Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Racikan Skincare Unik yang Viral di Medsos, Kamu Berani Coba?

Sebelum mencoba, ketahuilah efek hingga bahayanya untuk kulit wajahmu!

8 Desember 2022

7 Racikan Skincare Unik Viral Medsos, Kamu Berani Coba
Freepik.com

Memiliki wajah yang glowing dan bersih menjadi impian bagi semua orang terutama para perempuan. Untuk mendapatkannya, tidak sedikit dari mereka yang melakukan perawatan dengan berbagai cara.

Selain perawatan menggunakan skincare yang sudah diracik oleh dokter, tidak sedikit dari mereka yang mencoba mencampurkan bahan-bahan alami dengan sendirinya. Beberapa campuran itu seperti telur, kopi, kunyit, madu, hingga micin Ajinomoto yang viral di berbagai media sosial. 

Berikut Popmama.com rangkum mengenai 7 racikan skincare unik dan viral yang dikenal “Skincare rakyat miskin”. Kira-kira, kamu berani coba nggak nih?

1. Tidak untuk penyedap makanan, micin digunakan untuk perawatan wajah

1. Tidak penyedap makanan, micin digunakan perawatan wajah
TikTok.com/@bindiatamayo6

Racikan skincare yang pertama datang dari pemilik akun @bindiatamayo6 yang meracik skincare dengan bahan yang tidak lazim. Ia menggunakan monosodium Glutamat (MSG) yang dipercaya bisa membantu membuat wajah menjadi glowing seperti layaknya menggunakan skincare bermerek.

Dari video yang diunggah di TikTok, ia mengambil satu sendok micin tersebut untuk dicampurkan dengan air. Selanjutnya, Bindia memasukkan kapas ke air micin tersebut dan langsung ditekan-tekankan ke wajahnya.

"Ini untuk ormis, orang miskin. Yang kaya aku, kaya kalian. Kalau kalian merasa diri kalian ga miskin ga usah pakai. Tapi aku merasa miskin, makannya aku pakai," ujarnya.

2. Selain masker wajah, ada juga yang meracik body lotion dari krem jadul

2. Selain masker wajah, ada juga meracik body lotion dari krem jadul
TikTok.com/@awaaq

Racikan skincare kali ini cocok untuk kamu yang memiliki kulit kering dan ingin melembapkan kulit lebih ekstra lagi. Akun @awaaq membagikan video tutorial cara meraciknya di TikTok. 

Dilihat dari videonya, ia mencampurkan beberapa skincare menjadi satu. Beberapa diantaranya seperti Kelly Cream ½ cup, Vaseline Healthy White 100 ml, Vitamin E (NatureE) sebanyak 2 kapsul, dan Minyak Zaitun 1 sendok teh. 

Pertama, masukkan Kelly cream ke dalam wadah dan di tim hingga teksturnya mencair menggunakan api kecil. Terakhir, diamkan hingga uap panasnya hilang dan campurkan dan aduk bahan lainnya seperti vaseline, minyak zaitun, dan Vit.E hingga merata. 

Editors' Picks

3. Ingin glowing, laki-laki ini campurkan bubuk kopi dan putih telur untuk masker

3. Ingin glowing, laki-laki ini campurkan bubuk kopi putih telur masker
TikTok.com/@badhaliahmad

Racikan skincare yang ketiga datang dari laki-laki pemilik akun @badhaliahmad yang ingin glowing. Ia mencampurkan bahan bubuk kopi dan putih telur untuk dijadikan masker. 

Kedua bahan alami ini dipercaya mampu mengatasi banyak permasalahan wajah yang dimiliki setiap orang. Beberapa manfaat diantaranya seperti bisa mengencangkan pori-pori, mengurangi jerawat, mengurangi produksi minyak berlebih, dan mengencangkan kulit. 

Dari sekian banyak manfaatnya, kamu tetap harus memperhatikan takarannya agar tidak menimbulkan efek buruk. Cukup campurkan 1 sdm kopi yang sudah digiling dan 1 putih telur. Oleskan pada kulit wajah dan diamkan hingga 10-15 menit sebelum dibilas.

4. Selain kopi, laki-laki ini campurkan tepung beras dan susu segar yang jadi masker

4. Selain kopi, laki-laki ini campurkan tepung beras susu segar jadi masker
TikTok.com/@skincate.indo

Selain bubuk kopi, masih banyak cara untuk memperoleh wajah yang glowing. Salah satunya seperti laki-laki yang mencampurkan tepung beras dan susu segar untuk dijadikan masker wajah. 

