9 Masker Tomat untuk Berbagai Masalah pada Wajah

Mulai merawat diri dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan yuk

23 Juli 2019

9 Masker Tomat Berbagai Masalah Wajah
Freepik.com

Akhir-akhir ini beberapa wilayah di Indonesia menghadapi masalah polusi udara yang semakin buruk.

Menurut data AirVisual, indeks kadar kebersihan udara di Jakarta berada di peringkat ke 9 dengan kondisi udara yang buruk. Alhasil, banyak permasalahan yang dapat menyerang kesehatan tubuh termasuk wajah.

Selain terpapar sinar matahari, polusi dan kotoran di udara membuat wajah lebih mudah kotor dengan munculnya noda, jerawat, komedo, keriput, hingga perubahan warna kulit.

Untuk menghindari permasalahan kulit yang semakin memburuk, sebaiknya kamu menggunakan masker wajah yang berbahan dasar alami agar kulit menjadi sehat dan bahan-bahannya mudah didapatkan.

Salah satu masker yang dapat membantu kamu untuk mengatasi permasalahan pada kulit adalah masker tomat.

Tomat memiliki kandungan Vitamin C yang tinggi yang sangat baik untuk kesehatan kulit dan perlindungan dari kerusakan akibat sinar matahari dan polusi asap.

Berikut ini, Popmama.com akan memberikan rekomendasi 9 masker tomat yang dapat kamu gunakan untuk mengurangi permasalahan kulit wajahmu!

1. Masker tomat untuk menghilangkan dan bekas jerawat

1. Masker tomat menghilangkan bekas jerawat
Freepik.com

Siapa yang jengkel jika jerawat muncul padahal kita sudah sedemikan rupa untuk merawat kulit?

Namun perlu kamu ketahui bahwa banyak lho faktor yang menyebabkan tumbuhnya jerawat contohnya polusi udara dan kotoran yang menempel di rambut yang mengenai kulit wajah.

Agar jerawat kamu tidak bertumbuh lagi, kamu dapat mencoba menggunakan masker tomat dan daun mint ini.

Caranya mudah, giling beberapa daun mint dan tomat hingga menjadi pasta yang halus. Oleskan pada wajah dan lapiskan berlebih pada bagian yang berjerawat. Biarkan selama 10 menit lalu bilas wajah kamu dengan air bersih.

Dengan kombinasi daun mint yang dibantu dengan tomat dapat menyembuhkan jerawat serta bekas jerawat dengan cepat.

2. Masker tomat untuk mencerahkan wajah

2. Masker tomat mencerahkan wajah
Indiamart.com

Terkena paparan sinar matahari juga mempengaruhi warna kulit wajah, kulit menjadi tampak kotor dan kusam lho.

Selain menggunakan sunblock sebagai perawatan, kamu dapat menggunakan masker tomat dengan campuran bubuk tanah liat dan susu untuk mencerahkan wajah yang kusam akibat sinar matahari.

Cara membuatnya cukup mudah, kamu dapat membeli bubuk tanah liat atau yg disebut dengan multani mitti di toko-toko online. Gunakan 2 sendok bubuk tanah liat yang dicampurkan dengan sari-sari buah tomat yang sudah dihancurkan, dan susu secukupnya.

Campurkan semua bahan hingga menjadi pasta halus, oleskan secara tebal ke bagian kulit wajah dan leher menggunakan kuas. Jika masih tersisa, kamu dapat menggunakannya di tangan. 

Ketiga bahan ini adalah pembersih yang sangat baik untuk membersihkan sel-sel kulit mati dan memutihkan kulit.

3. Masker tomat untuk kulit berminyak

3. Masker tomat kulit berminyak
Freepik.com

Perubahan di lingkungan juga bisa memicu produksi minyak berlebih pada kulit. Saat cuaca sedang terik-teriknya, bisa membuat kulit mudah berkeringat dan berminyak.

Bila minyak berlebih menyumbat ke pori-pori dan menyatu dengan bakteri dapat menyebabkan jerawat dan komedo. Untuk mengurangi permasalahan kulit berminyak kamu dapat menggunakan masker tomat, oatmeal, dan ketimun. 

Cara membuatnya cukup mudah, kamu cukup menyiapkan oatmeal setengah cangkir lalu dihancurkan hingga menjadi bubuk. Tambahkan irisan tomat dan mentimun. Giling mereka menjadi berbentuk pasta halus.

Oleskan pada wajah dan biarkan selama 10 menit. Lalu bilas dengan air bersih.

Oatmeal adalah bahan untuk menyerap minyak pada kulit dan dibantu dengan ketimun dan tomat yang memiliki kandungan air lebih banyak, sehingga membantu melembabkan dengan menghilangkan minyak dari kulit.

4. Masker tomat untuk kulit kering

4. Masker tomat kulit kering
Freepik.com

Bagi pemilik kulit wajah yang kering, paparan suhu udara panas yang mengenai kulit terlalu lama membuat kulit wajah menjadi gatal, pecah-pecah, hingga mudah terkelupas sehingga menjadi tidak nyaman.

Untuk mengurangi permasalahan kulit wajah yang kering, kamu dapat menggunakan masker tomat yang satu ini.

Bahan-bahan yang perlu kamu siapkan adalah tomat, setengah potong buah pisang, dan 1/2 sdm minyak zaitun. Potong buah pisang menjadi beberapa bagian dan masukan kedalam mixer, lalu tambahkan potongan tomat dan 1/2sdm minyak zaitun lalu hancurkan dengan mixer.

Gunakan masker ini 10-15 menit, kemudian bilas dengan air bersih. Bahan-bahan ini khususnya pisang dapat merawat kulit kering dengan baik. Sekaligus melembabkan kulit dan mengurangi efek penuaan pada wajah.

Editors' Picks

5. Masker tomat untuk menyamarkan noda jerawat

5. Masker tomat menyamarkan noda jerawat
Freepik.com

Rasanya menyebalkan jika kita memiliki kulit wajah yang sensitif dan memiliki segudang aktivitas di luar rumah sehingga terkena paparan sinar matahari dan polusi udara yang menyebabkan timbulnya noda-noda bekas jerawat.

Jika kamu merasa hal ini terjadi, kamu dapat menggunakan masker dari tomat, yogurt, dan lemon. Tomat dan yogurt memiliki kandungan mencerahkan wajah yang dapat menghilangkan noda pada wajah dan lemon yang bekerja mengempiskan jerawat.

Caranya mudah, cukup campurkan setengah cangkir yogurt, 1 buah tomat, dan perasan jeruk lemon. Untuk takaran nya kamu dapat sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing wajah. 

Aplikasikan pada wajah, tunggu hingga 15-20 menit lalu kemudian bilas menggunakan air bersih. Selain itu, yogurt juga dapat melembabkan wajah lho.

6. Masker tomat untuk menghilangkan komedo

6. Masker tomat menghilangkan komedo
Freepik.com

Komedo hitam atau blackheads muncul akibat sel kulit mati dan minyak berkumpul dan menyumbat pori-pori. Kemudian komedo berubah warna menjadi hitam karena permukaan pori-pori yang terbuka dan terpapar oleh udara yang kotor.

Komedo hitam ini biasanya menjadi awal terbentuknya jerawat lho! Sebelum menjadi jerawat, kamu dapat menghilangkan komedo hitam pada wajah dengan menggunakan masker tomat dengan gula dan madu.

Kamu dapat mencampurkan 2 sdm gula, 1 sdm madu dan tomat yang setengah matang. Gosok perlahan campuran masker tomat diatas komedo dan biarkan selama 10 menit.

Gula adalah exfoliator yang berperan dalam mengangkat sel-sel kulit mati dan komedo pada kulit, madu akan melembutkan wajah dan tomat yang memiliki sifat antibakteri.

7. Masker tomat untuk membuat kulit glowing

7. Masker tomat membuat kulit glowing
Freepik.com

Ingin memiliki kulit wajah yang glowing seperti artis-artis korea rasanya sulit jika setiap hari kita terkena polusi udara dan lingkungan yang kotor.

Sehingga ketika ingin menghadiri acara-acara besar, kita menggunakan kosmetik yang membuat kulit menjadi lebih glowing.

Namun, keseringan memakai kosmetik membuat kulit menjadi tidak sehat. Sehingga muncul permasalahan kulit lainnya. 

Agar kulit menjadi bercahaya secara alami, kamu hanya perlu menyiapkan buah pepaya, tomat, dan madu saja lho!

Caranya, hancurkan buah pepaya dan ambil 2sdm buahnya. Tambahkan seluruh tomat yang diiris dan 1/2sdm madu. Hancurkan hingga menjadi pasta yang halus. Lalu oleskan pada wajah dan biarkan sekitar 10-15 menit.

Kombinasi pepaya dan tomat dapat mengasilkan kulit bercahaya yang alami untuk kulit, sedangkan madu membuat kulit menjadi lebih lembut, kenyal, dan sehat.

8. Masker tomat untuk kulit yang halus

8. Masker tomat kulit halus
Freepik.com

Memiliki kulit yang halus dan tidak beruntusan membuat kulit wajah menjadi tampak lebih sehat dan membuat kosmetik menjadi lebih menawan.

Agar membuat kulit menjadi halus tanpa bertesktur, kamu dapat membuat masker dengan campuran tomat dan lidah buaya ini!

Yang kamu butuhkan hanya gel dari lidah buaya yang alami, lalu campurkan dengan sari-sari tomat. Gunakan pada wajah dan pijat sekitar 10-15 menit kemudian di bilas dengan air bersih.

Mudah bukan?

Kamu akan mendapatkan kulit yang segar dan lembut!

9. Masker tomat untuk kulit wajah yang terbakar

9. Masker tomat kulit wajah terbakar
Freepik.com

Beberapa orang yang memiliki kulit sensitif mungkin akan mengoleskan sunblock berlapis-lapis pada wajahnya agar kulit wajah tidak terbakar dan kemerahan pada saat melakukan perjalanan liburan. Namun kadang ada beberapa sunblock yang tidak cocok sehingga kulit wajah masih saja kemerahan.

Untuk merawat kulit wajah yang terbakar akibat terkena paparan sinar matahari yang berlebih, kamu cukup menggunakan tomat yang dihancurkan menjadi pasta halus. Lalu oleskan pada bagian wajah dan diamkan selama 10-15 menit kemudian bilas wajah hingga bersih.

Tomat berfungsi baik untuk menghilangkan kulit kemerahan akibat terbakar, kamu dapat mengulangi proses masker ini jika kulit wajah masih kemerahan.

Nah, tadi adalah 9 rekomendasi masker dari tomat yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan pada kulit wajahmu!

Masker tomat apa yang paling kamu sukai? 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!