5 Kandungan yang Membuat Kulit Ketiak Sensitif Menjadi Iritasi

Lindungi ketiak sensitif dengan menghindari kandungan ini

15 Juli 2019

5 Kandungan Membuat Kulit Ketiak Sensitif Menjadi Iritasi
Freepik.com

Memiliki kulit yang sensitif memang membutuhkan ekstra lebih dalam merawatnya. Tidak hanya pada kulit wajah dan tubuh, ketiak pun juga merupakan area tubuh yang harus rawat dengan benar.

Dalam hal memilih produk untuk kulit ketiak yang sensitif juga tidak sembarangan, banyak pertimbangan yang perlu kita lakukan sebelum membeli produk untuk kulit ketiak.

Selain melihat keunggulan dari sebuah produk, kita juga harus melihat kandungan apa saja yang ada di dalam produk yang kita gunakan lho!

Popmama.com berkesempatan untuk menghadiri kegiatan yang diselenggarakan oleh Dove yang bertemakan Dove Sensitive Deodorant Media Gathering di Courtyard Cafe The Hermitage Menteng, Jakarta Selatan pada Kamis (11/7) untuk membahas tentang perawatan yang tepat untuk kulit ketiak yang sensitif agar tidak iritasi

Menurut dr. Melyawati Hermawan, SpKK selaku dermatologis, secara medis kulit yang sensitif adalah kulit yang mudah terkena iritasi akibat dari sel-sel kulit yang tidak dilindungi oleh pelembab secara sempurna sehingga membuat zat iritan yang dikandung dalam sebuah produk menjadi lebih mudah masuk kedalam kulit dan menyebabkan peradangan pada kulit ketiak. 

Walaupun kandungan-kandungan yang terdapat pada produk kecantikan atau kesehatan sudah diuji secara klinis, namun ada beberapa dari kita yang memiliki alergi yang justru membuat kulit ketiak kita malah menjadi iritasi.

Berikut ini Popmama.com akan menginformasikan kandungan apa saja yang harus kamu hindari dalam memilih produk untuk kulit ketiak sensitif yang kami rangkum dari kegiatan Dove Sensitive Deodorant.

1. Kandungan parfum bisa membuat kulit sensitif semakin iritasi

1. Kandungan parfum bisa membuat kulit sensitif semakin iritasi
Freepik.com

Untuk menghilangkan bau ketiak kita menggunakan deodoran yang memiliki wangi yang sedap agar menghilangkan bau ketiak. Namun sekarang, kita harus mengurangi penggunaan deodoran yang memiliki kandungan parfum.

"Pewangi, pengharum, atau parfum adalah yang paling besar membuat kulit orang sering iritasi, apalagi kita membahas kulit sensitif. Parfum yang terlalu strong mengenai kulit sehingga mudah iritasi," Ujar dr. Melyawati.

Parfum pada deodoran mengandung minyak esensial, air, dan alkohol dalam jumlah yang tinggi. Hal yang membedakan parfum dan parfum pada deodoran adalah, deodoran memiliki kontak langsung pada kulit ketiak kita. Sedangkan, parfum disemprotkan pada pakaian.

Kandungan alkohol yang tinggi dapat menyebabkan kulit ketiak yang sensitif sehingga dapat membuat ketiak menjadi alergi lalu menjadi iritasi.

2. Propylene glycol mudah terserap kulit dan bisa mengganggu saraf hingga hati

2. Propylene glycol mudah terserap kulit bisa mengganggu saraf hingga hati
Cremedevape.com

Jika kamu menggunakan deodoran yang berfungsi melembabkan kulit ketiak yang kering, kini kamu harus melihat kandungan PEG (Poplythylene Glycol) atau PG (Propylene Glycol) pada produk tersebut.

Deodoran yang menggunakan kandungan PEG atau PG mudah terserap oleh kulit dan memiliki risiko yang besar jika terkontaminasi dengan kandungan-kandungan kimia lainnya.