Tepung beras merupakan salah satu bahan pencerah kulit alami terbaik yang diberikan oleh alam. Selain itu susu juga bisa menjadi sumber protein yang baik untuk mencerahkan dan merawat kulit wajah. 

Dilihat dari videonya, ia mencampurkan 1 sendok makan tepung beras dengan susu cair secukupnya agar membuat bahan jadi lebih kental. Pilih susu cair full cream yang tidak diberi tambahan gula. Kamu juga bisa menambahkan kuning telur dan aduk hingga merata. Terapkan masker pada wajah dan diamkan selama 15 menit. Bilas dengan air dingin hingga bersih.

5. Perempuan ini gunakan putih telur dan tissue untuk menangkat komedo ala orang Korea

5. Perempuan ini gunakan putih telur tissue menangkat komedo ala orang Korea
TikTok.com/@veliaveve_

Lagi-lagi, racikan skincare aneh yang satu ini jadi tren di kalangan anak remaja terutama orang Korea. Tren ini cocok untuk kamu yang memiliki komedo dan ingin dihilangkan dalam sekejap. 

Pemilik akun @veliaveve_ di TikTok ini menggunakan putih telur dan selembar tisu wajah untuk eksperimennya. Ia mengambil 1 lapis tisu untuk mengangkat komedo di wajah dengan putih telur. 

Cara membuatnya, ia memisahkan putih dengan kuning telur terlebih dahulu. Selanjutnya, gunting tisu wajah hingga menjadi 3 bagian memanjang. 

Kemudian ia mengoleskan putih telur dengan kuas atau jari tangan yang bersih di area wajah yang terdapat komedo, misalnya di area hidung, dahi, dan dagu. tempelkan tisu wajah itu dan diamkan selama 10 menit hingga kering lalu angkat serta bilas hingga bersih.

6. Perempuan ini campurkan beras halus dan susu bubuk untuk dijadikan masker

6. Perempuan ini campurkan beras halus susu bubuk dijadikan masker
TikTok.com/@ekkapuspitaa

Racikan skincare unik satu ini cocok untuk kamu yang merasa memiliki kulit wajah kusam. Dengan bahan alami yang instan ini dipercaya bisa menambah kecerahan pada wajah. 

Tidak hanya untuk mengisi perut, beras juga digunakan sebagai racikan skincare seperti yang dilakukan perempuan pemilik akun @ekkapuspitaa di TikTok. 

Pertama, perempuan itu menghaluskan beras dan campur dengan susu bubuk. Ia menambahkan putih telur dan mengaduknya hingga rata dan keduanya menjadi pasta kental. 

Ia juga menambahkan air atau susu agar masker tidak terlalu kental. Langkah selanjutnya, ia mengoleskan racikan itu pada wajah dan leher sampai rata dengan mendiamkannya selama 15 menit dan bilas air dingin.

7. Selain untuk membersihkan gigi, perempuan ini gunakan pasta gigi untuk angkat komedo

7. Selain membersihkan gigi, perempuan ini gunakan pasta gigi angkat komedo
TikTok.com/@dinna_ashari15

Racikan skincare yang terakhir memang menimbulkan banyak pro dan kontra dari publik. Perempuan pemilik akun TikTok @dinna_ashari15 ini menggunakan  pasta gigi dan putih telur untuk mengangkat komedo.

Pada umumnya, pasta gigi dianggap ampuh untuk membersihkan komedo karena di dalamnya terkandung baking soda, yaitu bahan alami yang mampu mengangkat komedo membandel. Baking soda pada pasta gigi diklaim mampu mengeringkan komedo, membunuh bakteri, dan mengecilkan pori-pori yang tersumbat.

Caranya, perempuan ini mengoleskan pasta gigi tersebut lalu ditambahkan putih telur pada bagian yang banyak komedonya. Ia juga menempelkan 1 lembar tissue untuk mengangkat komedonya. Jika ingin mencobanya, kamu masih harus mempertimbangkan penggunaan pasta gigi untuk wajah karena bisa menimbulkan efek yang lainnya. 

Nah, itulah rangkuman yang telah Popmama.com rangkum mengenai 7 racikan skincare unik dan viral. Sebelum mencoba, pastikan kamu sudah mengetahui efek hingga bahayanya seperti yang dikatakan oleh beberapa dokter ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk