TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Hari Batik Nasional 2022, Irwan Tirta Gabungkan Fashion dan Fiksi

Banyak cara untuk memajukan batik Indonesia seperti karya baru “Sakanti Samasta”

30 September 2022

Hari Batik Nasional 2022, Irwan Tirta Gabungkan Fashion Fiksi
Dok. Irwan Tirta Private Collection

Batik merupakan salah satu budaya asli Indonesia yang sudah dikenal sejak lama dan menjadi ciri khas busana tradisional. Dalam perkembangannya, batik mengalami akulturasi dengan budaya lain sehingga terlihat dalam perubahan-perubahan motif dan kegunaannya.

Salah satu wujud keindahan akulturasi budaya di Indonesia tersebut dilahirkan oleh Runway Collection 2023 label Iwan Tirta Private Collection (ITPC). Koleksi tersebut juga berkolaborasi dengan aktris papan atas Adinia Wirasti untuk menggabungkan koleksi fashion dengan cerita dongeng yang mengangkat budaya Indonesia.

“Kami memberikan pengalaman yang unik dalam koleksi fashion kali ini. Sesuai dengan namanya Sakanti yang memiliki arti keindahan dan Samasta yang berarti penyatuan, kami mendeskripsikan inspirasi koleksi runway ITPC “Sakanti Samasta” yang dipresentasikan bersamaan dengan peringatan Hari Batik 2022,” ujar desainer Fashion Iwan Tirta Private Collection Prisma di peluncuran “Sakanti Samasta” di Iwan Tirta Home pada Kamis (29/9/2022).

Untuk selengkapnya, berikut rangkuman yang telah Popmama.com rangkum mengenai karya baru Irwan Tirta Private Collection dalam “Sakanti Samasta”. Simak sampai habis ya! 

1. “Sakanti Samasta” terinspirasi dari akulturasi budaya China, Jepang, dan Belanda

1. “Sakanti Samasta” terinspirasi dari akulturasi budaya China, Jepang, Belanda
Popmama.com/Natalia Adinda

Menurut Head of Creative dan Fashion Designer Iwan Tirta Private Collection Untari, koleksi 'Sakanti Samasta' kali ini terinspirasi dari keindahan akulturasi budaya yang terjadi di daerah pesisir Jawa.

Mereka juga mengangkat tema yang terinspirasi dari akulturasi budaya China, Jepang, dan Belanda. Koleksi tersebut diciptakan untuk para pemimpin yang berjiwa muda.

“Para pemimpin sekarang kan banyak yang muda dan juga berjiwa muda, koleksi ini bisa membuat mereka terlihat berwibawa dan tetap keren. Begitu juga dengan koleksi ladieswear yang tampil dengan pilihan warna berbeda dengan permainan gradasi dan material untuk membatik," ujarnya.

Editors' Picks

2. Koleksi ini juga dipilah dalam tiga tema utama yaitu Qian, Saga, dan Kai

2. Koleksi ini juga dipilah dalam tiga tema utama yaitu Qian, Saga, Kai
Dok. Irwan Tirta Private Collection

Koleksi “Sakanti Samasta” dipilah dalam tiga sequence atau tiga tema utama, yaitu Qian, Saga dan Kai. Sequence Qian bertema peranakan atau akulturasi budaya Cina dengan konsep warna Yin-yang juga diwarnai palet warna yang menjadi simbol kemakmuran pada budaya Cina. 

Dalam sequence ini, motif-motif seperti Liong, Barong, Lokcan, Merak, dan Phoenix ditonjolkan sebagai ikon motif utama. Sequence Saga menampilkan motif-motif batik dengan akulturasi budaya Eropa, khususnya Belanda yang terepresentasi melalui koleksi bernuansa biru, jingga, dan putih. 

Pewarnaan dengan teknik Lasem memberikan kesan akhir yang lebih earthy. Motif batik yang ditampilkan pada sequence ini terinspirasi dari dongeng klasik yang dilengkapi dengan stilasi hewan seperti rusa, merak, dan burung. 

Ikon motif Eropa yaitu Buketan juga dihadirkan dengan motif utamanya yaitu bunga Tulip. Terakhir, sequence Kai mencerminkan akulturasi budaya Jepang tampil dalam variasi koleksi yang sarat akan warna cerah yang mengedepankan penggunaan teknik Coletan. 

