7 Fashion Items yang Sebaiknya Dihindari Saat Hamil

Jangan sampai ingin bergaya tapi malah bahaya ya, Ma

23 Februari 2020

7 Fashion Items Sebaik Dihindari Saat Hamil
Pxhere/CC0 Public Domain

Ketika perempuan hamil bentuk tubuh akan mengalami berbagai perubahan, hal inilah yang terkadang membuat kamu jadi kurang percaya diri dan nggak nyaman dalam berbusana.

Jangan sampai hanya karena suka model atau warnanya, Mama tertarik untuk membelinya namun ternyata tak bisa dipakai.

Pasalnya, nggak semua fashion item cocok dikenakan Mama saat sedang berbadan dua lho.

Lantas bagaimana solusinya?

Nah, untuk menghindari hal-hal tersebut Popmama.com akan memberikan panduan mengenai fashion item apa saja yang sebaiknya dihindari saat sedang hamil agar Mama tetap terlihat nyaman dan stylish. Check ‘em out!

1. Faux fur jacket

1. Faux fur jacket
hm.com

Tak salah memang bila memakai faux fur jacketdapat memberikan penampilan terlihat glam dan berkelas, makanya nggak heran kalau fashion item ini menjadi favorit para pecinta mode.

Namun untuk Mama yang sedang hamil, saybig no no for faux fur jacket! Selain akan menambah kesan lebih “besar”, sebenarnya faux fur jacket juga lebih tepat bila dikenakan di negara yang terdapat musim dingin.

Bukan nggak boleh lho Ma, menggunakan faux fur jacket di Negara tropis seperti Indonesia.

Tapi sebaiknya hindari fashion item ini ketika hamil, selain menambah kesan lebih besar dan bulky pada penampilan. Mama pun akan merasa tidak nyaman memakainya karena gerah.

2. Bodycon dress

2. Bodycon dress
herveleger.com

Seiring dengan bertambahnya usia kehamilan, bentuk perut Mama pun bertambah besar. Dengan demikian, sebaiknya Mama lebih cermat dalam memilih baju.

Hindari memakai bodycon dress yang terlalu ketat, karena selain nggak nyaman dipandang dapat menghambat aliran darah khususnya pada bagian perut. Kasihan kan Ma, si Kecil juga jadi susah bergerak di dalam perut.

Selain itu, hindari juga memakai baju hamil dengan model asimetri yang pendek di bagian depan karena perut yang membesar akan mengangkat baju bila Mama sedangn berjalan.

Baiknya, Mama selalu coba terlebih dahulu ya apakah pas untuk dikenakan.

3. High Heels

3. High Heels
row.jimmychoo.com

Banyak Mama yang tetap memaksa mengenakan high heelsselama kehamilan dengan alasan agar tetap terlihat menawan dan menambah kepercayaan diri.

Namun, bahaya lho Ma memakai sepatu dengan hak yang tinggi saat hamil. Penggunaan high heels akan memengaruhi postur tubuh, akibatnya punggung melengkung ke depan yang membuat posisi tubuh kurang nyaman ketika berjalan.

Selain itu, pemakaian high heels yang terlalu lama akan menyebabkan kaki bengkak dan timbulnya varises karena beban tubuh menumpuk hanya pada bagian depan sehingga titik ini harus menopang tubuh yang semakin berat.

Saat hamil, Mama sebaiknya menggunakan flat shoes saja ya, agar Mama merasa nyaman dan ini juga lebih aman ketimbang menggunakan high heels.

Editors' Picks

4. Skinny pants

4. Skinny pants
windsorstore.com

Saat hamil jangan memakai skinny pants atau celana yang sempit dan terlalu ketat. Hal ini dilakukan, agar perut Mama tidak mengalami tekanan dan sesak napas.

Bila Mama merasa lebih nyaman mengenakan celana dibandingkan rok atau dress, pilihlah celana khusus hamil. Selain sudah tentu membuat nyaman, Mama pun bebas bergerak.

Selain skinny pants, Mama juga sebaiknya menghindari memakai stocking karena dapat mengganggu aliran darah yang nantinya dapat menyebabkan varises pada bagian paha ke bawah.

5. Bra yang salah

5. Bra salah
nursingangel.com.au

Ketika hamil tak hanya perut yang “gendut”, tapi juga perubahan payudara yang membesar.

Jadi, Mama disarankan untuk nggak lagi menggunakan bra saat kamu belum hamil dan ganti bra kamu dengan maternity bra

Bagi ibu hamil, sangat penting tetap merasa nyaman dalam berpenampilan salah satunya dengan memilih bra yang tepat.

Biasakan untuk mencoba terlebih dahulu sebelum membeli ya Ma, soalnya ketika hamil ukuran bra akan bertambah 1-2 nomor di atas ukuran yang bisa dikenakan.

Bra yang dikenakan juga harus dapat membantu menahan payudara tanpa menekan bagian puting, serta pilih tali bra yang lebar sehingga tidak menyakiti bahu.

Perhatikan juga material bra, pilih bahan bra dari katun lembut yang menyerap keringat yang membuat Mama senantiasa bebas bergerak.  

6. Cincin

6. Cincin
thehealthsite.com

Sebaiknya saat hamil sudah semakin membesar hindari memakai aksesori yang berlebih khususnya cincin, karena jari-jari tangan Mama saat hamil mengalami pembengkakan yang disebabkan oleh penumpukan cairan pada bagian tubuh.

Sering kali ibu hamil yang memakai cincin, ketika memasuki usia kehamilan 34 minggu akan mengalami kesulitan untuk melepaskan cincin tersebut dari jari tangan akibat jari yang tambah membengkak.

Selain itu, bila Mama memakai cincin akan membuat jari tangan sulit bergerak  dengan bebas karena tekanan akibat pemakaian cincin tersebut.

Tipsnya, bila sudah memasuki trimester kedua kehamilan sebaiknya cincin pernikahan dilepas saja ya Ma.

7. Choker necklace

7. Choker necklace
blingjewelry.com

Memang tak ada salahnya jika ibu hamil ingin tetap terlihat stylish dan menawan, namun sebaiknya bila Mama mau menggunakan aksesori berupa kalung hindari memakai jenis choker.

Modelnya yang terlalu mencekik, akan menghambat aliran darah pada leher. Umumnya saat hamil juga, bagian leher juga akan mengalami pembengkakan.

Agar tetap merasa nyaman, sebaiknya benar-benar memilih aksesori yang pas dikenakan untuk menunjang penampilan Mama.

Tapi ingat tak perlu berlebihan, kuncinya harus tetap nyaman saat dikenakan dan nggak mengganggu kesehatan janin dalam kandungan.

Itulah beberapa item fashion yang sebaiknya Mama batasi penggunaannya saat hamil.

Ingat Ma, buat apa tampil menarik dihadapan banyak orang tapi Mama nggak nyaman menggunakan item fashion tersebut karena kondisi Mama yang sedang hamil.

Selalu sehat ya Ma!

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.