hanco

9 Tipe Aplikator Maskara yang Perlu Kamu Ketahui

Ketahuilah tipe-tipe aplikator maskara yang sesuai dengan kebutuhanmu

21 Juli 2019

9 Tipe Aplikator Maskara Perlu Kamu Ketahui
Pinterest.com/buzzfeedpartner

Maskara adalah salah satu perlengkapan kosmetik mata yang digunakan untuk meningkatkan bulu mata agar tampak lebih menarik.

Terdapat banyak pilihan maskara sesuai dengan formula dan fungsinya, ada yang membuat bulu mata menjadi lebih hitam, menebalkan, menambah panjang bulu mata, dan atau mempertegas bulu mata.

Formula pada maskara juga di dukung oleh bentuk aplikator atau sikat yang digunakan untuk mengaplikasikan pada bulu mata. Jika kamu sering membeli maskara dengan berbagai merek, apakah kamu lihat perbedaan pada jenis aplikatornya?

Kali ini, Popmama.com akan memberikan informasi mengenai 9 jenis tipe aplikator maskara agar kamu tahu kegunaan dari masing-masing jenis aplikator sehingga tidak salah membeli maskara.

1. Aplikator maskara tipe "Klasik"

1. Aplikator maskara tipe "Klasik"
Selfridges.com

Aplikator maskara tipe klasik atau yang disebut dengan "Classic Comb Like"  ini memiliki ciri bulu-bulu sikat yang halus, biasanya maskara dengan aplikator tipe klasik ini menjadi favorit setiap perempuan yang menggunakan maskara lho!

Jika kamu ingin memiliki bulu mata yang lebih bervolume, dan bulu mata yang tampak berkibar, gaya bulu-bulu aplikator yang seperti ini, memberikan bulu mata mu akan terlihat menjadi lebih tebal.

Bulu aplikator yang klasik ini cocok jika kamu ingin mencoba maskara yang menggumpal pada mata. Ujung-ujung sikat yang runcing membantu kamu untuk mencapai bulu mata yang terkecil pada sudut mata.

Untuk kamu yang memiliki mata sensitif, kamu dapat mencoba tipe maskara dengan bulu-bulu seperti ini.

2. Aplikator maskara tipe "runcing"

2. Aplikator maskara tipe "runcing"
Selfridges.com

Tapered Mascara atau maskara yang mempunyai ujung yang lancip seperti segitiga ini memudahkan kamu untuk menggapai bulu mata yang letaknya dengan inner corner atau ujung dalam bagian mata agar hasilnya tidak akan berantakan.

Pada bagian aplikator yang lebih besar memberikan formula maskara lebih fokus pada bagian luar mata, sehingga membantu kamu untuk menghasilkan gaya cat eye yang lebih dramatis.

Aplikator yang berbentuk seperti sisir ini membantu dalam memisah-misahkan dan menegaskan bulu mata, yang hasilnya akan membuat matamu tampak natural namun tetap terlindungi dengan maskara sepenuhnya namun tidak memberikan volume yang berlebihan.

3. Aplikator maskara tipe "sisir melengkung"

3. Aplikator maskara tipe "sisir melengkung"
Feelunique.com

Apakah kamu memiliki bulu mata yang sangat lurus? jika iya, kamu harus mencoba maskara dengan aplikator tipe curved comb yang bentuknya seperti sisir namun melengkung.

Maskara ini membuat bulu mata menjadi ikal secara natural, dan bentuknya yang seperti sisir mencegah terjadinya maskara yang menggumpal pada bulu mata.

Dengan ujung maskara yang sangat tipis, memudahkan untuk menggapai bulu mata dari akar hingga ujung bulu mata, sehingga membuat ikal bulu mata pada saat kamu menggunakannya. 

Gunakan maskara yang memiliki formula tahan air untuk mencegah bulu mata menjadi turun.

Jika ingin hasil yang tahan lama, sebelum kamu menggunakan maskara, kamu dapat menggunakan jepit bulu mata terlebih dahulu.

4. Aplikator maskara tipe "sisir mikro"

4. Aplikator maskara tipe "sisir mikro"
Selfridges.com

Aplikator maskara dengan sisir mikro dapat membantu kamu menumpuk maskara tanpa membuat maskara menjadi menggumpal.

Ia memiliki sisir yang sangat tipis dan kecil ini akan membuat bulu mata lebih natural, bersih, namun tetap mempertegas tampilan bulu mata.

Kamu dapat menggunakan maskara ini untuk bulu mata bagian atas dan bawah karena, aplikator yang kecil tidak akan membuat maskara berantakan pada kelopak mata dan bulu bagian bawah.

Editors' Picks

5. Aplikator maskara tipe "Jumbo atau Fat"

5. Aplikator maskara tipe "Jumbo atau Fat"
Selfridges.com

Semakin tebal sikat maskara, akan membuat bulu mata menjadi lebih tebal juga lho!

Aplikator yang tebal ini menjaminkan bulu mata yang tebal dan penuh. Terbentuk dari bulu-bulu fiber yang mengisi bulu mata yang tampak jarang-jarang sehingga membuat bulu mata menjadi seperti mata boneka.

Tidak hanya ukurannya yang besar dan tebal, aplikator maskara seperti ini akan memberikan volume bulu mata yang tampak tebal dan lebih serius. 

Namun karena ukurannya, ini akan memakan lebih banyak waktu untuk mengaplikasikan maskara ini pada bulu matamu agar tidak berantakan ke bagian kelopak mata.

6. Aplikator maskara tipe "Hourglass"

6. Aplikator maskara tipe "Hourglass"
Amazon.com

Apakah kamu tahu bahwa ada maskara yang menggunakan aplikator maskara yang berbentuk jam pasir atau hourglass?

Dengan memiliki bulu dengan ujung kanan kiri yang lebih tebal dan bagian tengah yang lebih menipis, tipe bulu aplikator maskara ini meningkatkan volume bulu mata sambil membuatnya tampak lebih penuh.

Selain itu, karena maskara ini menggunakan bulu-bulu fiber yang tipis, membantu mengangkat bulu mata agar memiliki efek seperti menggunakan bulu mata palsu.

Maskara dengan tipe seperti ini cocok untuk kamu yang memiliki bulumata yang tipis dan ingin tampak menjadi lebih tegas dan bervolume seperti menggunakan bulu mata palsu.

7. Aplikator maskara tipe "Kurus"

7. Aplikator maskara tipe "Kurus"
Eyeko.co.uk

Tidak hanya badan saja lho yang kurus, namun aplikator maskara juga bisa kurus juga!

Aplikator maskara tipe skinny memiliki bulu yang lebih sedikit tebal dan penuh dibanding dengan maskara tipe mikro. 

Jika kamu memiliki bulu mata yang sudah tebal dan panjang, kamu tidak perlu khawatir jika ingin mengaplikasikan maskara ini. Karena maskara ini dapat digunakan secara bertumpuk untuk membuat tampilan yang lebih tebal sesuai dengan kebutuhanmu.

Bentuk aplikator dan formula dari maskara ini membantu menciptakan bulu mata dengan tampilan yang halus. Aplikator seperti ini juga membantu kamu untuk mengaplikasikan maskara dari ujung akar hingga ujung bulu mata.

8. Aplikator maskara tipe "Bola"

8. Aplikator maskara tipe "Bola"
Selfridges.com

Jenis sikat maskara tipe bola ini memiliki bentuk yang unik lho! kamu dapat melihat bahwa ujung dari sikat maskara ini berbentuk seperti bola! Ini merupakan salah satu aplikator maskara yang terbaru.

Namun maskara ini menjamin untuk memberikan pelapisan maskara pada bulu matamu. Karena bentuk bola pada bagian ujungnya, sikat seperti ini membantu kamu untuk meratakan pelapisan maskara setiap milimeter bulu mata dari akar hingga ujung.

Konon, aplikator yang berbentuk bola ini menyatukan bulu mata asli yang pendek dapat disatukan agar tampak lebih tebal dan panjang.

9. Aplikator maskara tipe "spiral"

9. Aplikator maskara tipe "spiral"
Feelunique.com

Aplikator yang seperti sisir dengan bentuk spiral ini memberikan bulu mata menjadi tampak bervolume dan ikal secara sempurna.

Jika kamu menggunakan maskara dengan aplikator spiral, kamu dapat menggunakannya sambil memutarkan aplikatornya agar juga mengangkat bulu matamu dengan baik lho!

Maskara dengan aplikator spiral ini cocok digunakan untuk kamu yang memiliki bulu mata yang lurus dan tipis tanpa menghasilkan bulu mata yang menggumpal. 

Nah, tadi adalah 9 tipe aplikator maskara yang membantu kamu dalam pemilihan maskara agar kamu dapat memiliki bulu mata yang lentik seperti menggunakan bulu mata palsu

Kalau kamu lebih pilih menggunakan bulu mata palsu atau dengan mascara? atau keduanya?

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!