Boneka Barbie Didandani Pengantin Sunda, Ketahui Makna Dibalik Siger

Ini dia makna dibalik tampil cantik sekaligus anggun dengan siger Sunda

31 Juli 2021

Boneka Barbie Didandani Pengantin Sunda, Ketahui Makna Dibalik Siger
Instagram.com/maliqagantari

Mengenakan siger dalam acara akad nikah maupun resepsi menjadi salah satu impian bagi para pengantin yang menikah dengan adat Sunda.

Siger Sunda sendiri adalah mahkota berbahan dasar logam dengan tambahan ornamen yang akan digunakan oleh pengantin perempuan. 

Akhir-akhir ini, sedang heboh mengenai tiktokers yang mendandani boneka Barbie yang seolah-olah menjadi pengantin Sunda. Sebelumnya, memang akun tiktok @maliqagantari sudah mendandani boneka barbie dengan berbagai gaya fashion yang terinspirasi dari fashion para artis. 

Namun, video terbarunya tersebut sedang menjadi trending dengan views 1.6 M pada akun tiktoknya. Hal ini disebabkan karena penampilan boneka Barbie yang sangat sempurna dengan siger Sunda.

Selain memberikan kesan tradisional yang cantik dan anggun, menggunakan siger dalam pernikahan tradisi adat Sunda memiliki filosofi dan makna di balik itu sendiri nih.

Penasaran dengan boneka Barbie yang didandani menjadi pengantin Sunda?

Yuk, simak beberapa rangkuman yang telah Popmama.com rangkum untuk Mama mengenai boneka Barbie yang didandani menjadi pengantin sunda ini. Ada ulasan mengenai makna di balik siger Sunda juga lho, Ma!

Baca sampai habis ya!

1. Siger Sunda berhasil mengubah penampilan boneka Barbie menjadi cantik dan anggun

1. Siger Sunda berhasil mengubah penampilan boneka Barbie menjadi cantik anggun
Instagram.com/maliqagantari

Harta, Tahta, Siger Sunda! 

Tidak hanya perempuan sesungguhnya saja yang bisa mengenakan siger Sunda, boneka Barbie yang satu ini juga bisa mengenakan siger Sunda lho! 

Dilihat dari unggahan postingan di akun tiktoknya pada Senin (26/07/2021), Maliqa Gantari berhasil memasangkan siger Sunda di kepala boneka Barbie tersebut layaknya pengantin perempuan dengan busana yang lengkap. 

Untuk detailnya, siger Sunda yang boneka Barbie kenakan kali ini berwarna emas yang dominan dan sedikit warna silver di bagian depan bawahnya. Selain sigernya, boneka Barbie tersebut juga mengenakan hiasan sanggul lainnya lengkap seperti pengantin perempuan aslinya. 

Mulai dari kembang goyang sejumlah 5 buah yang menghadap depan dan dua buah yang menghadap belakang, kembang goyang yang disematkan pada belakang sanggul seperti kupu-kupu kecil di belakang konde, dan ronce melati berwarna putih yang seakan-akan asli.

Walaupun hanya boneka Barbie saja yang mengenakan siger Sunda tersebut, Perias melakukannya dengan sangat detail hingga look-nya seperti pengantin perempuan yang aslinya ya,  Ma! 

Editors' Picks

2. Selain siger, ini dia transisi boneka Barbie dari dres biasa menjadi pengantin perempuan

2. Selain siger, ini dia transisi boneka Barbie dari dres biasa menjadi pengantin perempuan
Instagram.com/maliqagantari

Boneka Barbie tersebut tidak hanya dikenakan siger Sunda saja, tetapi ia juga diberikan satu setelan pakaian pengantin perempuan pada umumnya. 

Untuk atasannya sendiri,  boneka Barbie dikenakan pakaian baju kebaya berwarna emas ke kuningan yang sangat mempesona. Tidak hanya itu, sang pemiliki boneka Barbie juga membuat kebaya dengan brokat putih yang senada dengan warna ronce melati tersebut. 

Bawahnya, Ia mengenakan boneka Barbie dengan rok panjang bermotif batik yang sangat sesuai dengan warnanya tersebut. Model bawahan yang dibuatnya tidak sembarangan dan memiliki gaya baju yang bagus.

Kain rok panjang yang di dalamnya memiliki belahan di kakinya. Untuk luarannya sendiri, Penghias mengenakan rok panjang yang mengembang dengan motif batik yang sama. 

Perias juga tidak lupa memberikan aksesoris berwarna emas sebagai pelengkap. Contohnya sendiri yaitu kalung, gelang, dan sepatunya high heels berwarna putih yang senada.

Penampilan boneka Barbie yang satu ini berhasil membuat kagum akan parasnya yang anggun layaknya pengantin perempuan asli.

3. Banjir pujian dari viewersnya kepada perias yang mendandani Barbie dengan siger Sunda

3. Banjir pujian dari viewers kepada perias mendandani Barbie siger Sunda
Tiktok.com/maliqagantari

Dengan penampilannya tersebut, kali ini perias berhasil mendapatkan viewers sebesar 1,6M dengan like 240K dan komen 2000an. Tentu, dengan karyanya tersebut memberikan banyak pujian dari para penontonnya. 

Rata-rata pujian yang diberikan kepada perias yaitu mengekspresikan kekagumannya seperti 

“Gila kali ya keren banget,” @shoefiemth

“Kebayang yang bikin sigernya sampe jereng. Bagus banget!” @Puspitatriadi 

“Baru kali ini gue insecure sama Barbie, keren banget!” @tassya 

Seperti yang dikatakan oleh salah satu pengikutnya di kolom komentar yaitu Barbie dengan kearifan budaya lokal ini, memiliki paras yang sangat cantik setelah mengenakan siger Sunda.

Masih banyak lagi pujian yang membanjiri perias yang satu ini nih.

Idenya memang keren sekali ya, Ma!

4. Selain mempercantik, ada makna dibalik menggunakan Siger dalam pernikahan adat Sunda

4. Selain mempercantik, ada makna dibalik menggunakan Siger dalam pernikahan adat Sunda
Instagram.com

Selain boneka Barbie tersebut yang mengenakan siger Sunda, ada banyak sekali artis yang mengenakan mahkota siger Sunda tersebut. Contohnya yaitu Raisa, Nagita, Nia, Syahrini, dan masih banyak lainnya. Tentu, mereka tampil anggun dan cantik dengan siger Sunda tersebut. 

Namun, menggunakan siger Sunda tidak hanya bertujuan untuk mempercantik saja lho! Ternyata, dibalik penggunaan siger Sunda memiliki makna dan filosofinya tersendiri nih. 

Ini dia beberapa filosofi yang Mama harus tau dibalik menggunakan siger Sunda:

  • Dengan menaruhnya di kepala mempelai perempuan, mahkota adat siger Sunda ini memiliki makna yang melambangkan sikap bijaksana, anggun, arif, serta rasa hormat. Di kepala agar menjadi prioritas dalam pernikahannya tersebut.
  • Siger Sunda juga memberikan gambaran atau cerminan kecantikan dan kesempurnaan pada diri mempelai perempuan. 

  • Dilihat dari bentuk segitiga yang menghadap ke atas, ternyata memiliki filosofi di mana ia harus hidup kembali pada yang di Atas (Allah).

Siger Sunda sendiri memiliki berat sekitar 1.5 hingga 2 kg lho, Ma! Jadi, tidak hanya sekedar menjadi hiasan untuk mempercantik saja ya.

5. Tidak hanya Siger saja, ini pelengkap siger untuk pengantin perempuan dalam tradisi Sunda

5. Tidak ha Siger saja, ini pelengkap siger pengantin perempuan dalam tradisi Sunda
Instagram.com/nandaarsynt

Selain siger Sunda, masih banyak lagi yang menghiasi sanggul mempelai wanita. Namun, tidak hanya sebagai hiasan saja ya. Terdapat beberapa makna dibaliknya yang bisa menjadi sebuah harapan di dalam pernikahannya. 

Kembang Tanjung 

Ada riasan kembang tanjung yang menjadi harapan kesetiaan mempelai perempuan kepada laki-lakinya atau pasangannya. Kembang tanjung ini adalah 6 pasang bunga yang ditempel atau disematkan pada belakang sanggul. Bentuknya sendiri seperti bintang yang kecil di belakang konde. Dengan begitu, diharapkan mempelai perempuan bisa setia kepada pasangannya. 

Kembang Goyang

Selanjutnya, ada juga kembang goyang yang menjadi pelengkap siger Sunda. Hampir mirip dengan pengantin perempuan adat Jawa, kembang goyang ini umumnya terdapat 7 buah sunduk bunga yang berada di atas sanggul. Untuk maknanya sendiri berbeda dengan adat jawa. Kembang goyang dari adat Sunda memiliki makna cantik seperti bunga baik di depan maupun di belakang. 

Ronce Untaian Bunga 

Terakhir ada untaian bunga cantik yang menjuntai dari atas kepala hingga menjuntai ke bawah. Biasanya untaian bunga ini memiliki panjang kisaran 20 hingga 30 cm yang disusun dengan bunga yang wangi. Maknanya sendiri dimaknai sebagai kesucian dan kemurnian dari mempelai perempuan dalam pernikahannya. 

Batik Samping Lereng Eneng

Ciri khas dari pernikahan adat Sunda yang lainnya yaitu adanya penggunaan batik samping lereng eneng sebagai bawahannya. Batik khas Sunda ini memiliki motif garis serong dengan makna adanya harapan untuk memiliki masa depan yang baik dan kebahagiaan.

Tidak hanya itu, motifnya juga menjadi harapan adanya kesuburan di dalam pernikahannya. 

Nah, inilah beberapa rangkuman yang telah Popmama.com rangkum untuk Mama mengenai boneka Barbie yang didandani menjadi pengantin sunda dengan makna di balik siger Sunda. 

Cantik dan Anggun ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.