Hidup Tanpa Makeup, Inilah Rahasia Kecantikan Alami a la Alicia Keys

Beberapa tips rahasia kecantikan a la Alicia Keys bisa dijadikan inspirasi nih!

10 Agustus 2021

Hidup Tanpa Makeup, Inilah Rahasia Kecantikan Alami a la Alicia Keys
Instagram.com/aliciakeys

Penyanyi R&B yang dikenal dengan suara emasnya Alicia Augello-Cook Dean kerap kali tampil dengan wajah polosnya tanpa menggunakan riasan. Penyanyi If I Ain't’ Got You dengan nama panggung Alicia Keys tersebut tetap berhasil tampil segar, sehat, dan berkilau walaupun alami tanpa makeup. 

Hal ini diakui oleh Alicia bahwa dirinya sudah mulai berhenti menggunakan makeup sejak tahun 2016. Hal ini disebabkan karena dirinya telah menyadari bahwa penggunaan makeup bisa membuat dirinya kecanduan. Akibatnya, ia merasa tidak nyaman dan tidak percaya diri ketika tidak menggunakan riasan wajah saat tampil atau melakukan pemotretan.

Maka dari itu, ia merasa bahwa dirinya harus memiliki batasan pada dirinya agar tidak ketergantungan. Dengan langkahnya tersebut, Alicia berharap bisa menjadi inspirasi bagi para perempuan agar lebih berani mencintai diri apa adanya. 

Bahkan, dirinya membuat produk kecantikan Keys Soulcare yang menjadi jawaban atas keresahannya selama ini. Tujuan untuk meluncurkan produk tersebut adalah agar bisa mengingat kepada diri sendiri betapa luar biasanya sehingga harus melakukan perawatan demi tubuh dan kulit yang sehat.

Untuk menjawabnya, Alicia juga membuat sebuah video yang diunggah ke akun youtube pribadinya mengenai rahasia perawatan kulitnya loh!

Apa saja rahasia kecantikan alami a la Alicia Keys yang bisa dijadikan inspirasi? 

Yuk, langsung saja simak beberapa rangkuman yang telah Popmama.com rangkum agar bisa tetap memiliki wajah yang sehat dan percaya diri tanpa riasan wajah seperti Alicia Keys. 

Simak ya!

1. Dijuluki Queen of no makeup dengan berkampanye #NoMakeup pada tahun 2016

1. Dijuluki Queen of no makeup berkampanye NoMakeup tahun 2016
Instagram.com/aliciakeys

Berawal dari tahun 2016, Alicia Keys memberikan kejutan para penggemarnya. Di mana ia mulai berkampanye di media sosialnya dengan hastag #NoMakeup yang diartikan sebagai kebebasan dan keberdayaan.

Di mana Alicia merasa harus membatasi dirinya dengan tidak menggunakan riasan untuk mengatasi kecanduannya terhadap makeup. Empat tahun setelah dari 2016, sempat beberapa kali Alicia menggunakan riasan wajah hanya ketika dirinya menginginkannya. 

Dengan julukan "Queen Of No Makeup" ini membuat dirinya terbiasa dan bahkan lebih mencintai dirinya apa adanya. Rasa nyaman yang ia rasakan membuat dirinya cukup kuat dari penyesuaian terhadap para penggemarnya yang belum tentu semuanya bisa menerima dirinya.

Bahkan, dirinya sempat menuliskan sebuah lagu When a Girl Can’t Be Herself yang menceritakan keputusan dirinya untuk tidak merias diri dan tidak lagi menutupi dirinya dengan makeup. Tidak hanya itu, dari lagunya tersebut Alicia ingin menutupi pikiran, mimpi, dan jiwanya dari orang lain. 

Dengan ini, Alicia mengharuskan dirinya untuk melakukan perawatan wajahnya yang menjadi senjata untuk penampilannya. Dirinya ingin memperlihatkan kulit wajah sehatnya yang menjadi pusat perhatian saat tampil di hadapan para penontonnya.

Bagaimana perawatan kulit a la Alicia Keys?

Tetap simak selanjutnya ya!

2. Luangkan waktu untuk rutin memperhatikan kebersihan wajah dan kesehatan wajah

2. Luangkan waktu rutin memperhatikan kebersihan wajah kesehatan wajah
Instagram.com/aliciakeys

Memiliki kulit wajah yang sehat menjadi dambaan semua perempuan. Seperti kulit wajah dari penyanyi Alicia Keys yang tetap mulus dan segar walaupun tanpa riasan wajah. 

Ternyata, semua ini ada rahasia dibaliknya lho! Rahasia kecantikan alaminya yaitu dengan memperhatikan kebersihan wajah dan kesehatan wajahnya. 

Seperti yang dikatakan oleh Alicia melalui video di Youtubenya yang mendemonstrasikan seluruh rutinitas perawatan kulitnya.

Adapun beberapa langkah-langkahnya yakni:

  • Membersihkan wajah dengan handuk lembut yang dibasahi oleh air hangat terlebih dahulu. Tidak lupa juga untuk menggunakan sabun muka agar mengangkat semua kotoran yang ada pada wajahnya.
  • Menggunakan toner yang diaplikasikan ke seluruh wajah. Tonernya sendiri mengandung madu dan minyak tea tree yang berfungsi mencegah adanya jerawat yang muncul. Alicia pun mengakui bahwa dirinya masih berjuang melawan jerawat karena kulitnya sering kali bermasalah akan jerawat-jerawat yang muncul.

  • Menggunakan obat jerawat dengan kandungan dasar sulfur untuk membantu mengobati jerawatnya.

  • Menggunakan pelembab dengan kandungan madu atau aloe vera gel untuk wajah serta bibirnya. Fungsi dari madu sendiri untuk menghidrasi kulitnya agar tetap terjaga kualitas kelembabannya sedangkan fungsi dari aloe vera sendiri untuk meredakan peradangan dengan efek soothing.

  • Menyemprotkan air aromaterapi yang mengandung mawar ke arah tubuh dan wajahnya. Ia juga tidak lupa mencampurkan minyak esensial mawar dengan air aromaterapi yang dioleskan pada wajahnya. 

  • Melakukan DIY Exfoliating mask agar mendapatkan wajah yang sehat. Alicia melakukan rutinitas tersebut dengan tujuan untuk mengangkat sel kulit mati pada wajah. 

Dengan langkah ini, Alicia bisa mendapatkan kulit yang sehat dengan rutin membersihkan wajahnya.

Editors' Picks

3. Selain membersihkan wajah, Alicia juga rutin merawat kulit wajahnya

3. Selain membersihkan wajah, Alicia juga rutin merawat kulit wajahnya
Instagram.com/aliciakeys

Kalau tadi sudah membersihkan wajah, kali ini Alicia juga rutin merawat kulit wajahnya agar terhindar dari kerusakan yang tidak diinginkan. 

Seperti yang dikatakan oleh makeup artist Alicia yang bernama Dotty, bahwa sang no makeup ini memiliki ritual kecantikan alaminya dengan melakukan perawatan seperti:

- Menggunakan masker mentimun dan minyak jojoba secara rutin. 

Alicia mengaplikasikan parutan timun sebagai masker wajah untuk membantu menyerap panas dan membawa darah ke permukaan. Tidak hanya mentimun saja, kerap kali ia menggunakan minyak jojoba untuk melembabkan kulitnya.

-  Melakukan perawatan wajah dengan roller pemijat 

Trik unik yang satu ini Dotty berikan kepada Alicia yaitu dengan melibatkan es batu. Ia mencelupkan roller pemijat wajah ke dalam air yang telah didinginkan oleh es batu tersebut. Lalu, Dotty mengusapkan ke permukaan kulit wajah Alicia untuk memperlancar aliran darah yang nantinya membawa energi ke permukaan kulitnya. Unik ya!

- Rutin melakukan perawatan wajah dengan facial

Walaupun tidak menggunakan riasan wajah, perawatan yang satu ini tetap harus Alicia lakukan agar mencegah terjadinya kerusakan kulit yang nantinya bisa menghambat kesehatan kulitnya. Maka dari itu, ia juga rutin melakukan perawatan facial agar mendapatkan wajah yang bersih dan sehat.

- Menggunakan produk perawatan yang mengandung air

Kandungan air bisa memberikan penampilan wajah yang berkilau dan tidak kusam. Bahkan ia menghindari produk perawatan kulit yang berjenis krim atau mengandung banyak susu.

4. Gaya hidup sehat menjadi hal yang utama dalam hidupnya

4. Gaya hidup sehat menjadi hal utama dalam hidupnya
Instagram.com/aliciakeys

Tidak hanya melakukan perawatan dari luar saja, Alicia juga melakukan perawatan untuk dalam dirinya seperti:

- Meditasi menjadi hal yang utama dalam hidupnya

Sebelum beraktivitas, Alicia selalu meluangkan waktunya di pagi hari selama 30 menit. Ia juga tidak lupa untuk melatih konsentrasi dan pernafasannya yang dibantu dengan lilin aromaterapi. Baginya, meditasi menjadi latihan terbaik untuk memulai hari. Bahkan, dengan meditasi bisa membuat dirinya memiliki perasaan atau keinginan yang baik untuk menjalankan aktivitas sehari-harinya.

- Olahraga ringan juga menjadi aktivitas Alicia di dalam kesehariannya

Selain meluangkan waktu untuk bermeditasi, Alicia juga menyempatkan dirinya untuk melakukan olahraga yang ringan. Olahraga ringan yang dimaksud adalah seperti stretching atau jogging di sekitar area rumahnya. Olahraga juga bisa membuat kulit tubuh dan wajah terlihat sehat lho. Tentu, harus dilakukan secara rutin ya!

- Minum air putih secara rutin sebelum menggunakan skincare

Sebelum Alicia menggunakan produk perawatan wajah apapun, dirinya selalu mengutamakan minum air putih terlebih dahulu. Hal ini dilakukan karena mengonsumsi air putih secara rutin bisa membuat kondisi kulit menjadi lebih sehat dari dalam. Bahkan, sering kali Alicia membuat infuse water dengan aneka buah yang direndam semalaman. Seger sekali nih!

- Melakukan diet makan sehat untuk tubuh dan kulit yang sehat

Memilih makanan yang berkhasiat juga menjadi salah satu hal utama dalam hidupnya. Alicia selalu memperhatikan makanan yang ia konsumsi. Alasannya karena kulit yang sehat bisa dibangun dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi.

5. Rutin menggunakan sunscreen saat pergi ke luar rumah

5. Rutin menggunakan sunscreen saat pergi ke luar rumah
Instagram.com/aliciakeys

Kebiasaan yang satu ini sering kali dilupakan oleh kebanyakan perempuan lainnya. Padahal rahasia kecantikan alami Alicia Keys yang satu ini sangat manjur ketika ingin memiliki wajah yang sehat.

Tidak lupa untuk menggunakan sunscreen yang memiliki kandungan SPF 45% setiap kali dirinya ingin pergi keluar rumah. Hal ini dilakukan agar terhindar dari paparan UVA dan UVB yang bisa menyebabkan penuaan dini yang nantinya bisa membuat kulit terlihat kusam.

Lakukan tips kecantikan alami a la Alicia Keys yang satu ini jika ingin memiliki kulit wajah yang sehat dan awet muda

6. Ritual minum teh sebelum tidur untuk menenangkan pikirannya

6. Ritual minum teh sebelum tidur menenangkan pikirannya
Instagram.com/aliciakeys

Tidak hanya melakukan perawatan dari luar saja, dalam diri juga harus diperhatikan agar memiliki kulit yang sehat. Salah satu contoh ritual malam yang dilakukan Alicia adalah dengan membuat teh Earl Grey dengan krimer dari susu kacang almond kesukaannya. 

Hal ini dilakukan agar dirinya bisa merasakan ketenangan setelah lelah beraktivitas seharian. Alasannya yakni karena dengan pikiran yang tenang otomatis akan ada tubuh dan kulit yang juga sehat. 

Nah, itulah beberapa rangkuman yang telah Popmama.com rangkum agar bisa tetap memiliki wajah yang sehat dan percaya diri tanpa riasan wajah seperti Alicia Keys. 

Pastikan sudah melakukannya secara rutin ya.

Selamat mencoba!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.