kapas daur ulang untuk membuat pakaian sehari-hari yang nyaman.

Koleksi pakaian anak-anak tersedia dari tanggal 7 Januari 2021 di ID.HM.COM dan atau Mama bisa mengunjungi beberapa gerai H&M di kota-kota besar Indonesia, seperti:

JABODETABEK: Grand Indonesia, Kota Kasablanka, Gandaria City, Pondok Indah Mall, Central Park, Senayan City, Mall of Indonesia, Mall Kelapa Gading, Lotte Shopping Avenue, H&M Kids Lippo Mall Puri, AEON MALL BSD & Summarecon Mall Serpong.

Bandung: Paris Van Java

Bali: Mal Bali Galeria

Yogyakarta: Hartono Mall

Surabaya: H&M Kids Galaxy Mall

Semarang: DP Mall

Samarinda: Big Mall Samarinda

Untuk melihat beberapa koleksinya, Mama bisa melihat di Instagram @hm dan @hm_kids atau menggunakan tagar #HMIndonesia dan #bottle2fashion. Mama bisa mendapatkan produk hoodie anak dari H&M dengan harga sekiatar Rp.249.900-449.900,-

MANGO KIDS - Printed Melange Hoodie

MANGO KIDS - Printed Melange Hoodie
Zalora.com.my

Selanjutnya adalah hoodie dari MANGO KIDS yang bernama printed melange hoodie. Sama seperti hoodie lainnya, hoodie dari MANGO ini juga memiliki tudung kepala, serta memiliki dua variasi warna yang bisa dipilih sesuai warna favorit anak.

Hoodie dengan warna abu-abu memiliki gambar depan yang bertuliskan Fearless dengan gambar harimau, sedangkan juga ada yang berwarna navy dengan gambar singa yang bertuliskan Unstoppable yang bisa membuat anak tampil menjadi lebih kece dan percaya diri.

Terbuat dari 100 persen katun organik, Mama bisa membeli hoodie ini dengan harga Rp.349.000-359.000,-.

MARK & SPENCER - Cotton Rich Garment Dyed Hoodie

MARK & SPENCER - Cotton Rich Garment Dyed Hoodie
Marksandspencer.com

Kemudian adalah hoodie dari MARK & SPENCER yang bernama Cotton Rich Garment Dyed Hoodie. Hoodie ini memiliki style sporty kasual dalam paduan warna dua variasi pop tone yaitu biru dan juga oranye.

Hoodie dari MARK & SPENCER ini menggunakan bahan 95 persen katun yang dikombinasikan dengan 5 persen viscose, yang tidak transparan dan ringan jika digunakan oleh anak sehari-hari. Hoodie ini juga dapat dicuci dengan mesin cuci.

Mama bisa mendapatkan hoodie Cotton Rich Garment Dyed ini dengan harga Rp. 259.000,-

Nah itu dia Ma, 5 cara perawatan hoodie anak agar tetap awet dan lembut saat digunakan. Agar Mama tidak ragu saat memilih hoodie yang nyaman untuk anak, pilih hoodie dengan bahan yang biasa digunakan anak.

Selain itu juga perhatikan label perawatan yang tertera pada bagian tag bagian dalam agar Mama mengetahui bagaimana perawatan hoodie dari pencucian hingga penyimpanannya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.