9 Tips Belanja Baju Preloved agar Stylish dengan Harga Minimalis

Siapa bilang berpenampilan menarik kini harus mahal?

25 Juli 2021

9 Tips Belanja Baju Preloved agar Stylish Harga Minimalis
Freepik.com

Memiliki gaya berbusana yang stylish dan menarik pasti keinginan setiap perempuan. Namun, kadang keinginan suka tidak sesuai dengan keadaan keuangan kita sehingga kita selalu menggunakan pakaian yang sama dalam setiap momen-momen tertentu. Memang tidak salah memakai pakaian yang sama, namun apakah kamu tidak bosan?

Jika kamu ingin memiliki penampilan yang menarik dengan pengeluaran yang sedikit, cobalah untuk berbelanja di toko pakaian preloved. Beberapa selebgram kini juga sering memakai pakaian preloved lho dan mereka tetap tampil menarik.

Selain memiliki pakaian-pakaian baru, kamu juga menghabiskan uang lebih sedikit daripada belanja di pusat perbelanjaan.

Untuk kamu yang tertarik untuk belanja pakaian preloved atau bingung bagaimana menemukan barang yang tepat, kali ini Popmama.com akan memberikan 9 tips belanja baju preloved agar stylish dengan harga yang minimalis.

1. Menanamkan pola pikir yang tepat

1. Menanamkan pola pikir tepat
Freepik.com

Aturan pertama adalah berbelanja dengan pikiran yang terbuka, mungkin memang sedikit berlebihan. Namun, banyak orang yang menganggap barang-barang bekas yang terdapat di toko pakaian preloved adalah barang curian, menjijikan, yang akhirnya tidak menemukan apapun selama berada disana.

Walaupun kita tidak mengetahui dari mana asal pakaian-pakaian itu, namun banyak solusi yang dapat kita lakukan, seperti mencucinya di laundry agar pakaian menjadi bersih dan seperti baru kembali.

Sebelum berbelanja pakaian preloved, kamu dapat membuat daftar apa saja yang akan kamu mau beli, tetapi jangan terlalu detail seperti “gaun biru semata kaki dengan bahan sutera” karena bisa membuat pilihan menjadi terbatas sekali dan kamu bisa kecewa terhadap pilihan yang beragam selama disana. Catat seperti “gaun semata kaki” sehingga pikiran kamu dapat lebih terbuka.

2. Pergi sesering mungkin ke toko baju preloved

2. Pergi sesering mungkin ke toko baju preloved
Freepik.com

Pergi sesering mungkin terkesan sebagai pemborosan bukan? Sesering mungkin bukan berarti kamu perlu mengunjunginya tiap hari ya!

Namun, toko pakaian preloved menyediakan barang dagangan yang berubah setiap hari. Akan lebih baik jika kamu mengunjunginya saat mereka baru buka, karena kamu dapat berbelanja dengan tenang pada pagi hari dan tentu lebih nyaman tanpa keramaian orang-orang disekitar kamu.

Perlu kamu ingat, toko pakaian preloved terkadang tidak membuka pemesanan pakaian kepada pembelinya dan hanya membawa barang-barang yang sesuai dengan standar yang hanya mereka jual saja. Sehingga, kamu perlu cari tahu beberapa toko tertentu.

3. Cek hingga ke rak paling belakang

3. Cek hingga ke rak paling belakang
Freepik.com

Tidak seperti pusat perbelanjaan, toko pakaian preloved tidak memiliki banyak barang. Beberapa pakaian yang kamu cari mungkin terdapat di rak belakang toko atau dekat dengan ruang ganti.

Barang-barang yang diletakkan di bagian belakang ini yang biasanya barang yang sudah tidak dicari banyak orang atau memiliki harga yang cukup tinggi.

Jika kamu ingin menemukan barang yang kamu sedang cari, sebisa mungkin untuk meluangkan waktu untuk menjelajah setiap rak dan harus teliti setiap melihat barang yang berada disana karena mungkin saja barang yang kamu butuhkan adalah barang yang tidak cocok untuk kebanyakan orang sehingga diletakkan di rak yang belakang.

Jangan lupakan untuk melihat rak di depan ruang ganti, karena biasanya menjadi harta karun untuk barang-barang menarik yang ditemukan oleh orang lain terlebih dahulu tapi tidak jadi dibeli.

Editors' Picks

4. Perhatikan setiap detail pakaian

4. Perhatikan setiap detail pakaian
Unsplash/Priscilla Du Preez

Sebelum kamu memutuskan untuk membeli pakaian di toko pakaian preloved, pastikan terlebih dahulu apakah pada pakaian terdapat noda, benang longgar, kancing hilang, sobek, dan berlubang.

Untuk menghindari keterlambatan dalam membeli, periksa setiap bagian sebelum membelinya, jangan lupa untuk membalikkan pakaian juga untuk penilaian penuh.

Namun, jika pakaian yang kamu suka ternyata terdapat lubang atau noda, kamu bisa mempertimbangkan dengan apakah kamu bisa memperbaikinya dan memikirkan biayanya apakah sepadan dengan harga pakaian tersebut.

Sangat mudah untuk melewatkan lubang atau noda ditengah antusias kegembiraan berbelanja, jadi jangan melewatkan langkah ini sebelum menyesal membeli pakaian ya.

5. Terdapat "kompetisi" saat berbelanja

5. Terdapat "kompetisi" saat berbelanja
Freepik/freephoto

Selain melihat isi dari setiap rak, kamu juga perlu memperhatikan sekelilingmu dan lihat siapa lagi yang berbelanja. Jika kamu melihat seseorang memiliki gaya busana mirip dengan kamu, mereka mungkin akan cenderung ke arah barang yang sama dengan kamu.

Tapi, mengingat kalau di toko pakaian prevoled memiliki barang yang hanya 1 jenis, kamu harus bergerak lebih cepat untuk menghindari persaingan dengan orang tersebut. Kamu juga tidak bisa mengasumsikan meninggalkan barang di rak akan menjamin barang-barang itu akan tetap ada beberapa menit setelah kamu meninggalkannya.

Agar barang yang kamu pilih tidak diambil oleh orang lain, kamu dapat membawa barang yang kamu pilih atau menitipkannya pada karyawan-karyawan toko sehingga orang lain tahu bahwa kamu ingin membeli barang tersebut.

6. Keluarkan jurus tawar menawarmu

6. Keluarkan jurus tawar menawarmu
Freepik.com

Walaupun sudah murah dibanding dari harga di pusat perbelanjaan, namun jika bisa mendapatkan barang lebih murah, kenapa tidak coba menawar? Biasanya di toko-toko pakaian preloved mereka memberikan promo untuk kamu yang membeli barang lebih banyak.

Jika ada cacat, jangan takut untuk menunjukkannya pada penjual dan meminta harga yang lebih rendang. Jika mereka tidak dapat lagi mengubah harga barangnya, mungkin kamu dapat meminta potongan harga lebih ketika kamu menambah dengan barang lain.

Kamu dapat mempertimbangkan harga jika kamu beli pakaian serupa di pusat perbelanjaan dan dengan di toko pakaian preloved agar kamu bisa menentukan harga yang sesuai.

Selalu membawa uang tunai untuk belanja di toko pakaian preloved ya karena tidak semua toko menyediakan mesin debit atau kredit dalam tokonya.

7. Jangan ragu mengecek di rak baju laki-laki dan anak-anak

7. Jangan ragu mengecek rak baju laki-laki anak-anak
Freepik.com

Kalau berbelanja di pusat pertokoan, biasanya kita cenderung tidak melihat ke bagian pakaian laki-laki dan pakaian untuk anak-anak.

Namun, jika kamu sedang berada di toko pakaian preloved, pakaian tidak selalu berada di tempatnya dan penjual cenderung menyembunyikan barang yang tidak sesuai dengan barang jualannya yang lain.

Mungkin jika kamu memberanikan menyusuri ke bagian pakaian laki-laki dan pakaian untuk anak-anak. Kamu dapat menemukan sweater berukuran besar dan berkualitas tinggi di bagian pria.

Jika kamu memiliki badan yang lebih kecil, kamu dapat menemukan baju-baju yang pas dengan badanmu di bagian anak-anak.

Jangan lupa untuk memilih pakaian-pakaian yang juga sesuai dengan gaya berbusanamu.

7. Gunakan pakaian yang nyaman saat hendak belanja

7. Gunakan pakaian nyaman saat hendak belanja
Freepik.com

Belanja di toko pakaian preloved itu seperti olahraga. Dibutuhkan stamina, kesabaran serta kekuatan tubuh bagian atas untuk membawa barang-barang mu. Walaupun terdengar berlebihan, namun kamu dapat menghabiskan waktu berjam-jam sambil membawa barang belanjaanmu.

Agar kamu nyaman, gunakan kaos dengan bahan yang adem, celana jeans, dan tas selempang agar tanganmu tidak kesulitan saat memilih-milih dalam rak. Kamu juga dapat menggunakan sandal atau sepatu yang tidak berat saat diajak berjalan selama berjam-jam.

Dengan kamu menggunakan pakaian yang nyaman, kamu juga dapat mencoba pakaian yang akan kamu beli di ruang ganti dengan mudah dan tidak memakan banyak waktu.

9. Jangan tergiur harga murah

9. Jangan tergiur harga murah
Freepik.com

Walaupun ditawarkan dengan harga yang murah, ditambah dengan berbagai macam merek yang ditawarkan, kamu tidak perlu menghambur-hamburkan banyak uang untuk semua itu.

Hanya membeli barang yang benar-benar kamu sukai dan kamu tahu akan memakainya kapan dan seperti apa.

Kamu akan menemukan pakaian-pakaian yang indah dan unik, tapi jika itu bukan gaya kamu, kamu tidak perlu membelinya karena kamu bisa membeli barang lain yang kamu lebih butuhkan.

Memang butuh waktu untuk memikirkan pakaian yang kamu temukan apakan akan cocok dan akan kamu gunakan, tapi seiring kamu mengetahui kebiasaan kamu berbusana semakin lama kamu akan mengerti pakaian apa yang cocok denganmu.

Memberikan pakaian preloved kesempatan kedua untuk dipakai adalah cara yang bagus untuk menjadi hemat dan bergaya pada saat yang bersamaan lho!

Siapa yang berminat untuk mengunjungi toko pakaian preloved sekarang? Apa temuan favorit Anda?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.