Kulitmu Terlihat Lebih Tua? Ini Dia 7 Cara Ampuh Mencegah Penuaan Dini

Segera atasi penuaan dini pada kulit Mama dengan cara berikut!

1 Juli 2020

Kulitmu Terlihat Lebih Tua Ini Dia 7 Cara Ampuh Mencegah Penuaan Dini
Freepik

Ketika usia Mama mendekati 30 tahun, Mama akan menyadari perubahan besar pada kulit.

Terutama bagi mereka yang kurang menjaga kesehatan kulit. Dengan kehidupan penuh stres seperti sekarang ini, penuaan kulit menjadi salah satu masalah yang harus diperhatikan banyak orang.

Oleh karena itu, baik Mama maupun Papa, ketika mereka menginjak usia 30 tahun, mereka mulai menemukan tanda-tanda penuaan dini seperti kerutan pada kulit.

Berikut Popmama.com telah merangkum beberapa cara paling ampuh untuk mencegah penuaan dini pada kulit Mama dan Papa. Yuk, simak selengkapnya.

1. Buat peregangan pada otot

1. Buat peregangan otot
Freepik

Jika Mama berolahraga secara teratur dan cenderung sangat keras saat berolahraga, itu mungkin akan terlihat kerutan di wajah dan leher Mama.

Cobalah untuk lebih rileks, saat Mama meregangkan rahang dan tenggorokan saat berolahraga dan sering kali memasang tali di area tersebut, itu dapat menarik wajah Mama.

Pastikan Mama diam sebentar untuk memastikan bahwa Mama sedang tidak menegangkan wajah atau leher Mama.

2. Jangan biarkan sinar matahari menembus lapisan kulitmu

2. Jangan biarkan sinar matahari menembus lapisan kulitmu
Freepik/Senivpetro

Tahukah Mama, mengenakan kacamata hitam secara teratur tidak hanya akan melindungi area mata sensitif Mama dari kerusakan akibat sinar matahari, tetapi juga membantu mengurangi garis-garis halus dan kerutan yang dapat terbentuk dari penyipitan.

Dan juga, Mama menghabiskan semua uang itu untuk membeli kacamata dengan desain terbaik, mengapa Mama tidak memamerkannya?

Editors' Picks

3. Konsumsi vitamin yang baik untuk tubuhmu

3. Konsumsi vitamin baik tubuhmu
Freepik/Yuliyafurman

Cara lain untuk meningkatkan rutinitas perawatan kulit anti-penuaan siang hari Mama adalah dengan mengonsumsi suplemen Omega-3.

Asam lemak omega-3 memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat dan sangat efektif untuk perawatan anti-penuaan. Mengonsumsi vitamin minyak ikan juga dapat membantu perawatan kulit Mama.

Dengan mengonsumsi tiga kapsul minyak ikan 500 miligram dua kali sehari dapat membantu kulit Mama tetap kenyal.

4. Jaga jarakmu dari benda yang bersuhu panas

4. Jaga jarakmu dari benda bersuhu panas
Pixabay/Skitterphoto

Tips anti-penuaan siang hari berikutnya adalah menjaga jarak Mama dari pemanas ruangan, perapian, dan pada dasarnya apa pun yang membantu menghangatkan Mama. Duduk dekat pemanas atau perapian memang kedengarannya nyaman ya, Ma.

Tapi ternyata, duduk terlalu dekat dengan pemanas dapat menyebabkan kemerahan pada kulit. Bahkan bisa membuat kerusakan kolagen yang dapat menyebabkan kulit menjadi lebih tipis dan memunculkan kerutan.

5. Perbanyak makan makanan yang mengandung antioksidan

5. Perbanyak makan makanan mengandung antioksidan
Pexels/Phiwat Chungcao

Mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan tinggi ternyata dapat membantu mencegah penuaan dini, menjaga kesehatan kolagen, dan mengurangi peradangan.

Beberapa makanan yang mengandung antioksidan tinggi adalah blueberry, kacang merah, blackberry, dan apel.

6. Tetaplah merasa muda

6. Tetaplah merasa muda
Pexels/Just Name

Untuk semua Mama di luar sana, ingatlah bahwa tidak pernah terlalu dini untuk mulai merawat kulit Mama dengan baik.

Bukan untuk mengatakan bahwa Mama harus mulai menggunakan banyak produk perawatan kulit anti penuaan yang mahal. Mama hanya perlu rajin merawat kulit secara alami.

Biasanya mereka yang memiliki kulit hebat pada usia yang lebih tua berawal dari cara mereka merawat kulit dan tubuh mereka pada usia muda.

Terlalu banyak makan junk food dan tidak konsisten dengan perawatan kulit akan membuat kulit tidak sehat. Sebaiknya kenakan tabir surya, makan sehat dan rawat kulit Mama dengan baik.

7. Angkat sel kulit mati pada wajahmu

7. Angkat sel kulit mati wajahmu
makeuptutorials.com

Lakukan eksfoliasi pada wajah Mama. Eskfoliasi wajah adalah salah satu perawatan wajah yang dilakukan untuk menghilangkan kotoran seperti debu, sisa make-up, dan sel-sel kulit mati pada wajah.

Sel-sel kulit mati yang dibiarkan lama tidak hanya membuat kulit Mama terlihat kusam, tetapi juga mencegah kulit Mama menyerap produk perawatan kulit dengan benar sehingga tidak efektif.

Apa pun jenis produk perawatan kulit yang Mama gunakan, pengelupasan kulit yang lembut adalah kunci untuk mendapatkan hasil maksimal dari produk yang Mama gunakan.

Nah, itulah beberapa cara ampuh mengatasi penuaan dini. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.