TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

8 Pakaian di Film yang Diangkat Berdasarkan Sejarah Nyata

Ada yang persis dengan pakaian yang aslinya lho!

5 Mei 2022

8 Pakaian Film Diangkat Berdasarkan Sejarah Nyata
Instagram.com/Mulan

Membuat sebuah film tidak hanya memikirkan alur cerita yang menarik saja, perlu juga memikirkan fashion yang dikenakan oleh karakternya. Salah satunya seperti film sejarah yang diangkat berdasarkan kisah nyata. 

Umumnya, film yang diangkat atau terinspirasi dari kisah nyata dan ditampilkan secara serupa. Mulai dari wajahnya, karakternya, riasan wajahnya, hingga pakaian sehari-harinya. Ternyata, ada banyak film sejarah yang diangkat dari kisah nyata yang benar-benar disamakan. 

Penasaran ada film apa saja? Langsung saja simak rangkuman yang telah Popmama.comrangkum mengenai 8 pakaian di film yang diangkat berdasarkan sejarah nyata.

Ada yang sama persis dengan aslinya nih. Simak sampai habis ya!

1. Gaun Cinderella yang terinspirasi dari gaun Perancis abad ke-19

1. Gaun Cinderella terinspirasi dari gaun Perancis abad ke-19
Buzzfeed

Cinderella adalah seorang putri khayalan yang paling digemari kisahnya. Selain kisahnya yang romantis, gaun yang dikenakan oleh Cinderella kerap menarik perhatian publik. 

Ia mengenakan gaun indah dan mewah yang identik dengan warna biru seperti versi Cinderella yang diperankan oleh Lily James. Terlihat ia menggunakan ballgown dengan detail off shoulder yang dirancang oleh desainer kostum pemenang Oscar, Sandy Powell.

Menurutnya, gaun itu terinspirasi dengan gaun pesta dari abad ke-15 dan 19. Tentunya, jika dilihat hasil gaunnya, terlihat juga inspirasi dari gaun asli Cinderella versi kartun Disney.

2. Pakaian perang Mulan yang serupa dengan patung seorang ksatria

2. Pakaian perang Mulan serupa patung seorang ksatria
Buzzfeed

Hua Mulan adalah salah satu wanita paling legendaris di Tiongkok kuno. Tindakan kepahlawanannya pertama kali direkam dalam teks-teks kuno dan diceritakan kembali di dalam puisi terkenal Ballad of Mulan yang dipopulerkan dalam film Walt Disney 1998 Mulan.

Dalam filmnya, ia terlihat menggunakan pakaian perang berwarna merah yang serupa dengan patung seorang ksatria. Secara tradisional, kehidupan Mulan yang asli ditempatkan pada zaman Wei Utara, namun, banyak detail kisahnya ditambahkan pada masa pemerintahan dinasti Tang sekitar 620 Masehi.

Sejarah Mulan muncul karena pada abad ke-4 dan ke-5 Cina menderita di bawah invasi kelompok etnis nomaden. Pemerintah pusat dihancurkan sepenuhnya oleh kelompok “biadab dan mengerikan.

3. Gaun Belle “Beauty and the Beast” terinspirasi dari Perancis tahun 1775

3. Gaun Belle “Beauty and the Beast” terinspirasi dari Perancis tahun 1775
Buzzfeed

Selain cinderella, gaun Belle juga terinspirasi dari Perancis pada tahun 1775. Belle kerap mengenakan gaun legendaris saat ia sedang bekerja sebagai pembantu. 

Tidak hanya saat ia menjadi pembantu saja, gaun yang Belle kenakan saat berdansa juga terinspirasi pada era tersebut. 

Dalam film yang dibuat olehWalt Disney, Bella mengenakan gaun dari rancangan Jacqueline Durran. Gaun dengan palet kuningnya yang khas ini dijahit menggunakan kain organza sutra ringan berwarna kuning.

Gaun yang dulunya terinspirasi dari gaun di perancis pada tahun 1775 itu membutuhkan proses pengerjaan yang cukup lama. Jacqueline mengaku membutuhkan waktu 18 minggu untuk mempersiapkan kostum Belle, mulai dari desain hingga pemilihan kain.

