5 Cara Membuat Bibir Lembap dan Tampak Merah Merona

Yuk, jaga kesehatan bibir agar selalu lembap dan merona

31 Juli 2021

5 Cara Membuat Bibir Lembap Tampak Merah Merona
Pexels/EKATERINA BOLOVTSOVA

Bibir adalah bagian tubuh dengan lapisan kulit sangat tipis, sensitif, dan tidak memiliki mekanisme perlindungan alami seperti kelenjar keringat atau minyak. Hal ini yang membuat bibir menjadi mudah kering, pecah-pecah, dan menggelap.

Ketika sudah begini, banyak orang beranggapan bahwa lip balm merupakan solusi tepat untuk mengembalikan kelembapan bibir. Namun ternyata, lip balm hanya mampu mengunci kelembapan lapisan terluar bibir tanpa menghidrasi seutuhnya, artinya lip balm bersifat sementara.

Selain merawat kulit wajah, bibir pun perlu mendapat perawatan agar tetap lembap dan merah merona.

Lantas, bagaimana perawatan bibir yang baik dan benar? Yuk, simak informasi yang sudah Popmama.com rangkum berikut ini.

1. Lakukan eksfoliasi bibir

1. Lakukan eksfoliasi bibir
Freepik/Racool_studio

Tak hanya wajah, bibir pun perlu dilakukan eksfoliasi guna mencerahkan warna bibir menjadi merah merona. Mengapa dapat mencerahkan? Sebab metode ini mampu mengangkat kulit bibir menjadi lebih segar dan lembap.

Tak hanya itu, melakukan eksfoliasi pada bibir juga dapat meningkatkan aliran darah menuju bibir agar membuatnya tampak lebih kenyal dan lebih sehat.

Editors' Picks

2. Menggunakan lip mask

2. Menggunakan lip mask
Pexels/monstera

Penggunaan lip balm memang hanya mengunci kelembapan bagian luar, tetapi kamu bisa menggunakan lip mask atau masker bibir untuk membantu memberikan kelembapan dan bibir menjadi lebih sehat.

Salah satu jenis lip mask yang bisa digunakan ialah lip mask terbaru keluaran CHOOSY. Rafina selaku Brand Executive CHOOSY Indonesia menyebutkan, "Hadirnya CHOOSY di Indonesia untuk memenuhi keinginan para wanita yang menginginkan memiliki bibir lembap dan sehat, sekaligus mencerahkan rona bibir, menyamarkan garis halus pada bibir serta menghidrasi dan menutrisi bibir menjadi lebih sehat."

CHOOSYlipmask terbuat dari bahan hydrogel atau beauty essence yang diubah menjadi bentuk padat lalu essence yang terkandung dapat menyerap ke dalam kulit. Setelah menyentuh suhu tubuh serta menyesuaikan bentuk bibir, penyerapan essence di masker bibir tersebut akan merata dan maksimal.

Selain CHOOSY, ada pula merek lip mask lainnya yang bisa kamu jadikan pilihan yakni keluaran merek Emina. Salah satu produk lokal ini menggunakan kandungan shea butter untuk memberi kelembapan mendalam bagi kulit.

Tak hanya itu, diperkaya dengan kandungan minyak nabati seperti jojoba oilavocado oilsoybean oil, hingga Macadamia oil yang akan membuat bibirmu terasa lebih kenyal dan sehat dalam pemakaian rutin.

Satu lagi produk lip mask yang juga banyak digunakan adalah Laneigelipmask. Dengan perpaduan ragam ekstrak buah yang kaya vitamin C dan antioksidan, masker bibi ini akan membantu bibir terlindungi dari paparan sinar matahari.

Kandungan shea butter dan hyaluronic acid untuk melembapkan serta coffee seed extract yang berfungsi untuk merontokkan sel kulit mati untuk membantu mencerahkan bibir agar lebih merona.

3. Lip balm dengan SPF

3. Lip balm SPF
Pixabay/silviarita

Meski disebut hanya mampu mengunci kelembapan dari luar, namun penggunaan lip balm dengan kandungan SPF juga menjadi kunci utama agar bibir tidak mudah gelap.

Penggunaan SPF pada bibir mampu mencegah hiperpigmentasi, kerusakan akibat sinar matahari, dan tanda-tanda penuaan pada kulit sekitar bibir. Sehingga tak hanya pengguunaan sunblock pada wajah, tetapi bibir pun perlu dilakukan hal yang sama.

Dilansir dari American Academy of Dermatology, direkomendasikan pemakaian lip balm non-iritasi dengan SPF 30 atau lebih dengan kandungan titanium oksida untuk membantu menjaga kesehatan bibir.

4. Menggunakan produk mengandung vitamin E

4. Menggunakan produk mengandung vitamin E
Pexels/Burst

Vitamin E menjadi salah satu jenis vitamin yang memiliki segudang manfaat bagi kulit, tak terkecuali bibir. Sebab vitamin E dapat membantu proses regenerasi sel kulit, meningkatkan sirkulasi, dan mencegah garis-garis halus.

Kamu bisa menggunakan produk bibir yang mengandung vitamin R untuk mendapatkan bibir yang halus dan tampak merah merona.

Umumnya, perawatan bibir yang mengandung vitamin E sudah dilengkapi dengan kandungan emolien untuk membuat bibir tetap lembap.

5. Menjaga bibir selalu terhidrasi

5. Menjaga bibir selalu terhidrasi
Freepik/tawatchai07

Sama halnya dengan kulit, bibir pun perlu diperhatikan agar selalu terhidrasi dengan baik. Tujuannya selain menjaga kesehatan bibir, juga untuk menjaga kelembapan dan mencerahkan.

Sebagai cara menjaga bibir agar selalu terhidrasi, kamu bisa menggunakan beberapa metode seperti mencukupi minum air putih, menggunakan pelembap alami seperti madu, minyak kelapa, minyak zaitun, cocoa butter, dan petroleum jelly, serta menghindari mengigit dan mengelupas kulit bibir

Itu dia beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat bibir tetap lembap dan tampak merah merona. Semoga informasi di atas bermanfaat dan selamat mencoba ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.