Ibu Hamil, Ini Dia 6 Hal yang Wajib Mama Perhatikan Ketika Makeup

Pastikan rutinitas penggunaan makeup yang dijalani aman saat menjalani proses kehamilan, ya!

27 Januari 2020

Ibu Hamil, Ini Dia 6 Hal Wajib Mama Perhatikan Ketika Makeup
momjunction.com

Ibu hamil pakai Make Up - Kita tentu saja sangat memahami bahwa proses kehamilan merupakan momen yang harus diperhatikan dengan seksama demi memastikan keselamatan si Kecil di dalam kandungan sekaligus Mama sendiri.

Dalam perihal ini, Mama juga harus memerhatikan rutinitas penggunaan makeup yang dijalani.

Dilansir dari laman babygaga.com, berikut adalah 6 hal yang wajib Mama perhatikan mengenai penggunaan makeup saat hamil.

1. Memerhatikan kategori produk makeup

1. Memerhatikan kategori produk makeup
Pixabay/aerngaoey

Sebagaimana yang kita ketahui, produk makeup dibuat dari berbagai bahan kimia yang aktif sehingga penggunaan yang tidak sesuai takarannya dapat menyebabkan hal-hal negatif yang tidak diharapkan pada kulit.

Atas dasar hal itulah, produk makeup kemudian diklasifikasikan dalam berbagai kategori yang mengindikasi tingkat bahan-bahan kimia yang terkandung.

Hal ini dijelaskan oleh seorang pakar dermatolog dari Manhattan, Amerika Serikat, bernama Alexiades-Armenakas, MD.

Katanya, “Pemerintah mengategorikan bahan-bahan pada makeup dengan huruf bajad, mulai dari yang paling aman sampai yang seharusnya dihindari dengan segala cara, yaitu A, B, C, D dan X. Umumnya, hanya kategori A dan B yang dianggap aman selama kehamilan.”

Karena itulah, Mama sangat ditekankan untuk mencermati label pada produk makeup untuk mengetahui kategori produk tersebut.

Hal ini merupakan bagian terpenting yang tidak boleh dilupakan saat Mama sedang berbelanja produk makeup saat hamil.

2. Dominasi bahan alami

2. Dominasi bahan alami
Pixabay/sjajolika

Menyambung penjelasan kami sebelumnya di mana produk makeup pada umumnya terdiri dari bahan kimia yang harus dihindari, Mama tentu saja dianjurkan untuk menghindari exposure terlalu berlebihan pada bahan-bahan kimia tersebut.

Selain melakukannya dengan meminimalisir penggunaan makeup secara berlebihan, Mama dapat mengakalinya melalui penggunaan produk makeup yang didominasi bahan-bahan alami sebagaimana banyak produk makeup yang mulai pedulit dan menghadirkannya.

Sebagai contoh, produk kosmetik kebanggaan Kylie Jenner nyatanya menawarkan produk lipstik yang mengandung bahan alami.

Ia adalah Coconut Lip Liner yang didominasi nutrisi Kelapa sehingga teksutrnya sangat lembut dan nyaman untuk kulit bibir.

Baca juga: Pilihan Bahan Alami untuk Membuat Rambutmu Cepat Panjang

3. Utamakan takaran yang ringan

3. Utamakan takaran ringan
Pixabay/lisy_

Berbicara mengenai pemilihan produk makeup yang sebaiknya didominasi bahan alami, kita memang terkadang sulit untuk mendapatkannya di beberapa toko kosmetik. Alhasil, penggunaan produk makeup dengan kategori yang aman menjadi pilihan untuk dilakukan.

Hal tersebut memang dapat dilakukan tetapi Mama tetap harus memahami bahwa takaran yang digunakan pada kulit Mama sebaiknya tidak berlebihan. Mama juga bisa memilih produk dengan fungsi sejenis yang kandungan bahan kimianya sangat ringan.

Sebaga contoh, ketimbang memilih menggunakan foundation, Mama dianjurkan untuk menggunakan BB cream atau CC dream selama hamil.

Sebagaimana dijelaskan pada The Bump, formula pada kedua produk tersebut cenderung ringan dan aman untuk Ibu Hamil.

Bahkan, sebelum penelitian terpercaya dari Environmental Working Group Research menemukan bahwa formula pada kedua produk tersebut hanya memiliki rata-rata 40  bahan kimi ketimbang foundation, councealer dan moisturizing sunscreen yang memiliki 70 bahan.

Baca juga: Foundation Lokal Ini Layak Dipilih untuk Lengkapi Makeup Sempurnamu

Editors' Picks

4. Pemilihan produk yang mudah digunakan

4. Pemilihan produk mudah digunakan
Pixabay/free-photos

Tidak tersangkalkan lagi, proses kehamilan memang memiliki tantangan tersendiri yang harus dihadapi oleh Mama.

Belum lagi, ada banyak sekali yang harus diperhatikan oleh Mama dalam rangka memastikan proses kehamilan berjalan dengan lancar untuk si Kecil di dalam kandungan.

Maka dari itu, terkait penggunaan makeup saat hamil, Mama ditekankan untuk memilih produk makeup yang mudah digunakan.

Sebagai contoh, Kylie’s Yellow Eyeliner yang sengaja dihadirkan dalam bentuk gel sehingga mudah untuk diaplikasikan seketika.

5. Pastikan produk kecantikan tahan lama

5. Pastikan produk kecantikan tahan lama
Pixabay/gromovataya

Tahukah Mama? Salah satu penyebab kulit wajah rentan mengalami berbagai permasalahan kulit adalah kebiasaan mengaplikasikan produk makeup berkali-kali.

Biasanya, kebiasaannya dilakukan karena produk makeup tidak bertahan lama.

Tentu, hal tersebut pada akhirnya menyebabkan exposure yang sangat berlebihan pada kulit. Maka dari itu, Mama wajib memilih produk makeup yang juga tahan lama bentuk matte dengan kandungan bahan kimia yang tidak berlebihan.

6. Bersihkan wajah dengan air bersih

6. Bersihkan wajah air bersih
Pixabay/pexels

Hal terakhir yang tidak boleh Mama lupakan terkait penggunaan makeup adalah membersihkannya setelah selesai agar bahan-bahan kimia yang telah teraplikasikan pada kulit wajah dapat diangkat dan dibersihkan.

Namun, pastikan, proses membersihkan wajah dari produk makeup dilakukan dengan cara menggunakan air bersih ketimbang makeup remover yang bersifat instan. Pasalnya, kulit wajah Mama membutuhkan sentuhan air untuk proses hidrasi.

Hal ini sangat penting untuk para Ibu Hamil karena masa kehamilan meningkatkan potensi masalah kulit seperti kulit kering dan kehilangan elastisitas kulit sehingga dibutuhkan proses hidrasi yang menjadi langkah pengobatan sekaligus pencegahan.

Sekarang, Mama sudah mengetahui hal-hal yang wajib diperhatikan terkait penggunaan makeup saat menjalani proses kehamilan. Have a beauty look, Ma!

Baca juga: 7 Jenis Produk Kecantikan yang Wajib Dihindari Saat Hamil

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!