Editors' Picks

4. OOTD “The Personal History of David Copperfield” dengan setelan Victoria

4. OOTD “The Personal History of David Copperfield” setelan Victoria
Buzzfeed

The Personal History of David Copperfield dibintangi oleh Dev Patel, Gwendoline Christie, juga Tilda Swinton. David Copperfield (Dev Patel) adalah seorang pahlawan muda yang dibesarkan oleh perawatnya.

Selain jalan ceritanya yang menarik, penampilan David juga menjadi pusat perhatian para penonton yang terinspirasi dengan setelah Victoria pada zaman dahulu. 

5. Fashion Alex “Dunkirk” yang serupa dengan tentara Inggris pada Perang Dunia II

5. Fashion Alex “Dunkirk” serupa tentara Inggris Perang Dunia II
Buzzfeed

Dalam film “Dunkirk”, Harry Styles berperan sebagai Alex. Demi peran dalam film pertamanya itu, Harry Styles memangkas rambut panjang yang menjadi ciri khasnya selama bersama One Direction. 

Ia memamerkan foto potongan rambutnya pada akun Instagramnya. Hal itu tentu membuat kehebohan di kalangan fansnya. Selain rambutnya, penampilan Alex juga menarik perhatian para penggemarnya. 

Ie mengenakan pakaian tentara berwarna hijau. Pakaiannya itu dibuat serupa dengan tentara Inggris pada Perang Dunia II.

6. Daisy Buchanan “The Great Gatsby” yang sama di gaun tahun 1920-an

6. Daisy Buchanan “The Great Gatsby” sama gaun tahun 1920-an
Buzzfeed

Meskipun Daisy menyebabkan banyak drama, gayanya di layar tidak pernah menyimpang dari feminin, ethereal, dan selalu gemerlap. Ia memasukkan warna-warna pastel seperti plum muda dan merah muda, dan pilih kain feminin seperti renda dan sifon.

Ternyata, gaun indahnya itu sama dengan gaun pada tahun 1920-an. Jika Daisy Buchanan adalah orang sungguhan di New York pada tahun itu, ia akan terlihat seperti yang di potret tersebut.

7. Emma dengan fashion yang serupa dengan gaun pada tahun 1915

7. Emma fashion serupa gaun tahun 1915
Buzzfeed

Film Emma merupakan drama komedi periode Inggris tahun 2020, mengisahkan tentang seorang wanita muda pada Pada tahun 1800-an di Inggris.

Emma Woodhouse adalah tokoh protagonis dan seorang gadis cantik yang bersemangat tinggi, cerdas, dan agak manja berusia dua puluh. Dia tinggal di pemukiman elit desa Highbury, Hartfield, Surrey, dengan ayahnya.

Dalam filmnya itu, ia sempat mengenakan gaun yang indah saat berdansa dengan Mr. Knightley. Gaun itu ternyata dibuat serupa dengan gaun sebelumnya pada tahun 1915.

8. Pakaian Alexander “Hamilton” serupa oleh tokoh politik Amerika 1770-an

8. Pakaian Alexander “Hamilton” serupa oleh tokoh politik Amerika 1770-an
Buzzfeed

Film dari produksi Broadway asli Hamilton menggabungkan elemen terbaik dari teater langsung, film, dan streaming untuk menghadirkan fenomena budaya ke rumah-rumah di seluruh dunia untuk pengalaman sekali seumur hidup yang mendebarkan.

Hamilton adalah kisah Amerika dulu, diceritakan oleh Amerika sekarang. Menampilkan musik yang memadukan hip-hop, jazz, R&B, dan Broadway, Hamilton telah mengambil kisah bapak pendiri Amerika Alexander Hamilton dan menciptakan momen revolusioner dalam teater.

Penampilannya pun serupa dengan tokoh politik Amerika pada tahun 1770-an. Sejalan dengan alurnya yang menggambarkan sebuah musikal yang memiliki pengaruh besar pada budaya, politik, dan pendidikan.

Nah, itulah rangkuman yang telah Popmama.com rangkum mengenai 8 pakaian di film yang diangkat berdasarkan sejarah nyata. Itu mengapa dalam pembuatan film penting untuk mengatur aktornya dengan pakaian seperti apa yang akan digunakan. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk