Bedah Fashion BTS dalam Permission to Dance bersama Fashion Enthusiast

Kali ini Popmama.com bersama Geofanny Tambunan akan mengulik fashion BTS dalam Permission to Dance

26 Juli 2021

Bedah Fashion BTS dalam Permission to Dance bersama Fashion Enthusiast
Youtube.com/Hybe Labels

Setelah peluncuran album terakhirnya Butter pada bulan lalu di akun Youtubenya, BTS lagi-lagi menghebohkan penggemarnya dengan album terbarunya Permission to Dance pada Jumat (09/07/2021).

Masih berkesinambungan dengan album sebelumnya, dalam lagu BTS yang satu ini mulai beralih ke arah dance casual dengan nuansa menyenangkan. Hal ini menyebabkan perubahan pada fashionnya yang mengarah ke western atau barat. Dengan mengenakan pakaian bergaya koboi yang sempat menjadi tren pada masanya.

“Di setiap video klip K-Pop pasti ada temanya masing-masing. Dengan tema tersebut, fashion dari grupnya akan menyesuaikannya. Kebetulan banget, sepertinya BTS kali ini sedang mengincar pasar Western. Jadi, lebih relate menggunakan pakaian koboi a la Western,” jelas Geofanny selaku fashion enthusiast sekaligus fashion desainer. 

Koboi style sendiri sudah menjadi ciri khas barat pada tahun 80-an dengan kesan kerennya. Hal ini sesuai seperti para member BTS yang terkesan keren saat mengenakan fashion koboinya di dalam lagu terbarunya yaitu Permission to Dance.

Penasaran seperti apa pakaian koboi dari member BTS yang menarik perhatian? 

Yuk, simak wawancara seru Popmama.com dengan Geofanny Tambunan mengenai bedah fashion BTS dalam Permission to Dance. Disimak yuk!

1. BTS kembali meluncurkan karya dengan gaya khas Western

1. BTS kembali meluncurkan karya gaya khas Western
Youtube.com/Hybe Labels

Adanya perubahan lagu demi lagu yang BTS luncurkan di setiap tahunnya, akhir-akhir ini BTS mulai beralih ke arah incaran pasar Western. Hal ini disesuaikan dengan tema yang diangkat dalam pembuatan musik. 

“Emang wave dari BTS ini lagi ke western karena memiliki lebih besar peluang dan tambahan pengikutnya di western,” ujar Giofanny selaku mantan penyanyi cilik. 

Maka dari itu, tidak heran jika kali ini BTS mengambil pakaian koboi dalam pembuatan videonya yang mengikuti pasar pendengarnya.

2. BTS mengenakan 2 looks dalam lagu terbarunya

2. BTS mengenakan 2 looks dalam lagu terbarunya
Youtube.com/Hybe Labels

Tidak heran jika dalam MV K-Pop, membernya mengenakan berbagai macam fashion style. Kali ini BTS mengenakan 2 looks dalam lagu terbarunya. 2 looks tersebut sama-sama dari nuansa western yang bertema koboi. 

“Rata-rata koboi asli di Amerika menggunakan pakaian yang mirip seperti pakaian yang BTS kenakan. Tidak hanya itu, ada sisi kembali ke masa lalu ke sisi retronya,” ujar Giofanny saat diwawancarai oleh Popmama.com.

Look yang pertama mengenakan celana panjang hitam dengan kemejanya. Berbeda dengan look yang kedua “denim on denim” yang mengenakan celana panjang jeans dengan kemeja dan denim pilihannya. 

“Sebenarnya denim itu digunakan para pekerja di sana. Jadi sejarahnya, denim adalah pakaian yang dianggap tidak mudah rusak dan tahan lama untuk digunakan para pekerja di sana,” ujar Giofanny menjelaskan mengenai sejarah denim tersebut.

Keduanya masih sama-sama bertema koboi nih!

3. Inilah 2 member pilihan Geofanny yang paling “Koboi” banget

3. Inilah 2 member pilihan Geofanny paling “Koboi” banget
Youtube.com/Hybe Labels

Dalam MV Permission to Dance BTS terbarunya, Giofanny selaku fashion enthusiast memilih 2 member yang menurut pengamatannya paling koboi banget.

Member yang pertama yaitu Jimin yang menurutnya menggunakan pakaian paling koboi. Hal ini dilihat dari pertama kali Jimin muncul pada MVnya yang mengenakan look pertama.

“Jimin tu yang paling berasa dan berani dalam urusan fashion. Kalau kita lihat dari videonya, Jimin mengenakan pakaian yang lebih kontras daripada member lainnya.” ujar Giofanny saat diwawancarai oleh Popmama.com.

Kali ini, penampilan Jimin mencapai Rp 11,9 juta yang menarik perhatian. Dikatakan kontras karena kemeja yang Jimin kenakan memiliki rumbai-rumbai berwarna putih yang memberikan kesan ramai. Tidak hanya itu, ia juga mengenakan celana panjang hitam model cutbray.

Editors' Picks

Bedah Fashion BTS dalam Permission to Dance bersama Fashion Enthusiast
Youtube.com/Hybe Labels

Member yang kedua yaitu J-Hope yang menurut Giofanny juga menarik perhatian dengan pakaiannya yang di luar biasanya.

“Kalau J-Hope di luar dari biasanya sih, kali ini dia memakai sleeveless shirt dan celana panjang yang menarik perhatian yaitu western-style flared Jeans dari Off-white yang menjadi dalaman dari celana luaran hitamnya. Celananya koboi banget,” ujarnya.

Menurutnya, J-Hope berbeda dari yang biasanya di mana biasanya ia menyukai fashion dengan warna colorful. Kali ini ia tidak mengenakan pakaian yang colorful sehingga berbeda dari biasanya.

4. Super detail! Aksesoris yang digunakan BTS juga totalitas

4. Super detail Aksesoris digunakan BTS juga totalitas
Youtube.com/Hybe Labels

Aksesoris bisa menjadi penambah rasa yang pas pada fashion. Tidak hanya itu, aksesoris juga menjadi salah satu penarik perhatian bagi para penggunanya. 

“Aksesoris sendiri bisa meningkatkan style yang kita raih. Nah, dengan penggunaan aksesoris seperti topi koboi, gelang, dan kalung membuat tren koboi ini menjadi menonjol,” jelas Giofanny.

Sama seperti aksesoris yang dikenakan oleh BTS dalam lagu kali ini dengan bernuansa koboi yang sangat totalitas. 

“Kalungnya sendiri mengambil inspirasi dari koboi yang menyatukan dua tali menjadi satu dengan menambahkan bentuk-bentuk khas koboinya seperti RM,” jelasnya.

5. BTS berhasil memadukan K-Pop style dengan American style

5. BTS berhasil memadukan K-Pop style American style
Youtube.com/Hybe Labels

Penampilan BTS dalam lagu terbarunya memang terlihat lebih banyak nuansa American style-nya. Namun, bukan berarti tidak ada K-Pop style di dalamnya.

“Kalau untuk pakaiannya memang sangat amerika ya. Namun, masih terlihat K-Popnya dari rambutnya member yang diwarnai karena untuk Amerika sendiri jarang memiliki warna rambut yang diwarnai seperti RM dengan warna hijau neon pada look pertama,” ujarnya. 

Tidak hanya itu saja, fashion dari BTS saat di MV Permission to Dance juga menghebohkan penggemarnya karena penampilannya yang dianggap hot atau seksi.

Mulai dari baju tembus pandangnya RM, baju merahnya V yang sangat mencolok, kemeja tanpa lengan yang dikenakan J-Hope, RM yang seksi dengan menggulung kemeja putihnya, dan masih banyak lainnya.

“Penampilan hotnya diambil dari wave western yang memang lebih menggunakan fashion yang santai dan terbuka seperti berlengan pendek atau terlihat belahan dada. Maka, hal ini wajar karena penyesuaian fashion dari budaya barat sendiri,” jelasnya.

Dengan begitu, terlihat sangat jelas adanya perpaduan antara K-Pop dengan western yang berhasil membuat para penggemar terpesona akan penampilannya. 

6. Kesan mengenai look BTS dalam Permission to Dance

6. Kesan mengenai look BTS dalam Permission to Dance
Youtube.com/Hybe Labels

Dengan adanya penampilan baru dari BTS dalam Permission to Dance, membuat para penggemar semakin mengagumi para membernya. Salah satunya seperti Fashion Enthusiast Giofanny yang turut terkesan terhadap penampilan baru BTS dalam Permission to Dance. 

“Seru dan keren karena mereka tuh mengeksplor gaya baru yang selama ini belum pernah mereka coba. Terlebih lagi penggabungan K-Pop dengan Westernnya dapet dan pas banget. Mereka tidak nanggung dan 100% totalitas,” kesannya.

Keren ya!

7. Penampilan BTS bisa dijadikan inspirasi lho!

7. Penampilan BTS bisa dijadikan inspirasi
Youtube.com/Hybe Labels

Penampilan BTS yang satu ini bisa dijadikan inspirasi ketika sedang berpergian bersama teman ataupun keluarga nih! Tentu ada beberapa tips yang harus diperhatikan ketika ingin menjadikan penampilan BTS dalam Permission to Dance ke dunia nyata.

“Penampilan BTS bisa diikuti dalam dunia nyata. Namun, yang paling utama yaitu balik lagi ke penggunaan aksesoris. Kalau hanya menggunakan kemeja dan celana saja ya kelihatan biasa saja. Jadi, harus juga menggunakan aksesorisnya seperti topi koboi, kalungnya, atau sepatu bootsnya,” pesannya. 

Nah, itu dia rangkuman yang telah Popmama.com rangkum mengenai bedah fashion BTS dalam Permission to Dance bersama Fashion Enthusiast

Selain lagunya yang enak, penampilan BTS dalam Permission to Dance kali ini keren sekali ya!

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.