Teknik pewarnaan coletan ini memungkinkan untuk dapat menampilkan komposisi warna cerah dan beragam.

Pada beberapa look juga batik ditampilkan dalam pewarnaan gradasi serta teknik patchwork dalam mengaplikasikan elemen Batik pada beberapa looks pada sequence ini.

Ciri khas dari motif sequence yang terinspirasi dari akulturasi budaya Jepang ini terletak pada kombinasi antara kupu-kupu dan bunga sakura.

3. Berkolaborasi dengan Adinia Wirasti menghasilkan dongeng Semesta Sakanti

3. Berkolaborasi Adinia Wirasti menghasilkan dongeng Semesta Sakanti
Popmama.com/Natalia Adinda

Selain itu, ITPC juga memberikan pengalaman unik dalam karyanya. kali ini ia menghadirkan rangkaian koleksi fashion yang digabungkan dengan kisah fiksi selayaknya dongeng yang dikemas bukan hanya dalam bentuk tulisan tetapi dalam format audio. 

ITPC memilih Adinia Wirasti, seorang aktor kebangaan Indonesia yang juga mencintai seni batik dan budaya Indonesia untuk menuliskan cerita dongeng Sakanti Samasta. 

Penggabungan fashion dengan dongeng ini diharapkan agar batik tidak hanya diapresiasi secara visual tetapi juga cerita dan filosofi yang terkandung di dalamnya. Lebih daripada itu, melalui cerita dongeng ini dapat menghibur dan mampu menyampaikan nilai-nilai moral terutama bagi generasi muda.

“Sebenarnya pas pertama kali ditawari, pak Iwan pernah bilang kalau akulturasi budaya itu tidak selamanya merusak. Kalau kita bisa mengadaptasi, menyortir, dan tidak menghilangkan karakter Nusantara sendiri akan menghasilkan sesuatu yang baik,” ujar Adinia.

4. Koleksi ini disesuaikan untuk pakaian perempuan dan laki-laki

4. Koleksi ini disesuaikan pakaian perempuan laki-laki
Popmama.com/Natalia Adinda

Koleksi Sakanti Samasta terdiri dari 20 looks untuk kreasi ladieswear dan menswear. Pada koleksi menswear, penggunaan material fine cotton dan sutra tenun.

Koleksi itu menampilkan style kemeja lengan panjang dan lengan pendek yang menjadi signature Iwan Tirta seperti style overshirt dengan kerah mandarin dan revere, sekaligus bowling shirt.

Ada juga  celana pendek dan bucket hat turut hadir yang memberikan nuansa gaya batik yang modern dan relevan. 

Berbeda pada koleksi ladieswear, beragam gaya outerwear seperti cocktail dress hingga gaun malam yang mewah. Beberapa looks dihadirkan sebagai setelan outerwear dengan cullote.

Menariknya, ada juga outerwear dengan paduan celana pendek dan bucket hat yang santai dan dapat dipadankan dengan sneakers.

Material utama yang digunakan mulai dari fine cotton, sutra tenun, taffeta, dan material transparan seperti organza, chiffon, serta tulle.

5. Cerita dongeng “Sakanti Samakta” dapat dinikmati pada Hari Batik Nasional

5. Cerita dongeng “Sakanti Samakta” dapat dinikmati Hari Batik Nasional
Irwan Tirta Private Collection

Cerita dongeng “Sakanti Samasta” dapat dibaca pada laman Instagram @iwantirta_batik mulai tanggal 2 Oktober 2022. Penikmat dapat didengarkan dalam format audio story telling melalui akun Spotify Iwan Tirta Private Collection mulai tanggal 8 Oktober 2022. 

Seluruh koleksi “Sakanti Samanta” tersedia di gerai-gerai Iwan Tirta Private Collection dan website. Koleksi Sakanti Samasta yang menghadirkan kekayaan motif dan budaya di Indonesia ini juga menjadi cermin pemikiran keterbukaan masyarakat Indonesia terhadap pengaruh eksternal, dengan tetap memprosesnya yang sesuai dengan nilai kearifan lokal.

Nah, itulah rangkuman yang telah Popmama.com rangkum mengenai karya baru Irwan Tirta Private Collection dalam “Sakanti Samasta”. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk