Jarang Diketahui, Ini Manfaat Perak dan Tembaga Bagi Kesehatan Kulit

Perak dan tembaga bisa buat perawatan kecantikan kulit nih, Ma

16 Januari 2021

Jarang Diketahui, Ini Manfaat Perak Tembaga Bagi Kesehatan Kulit
Freepik/senivpetro

Kulit merupakan bagian organ tubuh yang berada paling luar dan memiliki fungsi yang penting. Oleh karena itu, banyak orang yang menjaga kesehatan kulit.

Sudah tidak jarang orang melakukan perawatan pada kulitnya. Pada umumnya, perawatan kulit menggunakan cara tradisional yang berasal dari sumber alami, seperti buah dan sari bunga. Namun, perawatan menggunakan bahan dari logam, yaitu perak dan tembaga sudah semakin populer.

Perawatan kecantikan menggunakan bahan logam memang aman untuk kulit, namun harganya cenderung lebih mahal dibanding dengan cara tradisional. Perlu Mama ketahui bahwa perak dan tembaga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit.

Jika Mama ingin mengetahui manfaat dari tembaga dan perak untuk kesehatan kulit, kali ini Popmama.com telah merangkumnya.

1. Mengenal perak dan tembaga

1. Mengenal perak tembaga
Freepik/ravitaliy

Jenis logam dan mineral ini tentunya sudah tidak asing lagi untuk didengar. Perak merupakan salah satu logam yang digunakan sebagai aksesoris atau perhiasan untuk memperindah tubuh. Namun, harganya tergolong mahal dan sering bersaing dengan logam mulia emas.

Perak tidak hanya memiliki manfaat sebagai perhiasan, ada banyak manfaat lainnya bagi tubuh. Salah satu manfaat lainnya dari perak yaitu untuk perawatan kesehatan kulit agar selalu sehat.

Sedangkan tembaga merupakan salah satu mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan. Tembaga dapat ditemukan dalam berbagai makanan, seperti gandum utuh, kacang-kacangan, bubuk cokelat, dan tiram.

Tembaga memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, mulai dari kesehatan jantung hingga merawat kulit. Namun, mengonsumsi tembaga secara kelebihan dapat meningkatkan risiko kematian.

2. Perak mampu membersihkan jerawat dan menenangkan kulit

2. Perak mampu membersihkan jerawat menenangkan kulit
Freepik/wayhomestudio

Perak memiliki kandungan yang bagus untuk merawat kulit wajah maupun bagian tubuh lainnya. Perak juga memiliki khasiat, seperti antiseptik, antiinflamasi, dan antimikroba yang aman untuk kulit.

Khasiatnya yang banyak, maka perak sering kali menjadi bahan dasar dari krim dan losion yang berfungsi untuk menghilangkan jerawat dan menenangkan kulit setelah melakukan perawatan facial, serta waxing.

Editors' Picks

3. Perak dapat menghilangkan bakteri pada kulit

3. Perak dapat menghilangkan bakteri kulit
Freepik/vyalovdenis

Perak mengandung biocide yang memiliki fungsi untuk membunuh bakteri pada kulit. Oleh karena itu, perak terkandung pada produk deodoran dan perban.

Perak juga memiliki sifat sebagai anti iritasi yang membuat kulit tidak akan merah dan gatal. Sifat ini yang mengakibatkan perhiasan berbahan perak tidak menimbulkan iritasi pada kulit.

4. Perak membantu regenerasi sel di kulit

4. Perak membantu regenerasi sel kulit
Freepik/benzoix

Ketika sel kulit sedang tidak baik, maka kulit tersebut akan mengelupas dengan sendirinya yang akan menjadi sel kulit mati. Setelah itu, ada regenerasi kulit yang akan membuat sel kulit menjadi bagus dan kembali baik.

Perak memiliki manfaat yang baik untuk memperbaiki sel rusak pada kulit. Hal ini dapat membantu pembentukan jaringan kulit baru menjadi lebih baik.

5. Tembaga dapat membuat kulit menjadi elastis

5. Tembaga dapat membuat kulit menjadi elastis
Freepik/kitthanes

Temabaga berperan penting untuk memproduksi kolagen dan elastis di dalam tubuh menjadi lebih meningkat. Tubuh juga harus mendapat asupan cukup dari tembaga agar dapat memperbaiki dan mengganti kolagen yang rusak.

Perlu Mama ketahui bahwa kolagen yang terdapat di dalam tubuh dapat membuat kulit menjadi lebih kuat dan terstruktur. Sedangkan elastis yang berada di tubuh berfungsi untuk membuat kulit menjadi lebih elastis dari biasanya.

6. Tembaga dapat mengobati permasalahan pada kulit

6. Tembaga dapat mengobati permasalahan kulit
Freepik/kuprevich

Tembaga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kulit, salah satunya yaitu mengobati permasalahan pada kulit tubuh. Ketika kulit memiliki luka atau infeksi tentunya merasa tidak nyaman dan kurang percaya diri untuk dilihat oleh orang lain. Untuk mengatasi kulit yang terdapat luka, bisul, dan infeksi bisa dengan menggunakan bahan dari tembaga yang cukup.

7. Tembaga dapat mencegah penuaan pada kulit

7. Tembaga dapat mencegah penuaan kulit
Freepik/photohobo

Tembaga memiliki sifat antioksidan yang baik bagi kulit dan jika asupan tembaga pada tubuh cukup akan membantu pencegahan penuaan kulit.

Bagi Mama yang sudah berusia di atas 40 tahun akan mengalami penuaan kulit dan tentunya percaya diri dalam tubuh akan semakin berkurang. Namun, jangan khawatir karena tembaga dipercaya dapat mencegah penuaan pada kulit wajah maupun bagian lainnya.

Itu dia beberapa manfaat yang diberikan dari perak dan tembaga. Namun, perlu diingat bahwa pemakaian perak dan tembaga harus dalam jumlah yang cukup ya, Ma. Mama dapat menghentikan perawatan menggunakan perak dan tembaga ketika merasa kulit menjadi iritasi dan merah-merah.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.