Cara Memilih Sunscreen Powder, Praktis dan Nggak Lengket!

Bentuknya yang compact, tabir surya bubuk mudah digunakan dan ringan di kulit

12 September 2021

Cara Memilih Sunscreen Powder, Praktis Nggak Lengket
Pexels/Alexander Stemplewski

lengket dan tebal saat diaplikasikan ke kulit. Bahkan, beberapa sunscreen memiliki bau yang kuat. Itu biasanya dirasakan bagi para pemilih sunscreen lotion atau krim sesuai dengan kebutuhan dan selera masing-masing. 

Namun, bagaimana dengan orang yang tidak ingin memiliki kulit yang lengket dan tebal setelah menggunakan tabir surya? 

Tenang saja! Sunscreen powder bisa menjadi solusi yang tepat untuk melindungi kulit dari sinar UV matahari tanpa hasil yang lengket dan cocok untuk dipakai seharian. 

Menurut Ellen Marmur MD, dokter kulit yang berbasis di New York City sebagai pendiri Marmur Metamorphosis Skincare bahwa tabir surya bubuk bermanfaat bagi mereka yang memakai riasan di musim panas tetapi tidak menginginkan lotion yang berminyak. 

Itu karena bubuk SPF berperforma tinggi ini lebih memberikan perlindungan matahari tambahan, menyerap minyak berlebih, dan meratakan warna kulit Anda tanpa merasa berat. 

Agar mendapatkan hasil dari tabir surya bubuk secara maksimal, langsung saja simak beberapa tips yang telahPopmama.comrangkum cara memilih sekaligus menggunakan sunscreen powder. 

Simak berikut ini ya!

1. Carilah tabir surya bubuk dengan SPF yang tinggi

1. Carilah tabir surya bubuk SPF tinggi
Pexels/Sunny Skin

Memilih SPF yang tinggi bisa menjadi pilihan yang tepat ketika ingin menggunakan tabir surya bubuk. 

Menurut Craig, tabir surya bubuk memiliki kandungan inhalasi zinc dan titanium dioxide yang berukuran kecil sehingga perlindungan terhadap sinar matahari cenderung minim.

Jika hanya mengaplikasikan sunscreen secara tipis dari tabir surya bubuk, kemungkinan besar hanya sedikit perlindungan yang diberikan. 

Maka dari itu, carilah bedak berspektrum luas yang SPF 30 atau lebih tinggi agar nantinya bisa mendapatkan perlindungan yang lebih maksimal. Tidak hanya itu. Bisa juga memilih sunscreen powder dengan formula mineral.

Artinya, tabir surya bubuk tersebut mengandung titanium dioksida atau seng oksida yang cenderung tidak terlalu mengiritasi bagi kulit yang sensitif.

Editors' Picks

2. Pilihlah tabir surya bubuk yang sesuai dengan jenis kulit

2. Pilihlah tabir surya bubuk sesuai jenis kulit
Pexels/Ismael Millan

Bagi seseorang yang memiliki jenis kulit berminyak atau berjerawat, mengaplikasikan sunscreen powder menjadi pilihan yang tepat. Alasannya karena tabir surya bubuk yang berada di atas kulit bisa mengurangi minyak berlebih. 

Namun, bagi seseorang yang memiliki jenis kulit kering, alangkah lebih baik memilih tabir surya bubuk yang memiliki fungsi untuk menghidrasi. Contohnya seperti kandungan asam hialuronat atau ceramide yang bisa memberikan kelembapan pada kulit wajah. 

Maka, sangat penting untuk memilih sunscreen powder dengan menyesuaikan jenis kulit yang kita miliki.

3. Penting untuk mengaplikasikannya secara rutin

3. Penting mengaplikasikan secara rutin
Pexels/Sunny Skin

Seperti tabir surya pada umumnya, penting untuk menerapkan kembali SPF di setiap dua jamnya. 

Tabir surya bubuk lebih mudah diaplikasikan ke wajah daripada menggunakan tabir surya krim atau lotion karena teksturnya yang kering. Tidak hanya itu, bisa dengan mudah mengaplikasikan riasan wajah setelah menggunakan tabir surya. 

Namun, penting untuk dicatat bahwa sebagian besar tabir surya bubuk tidak tahan air untuk jangka waktu yang lama. 

Maka, pastikan untuk membaca labelnya terlebih dahulu jika berencana menghabiskan waktu di dalam air.

Selain tidak bisa tahan air, mengaplikasikan sunscreen powder dengan satu kali untuk seharian juga tidak bisa bertahan lama. Sebagai solusi, touch-up tabir surya bubuk untuk memaksimalkan fungsinya melindungi dari sinar matahari. 

4. Rekomendasi sunscreen powder yang ringan dengan kandungan physical dan chemical sunscreen

4. Rekomendasi sunscreen powder ringan kandungan physical chemical sunscreen
N'PURE

Salah satu rekomendasi sunscreen powder dengan bahan alami yaitu dari brand lokal N’PURE yang baru saja mengeluarkan produk terbarunya.

Tepat di launching tersebut, N’PURE juga mengadakan IG Live & Shopee Live spesial 9 jam non-stop pada Kamis (09/09/2021) bersama 9 Figures. Diantaranya Molita Lin, Fadil Jaidi, Abel Cantika, Yulia Baltschun, Jennifer Bachdim, Ala Bisyir, Dinar Amanda, Cut Rizki & Funskincare.

N’PURE Cica Beat The Sun Powder merupakan sunscreen inovasi pertama yang dilakukan oleh brand skincare lokal dan memiliki kandungan SPF 30 UVA/UVB.

Hybrid sunscreen powder yang ringan dengan menggabungkan physical sunscreen (Titanium Dioxide) dan chemical sunscreen (Ethylhexyl Salicylate & Ethylhexyl Methoxycinnamate) untuk memberikan perlindungan terhadap sinar matahari UVA/UVB dengan kuas yang nyaman.

Kandungannya sendiri menggunakan bahan-bahan alami seperti Centella Asiatica Leaf Water, Rice Bran Oil & Vitamin E.

Tabir surya bubuk yang satu ini diklaim memberikan perlindungan maksimal untuk kulit, produk ini juga mampu membantu menyerap minyak berlebih, meminimalkan tampilan pori-pori, dan membuat riasan wajah lebih set sekaligus mengurangi kilap. Itu mengapa sunscreen ini direkomendasikan untuk proses re-apply nih.

Harganya sendiri terjangkau dan sesuai dengan kualitas yang ditawarkan. Dengan harga Rp 119.000 yang sedang diskon menjadi Rp 107.100, bisa mendapatkan sunscreen powder berbahan alami. 

Nah, itulah beberapa tips yang telah Popmama.com rangkum mengenai cara memilih sekaligus rekomendasi penggunaan sunscreen powder yang tepat.

Kira-kira, kamu lebih suka mengaplikasikan sunscreen dengan kemasan lotion atau powder nih? Keduanya terdapat kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Pastinya harus disesuaikan dengan kebutuhan dan jenis kulit kamu ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.