Jika kamu menggunakannya secara rutin, bahan kimia yang terkandung dalam deodoran ini dapat menyebabkan kerusakan pada sistem saraf pusat, jantung, ginjal, dan hati. Selain itu, kulit kamu dapat iritasi atau peradangan pada kulit jika kamu memiliki kulit yang sensitif.

Propylene glycol berbahaya pada persentase hanya 2%. Namun, pada deodoran dosis propylene glycol dapat hingga mencapai 50% besarnya.

Wah kamu harus menjadi semakin hati-hati dalam pemilihan produk deodoran untuk kulit ketiak yang sensitif agar tidak iritasi dan mengganggu kesehatanmu.

Editors' Picks

3. Minyak essensial bisa menyebabkan iritasi

3. Minyak essensial bisa menyebabkan iritasi
Freepik.com

Minyak essensial adalah minyak yang dibuat secara alami dari ekstrat tanaman, kulit kayu, batang, daun, akar, atau bahkan buahnya untuk menghasilkan wewangian yang unik.

Wewangian yang pekat pada minyak esensial memang bermanfaat bagi tubuh, namun bagi kita yang memiliki ketiak yang sensitif, ini yang dapat menyebabkan kerusakan dan iritasi pada kulit lho.

Kandungan pewangi yang terdapat pada minyak esensial adalah limonene, citronellol, eugenol, dan linalool. Semua kandungan ini ada di dalam banyak minyak esensial yang digunakan pada deodoran yang menggunakan pewangi alami

Bagi kamu yang memiliki kulit sensitif, beberapa minyak harus digunakan secara hati-hati ya, kamu dapat mengetes seberapa sensitif kulit dengan mencoba menggunakan deodoran di kulit selama beberapa jam.

Jika kamu merasakan hasil yang panas, gatal, atau menyengat kamu segera mencuci ketiak mu dan mengganti dengan deodoran yang lebih aman untuk kulit sensitif.

4. Paraben sangat berbahaya jika mengenai kulit

4. Paraben sangat berbahaya jika mengenai kulit
themodcabin.com

Paraben adalah zat kimia digunakan sebagai pengawet dalam deodoran yang memiliki fungsi untuk mencegah pertumbuhan bakteri. Namun, ternyata paraben ini termasuk zat kimia yang paling berbahaya diantara zat yang lainnya.

Paraben berfungsi untuk memicu hormon estrogen pada tubuh manusia khususnya pada perempuan. Kamu dapat mengindentifikasi zat paraben dalam produk jika kamu menemukan nama methylparaben. propylparaben, butylparaben, benzylparaben, dan isobutylparaben di dalam kandungannya. 

Zat kimia ini ternyata mudah ditemukan pada 75-90% produk pada pasaran, jadi kamu harus lebih berhati-hati dalam memilih produk untuk tubuh.

Hal yang paling dikhawatirkan adalah jika kamu menggunakan deodoran dengan kandungan paraben secara terus menerus, akan mengakibatkan gangguan keseimbangan hormon hingga kanker payudara.

5. Alkohol bisa buat kulit ketiak yang sensitif jadi kering

5. Alkohol bisa buat kulit ketiak sensitif jadi kering
intothegloss.com

Apakah kamu suka merasakan sensansi yang dingin saat menggunakan deodoran? jika iya, berarti deodoran yang kamu gunakan mengandung alkohol.

Alkohol pada deodoran sebenarnya memiliki fungsi untuk mengeringkan deodoran dengan cepat dan membunuh bakteri yang ada pada ketiak yang membantu agar ketiak tetap segar.

Lalu yang membuat alkohol berbahaya adalah jika kamu memiliki kulit yang sensitif, kulit ketiak akan menjadi kering. Ketiak berada di area tubuh yang sering terkena gesekan dengan kulit tubuh dan pakaian, pergesekan itu yang membuat kulit ketiak yang kering akibat penggunaan alkohol menjadi mudah iritasi.

Gunakan deodoran dengan kandungan yang aman untuk kulit yang sensitif agar tidak menjadi iritasi dan kamu tetap dapat menjaga kesehatan kulit ketiakmu.

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!