Tips Hilangkan Warna Kulit Tak Rata akibat Sinar Matahari

Cara hilangkan warna kulit tak rata mudah dan aman dengan bahan alami

12 Juni 2022

Tips Hilangkan Warna Kulit Tak Rata akibat Sinar Matahari
Freepik/valuavitaly

Ketika beraktivitas di bawah sinar matahari biasanya banyak orang yang memiliki garis cokelat atau warna tidak rata yang kita harap bisa kita bersihkan. Namun kita tahu untuk menghilangkan bintik-bintik cokelat pada kulit itu sulit.

Tanning adalah upaya tubuh kamu untuk melindungi diri dari sinar UV matahari. Proses tersebut terjadi ketika melanin, bahan kimia yang bertanggung jawab untuk penggelapan atau penyamaan kulit di keluarkan.

Kulit kamu melepaskan melanin di bawah lapisan permukaan kulit untuk membantu menyerap radiasi UV. Semakin banyak terpapar sinar UV dari matahari atau tanning bed, semakin banyak juga melanin yang dilepaskan dari tubuh, semakin gelap pula kulit.

Warna kulit tak rata ini terkadang memengaruhi penampilan. Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Berikut ulasannya dirangkum Popmama.com.

1. Ternyata tanning juga ada manfaatnya bagi kulit

1. Ternyata tanning juga ada manfaat bagi kulit
Pexels/Elijah O'Donnell

Menurut Dr. Aanchal di akun instagramnya @dr.aanchal.md, kalau kita tidak melakukan tanning, kulit kita akan terbakar. Sebenarnya tanning menjaga kulit kita dari “premature aging”. 

Dia juga menjelaskan bahwa durasi tanning bertahan pada kulit kita tergantung dari seberapa faktor, termasuk seberapa gelapnya tan dan seberapa banyak kita terkena paparan sinar matahari.

"Misalnya saja setelah liburan jika kamu sering berada di dalam ruangan, tan akan menghilang dalam 6-8 minggu”, jelasnya.

Dia juga menambahkan bahwa tan pada tubuh akan memakan waktu yang lama untuk menghilang dari pada tan pada wajah dikarenakan lebih gelap.

Editors' Picks

2. Lakukan eksfoliasi secara rutin

2. Lakukan eksfoliasi secara rutin
Freepik/freepik

Eksfoliasi atau mengangkat sel-sel mati di permukaan dapat membantu mencerahkan warna kulit.

Kamu bisa melakukannya dengan scrub buatan sendiri atau yang dibeli di toko. Namun kamu harus berhati hati untuk menghindari sinar matahari setelah kamu melakukan eksfoliasi.

Sel kulit yang mati bisa membantu melindungi kita dari sinar matahari, setelah kamu melakukan eksfoliasi, bearti kamu lebih rentan terhadap paparan sinar UV dan kerusakan kulit.

3. Gunakan bahan alami untuk meratakan warna kulit

3. Gunakan bahan alami meratakan warna kulit
Freepik/jcomp

Menghilangkan warna kulit yang tak rata bisa menggunakan bahan alami, seperti lidah buaya atau kunyit. 

Selain bermanfaat sebagai anti-inflamasi, menurut penelitian kecil lidah buaya dapat menekan pelepasan melanin dan mengurangi pigmentasi.

Kunyit, bumbu tradisional yang telah digunakan sebagai pencerah kulit ini dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari jika dimasukan ke dalam krim menurut hasil penelitian.

Studi tersebut juga menemukan bahwa kunyit dapat meningkatkan hidrasi kulit dan sebagai minyak pelindung alami.

4. Aplikasikan krim pencerah kulit

4. Aplikasikan krim pencerah kulit
Pixabay/summa

Berbagai macam krim dan perawatan pencerah kulit beredar dipasaran. American Academy of Dermatology merekomendasikan agar kita mencari produk pencerah kulit yang mengandung salah satu bahan berikut ini:

  • Asam glikolat
  • Vitamin C
  • Retinoid (retinol, tretinoin, adapalene gel, atau tazarotene)
  • Asam kojic
  • Asam azelaic

Bebagai bahan aktif ini bisa membantu mencerahkan warna coklat ataupun bintik hitam dengan mengelupas kulit dan mendorong pertumbuhan sel baru.

Beberapa diantaranya juga bisa membantu memperlambat produksi melanin untuk membantu mencegah atau mengurangi bintik hitam.

Gunakanlah hanya satu produk dengan satu bahan aktif ini pada satu waktu untuk mencegah iritasi ataupun efek samping lainnya.

Jika kamu menggunakan bahan yang mengandung asam glikolat, gunakanlah yang kandungannya 6% untuk wajah kamu dan asam glikolat dengan kandungan 12% untuk badan kamu.

Kalau kamu ingin melakukan perawatan di atas, kamu bisa konsultasi terlebih dahulu dengan dokter kulit.

Karena banyak hal dari perawatan ini harus berada di bawah pengawasan dokter kulit. Misalnya saja iritasi atau dermatitis akibat penggunaan konsentrasi yang terlalu tinggi.

Penggunaan produk pencerah kulit yang berlebihan bisa juga menyebabkan atrofi kulit dan bintik hitam permanen atau perubahan pigment pada kulit.

5. Hindari paparan sinar matahari langsung

5. Hindari paparan sinar matahari langsung
Pexels/Emma Bauso

Cara terbaik untuk mencerahkan warna cokelat adalah dengan menghindarinya sejak awal. Jangan terkena sinar marahari secara langsung.

Lindungi kulit  dan cegah hal tersebut dengan pelindung matahari yang tepat. Misalnya saja dengan mengenakan topi, pakaian pelindung matahari, dan tabir surya saat berada di luar.

Tabir surya harus dioleskan kembali setiap dua jam sekali. Selain itu kita juga bisa mencoba pengobatan yang bisa membantu memudarkan kecoklatan di kulit.

Masalah warna kulit tak merata memang hal biasa, apalagi bagi kita yang tinggal di negara tropis.

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk