Cegah Penuaan Dini, Ketahui Fungsi Eye Cream Sebelum Menggunakan

Bisa juga untuk merawat kesehatan kulit area mata

4 Juni 2021

Cegah Penuaan Dini, Ketahui Fungsi Eye Cream Sebelum Menggunakan
Freepik

Mata adalah salah satu organ tubuh yang penting dan harus dijaga kesehatannya. Tak hanya mata, area kuit sekitarnya pun perlu dilakukan perawatan serupa.

Guna merawat area kulit di sekitar mata, umumnya banyak orang menggunakan eye cream atau krim mata yang berfungsi tak hanya merawat, tetapi juga membantu mencegah penuaan dini.

Ditemui dalam konferensi pres AHC Luminous Glow Real Eye Cream For Face secara virtual pada Kamis (03/05), Lia Wijaya selaku Brand Manager AHC Indonesia menyebutkan bahwa salah satu tanda penuaan dini bisa dilihat dari area mata.

"Luminous Glow Real Eye Cream For Face hadir dengan dengan bahan eksklusif yang telah dipatenkan yaitu Gluta-I™ Complex yang mampu mencerahkan area bawah mata dan seluruh wajah sekaligus memberikan perawatan pre-aging. Sehingga cocok digunakan bagi yang ingin mencerahkan dan mengatasi tanda penuaan dini sekaligus tanpa perlu melakukan skincare step yang berlapis-lapis,” jelasnya.

Seperti AHC eye cream, eye cream lain pada umumnya pun mengandung pelembap khusus untuk merawat kulit di sekitar mata sebagai pencegah penuaan. Selain itu, apa saja fungsi lain dari eye cream

Untuk mengetahui jawabannya, yuk, simak ulasan yang sudah Popmama.com rangkum berikut ini.

Editors' Picks

1. Kegunaan eye cream

1. Kegunaan eye cream
Freepik/cookie_studio

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, banyak orang menggunakan eye cream sebagai salah satu cara merawat kulit area mata, serta mencegah terjadinya penuaan dini. 

Selain itu, adapun beberapa fungsi atau kegunaan lain dari eye cream sebagai berikut:

  • Mencerahkan area bawah mata: banyak jenis eye cream yang menawarkan kandungan untuk membantu mencerahkan bagian bawah mata. Seperti pengguunaan vitamin C maupun niacinamide.
  • Sebagai anti-aging: eye cream pada umumnya juga mengandung bahan seperti salah satunya adenosine yang bermanfaat untuk membantu mencegah dan mengurangi kerutan dengan meningkatkan jumlah elastin dan kolagen dalam kulit. 
  • Mengatasi kulit kering sekitar mata: kulit area mata biasanya cenderung lebih mudah kering, sehingga dibutuhkan kelembapan ekstra seperti penggunaan hyaluronic acid yang saat ini menjadi marak digunakan lantaran manfaatnya untuk menjaga kelembapan dan elastisitas kulit.

2. Bahan dan kandungan pada eye cream

2. Bahan kandungan eye cream
Pixabay/stux

Sama seperti pelembab wajah, umumnya eye cream juga memiliki kandungan serupa. Tetapi yang membedakan, eye cream sudah terformulasi khusus agar tidak memicu iritasi pada kulit area mata dan sekitarnya.

Adapun beberapa kandungan pada eye cream umumnya adalah sebagai berikut:

  • Air
  • Humektan
  • Emolien
  • Retinol
  • Niacinamide
  • Vitamin C, E, dan K
  • Hyaluronic acid

Itulah beberapa kandungan yang umumnya ada di produk eye cream, kembali lagi kepada produk tersebut apa saja manfaat yang ditawarkan.

Sebagai informasi tambahan, beberapa jenis eye cream juga sudah diperkaya kandungan SPF yang mampu melindui area mata dari bahaya sinar matahari.

3. Pilih eye cream sesuai jenis kulit

3. Pilih eye cream sesuai jenis kulit
Freepik/senivpetro

Area mata memang memang jauh lebih kering diantara bagian kulit wajah lainnya. Meski demikian, pemilihan eye cream pun perlu disesuaikan dengan kondisi kulit masing-masing.

  • Untuk yang memiliki kulit cenderung berminyak, kamu bisa menggunakan eye cream berbahan dasar air atau tidak ada kandungan minyak di dalamnya. 
  • Bagi yang memiliki jenis kulit kering, kamu bisa menggunakan eye cream yang teksturnya lebih kental dan mengandung ekstra moisturizer untuk menghidrasi kulit.
  • Sementara itu, bagi kamu yang memiliki kondisi kulit sensitif, kamu bisa memilih produk eye cream yang berlabel hypoallergenic.

Jadi, pastikan lebih dulu kondisi kulitmu sebelum menggunakan eye cream ya. Pilihlah produk yang tepat sesuai manfaat yang ingin kamu dapatkan.

Adapun untuk merawat kulit area mata dan terhindar dari efek penuaan diri, kamu juga disarankan untuk menerapkan pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan bergnutrisi, minum air putih dan istirahat yang cukup, serta melakukan perawatan kulit wajah secara rutin dan maksimal.

Itulah informasi terkait eye cream yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat dan pastikan untuk memilih jenis eye cream yang tepat sesuai masalah yang ingin diatasi ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.