7 Tutorial Hijab Pashmina yang Mudah untuk Pemula

Kamu lebih suka gaya yang mana nih?

19 April 2021

7 Tutorial Hijab Pashmina Mudah Pemula
Dok. Popmama.com

Berbagai tren fashion dari ujung kepala sampai ujung kaki memang tidak akan ada habisnya jika dibahas. Hal ini juga berlaku pada tren gaya jilbab yang semakin hari semakin bervariasi.

Salah satu jenis hijab yang saat ini menjadi primadona dikalangan para perempuan muslimah adalah hijab pashmina. Selain disajikan dalam berbagai pilihan bahan yang dapat digunakan, gaya hijab ini juga sangat banyak dan tentunya membuat penampilan mu semakin cantik dan modis.

Untuk kamu yang baru memulai menggunakan hijab, ada banyak model pashmina yang simple dan mudah namun tetap modis untuk kamu tiru.

Sama juga jika kamu yang sudah terbiasa menggunakanannya untuk beraktifitas sehari-hari, kamu bisa mencoba berbagai macam model pashmina yang sudah Popmama.com rangkum berikut ini. Yuk, disimak!

1. "Paspit" pashmina yang super simple

1. "Paspit" pashmina super simple
Instagram/rachelvennya

Gaya paspit atau pashmina jepit juga menjadi primadona belakangan ini, terlebih dikalangan selebgram. Sama seperti penampilan Rachel Vennya yang sering menggunakan gaya unfinish hijab yang tetap memberikan kesan edgy pada setiap penampilannya.

Jika ingin menggunakan gaya seperti ini pada acara tertentu, kamu bisa memodifikasinya seperti yang Rachel Vennya gunakan pada foto. Caranya mudah, kamu cukup mengenakan inner ninja untuk menutupi bagian leher mu, lalu sematkan pashmina dengan panjang kedua sisi yang sama, tanpa memerlukan peniti atau jarum pentul, kamu bisa langsung menjepitnya agar menempel pada inner yang kamu kenakan.

Selesai! Untuk mempercantik penampilan mu, kamu bisa kenakan anting sebagai hiasan tambahan. Tentunya penampilan seperti ini akan lebih membuat mu keren dan modis.

2. Pashmina semat pundak cocok buat kamu yang aktif

2. Pashmina semat pundak cocok buat kamu aktif
Instagram/xolovelyayana

Sama dengan hijab segi empat, hijab pashmina satu ini juga sangat mudah digunakan dan bisa kamu gunakan setiap hari.

Caranya sangat mudah, kamu perlu inner ninja agar pashmina menempel dengan sempurna, namun jika kamu tak terbiasa dengan inner ninja pun tidak masalah.

Lalu posisikan kain sebelah kanan lebih panjang sedikit dari sebelah kiri, kemudian kamu bisa rekatkan tengah hijab dengan peniti atau jarum pentul.

Setelah terjepit dengan peniti atau jarum pentul, selanjutnya pada bagian sisi yang lebih panjang bisa kamu ke belekangkan. 

Sama seperti yang digunakan Ayana Jihye Moon pada foto, simple namun tetap cantik, bukan?

Editors' Picks

3. Pashmina lilit dengan inner buat penampilan lebih rapi

3. Pashmina lilit inner buat penampilan lebih rapi
Youtube/Sari Indah Pratiwi

Model lilit juga masih menjadi primadona bagi perempuan muslimah. Gaya satu ini menjadi pilihan yang biasa digunakan untuk sehari-hari ataupun acara tertentu. 

Walaupun lilit terkesan susah digunakan, namun ternyata caranya mudah lho. Pertama pastinya gunakan inner ninja sebelum memasangkan hijab ke kepala. Kemudia ratakan panjang kanan dan kiri dan rekatkan dengan peniti atau jarum pentul.

Setelah terpasang rapi, selanjutnya ambil sisi kanan hijab dan tarik ke sisi sebaliknya ke arah atas kepala. Rekatkan sisi samping hijab menggunakan jarum pentul. Selanjutnya ambilah sisi hijab yang satunya dan masukkan sisi hijab ke dalam baju agar tampilan lebih rapi.

Usahakan serapi mungkin, ya. Hal ini agar tak menambah kesan volume dibagian leher.

4. Pashmina simpul pita ala Nissa Sabyan

4. Pashmina simpul pita ala Nissa Sabyan
idntimes.com

Untuk kamu yang tidak memiliki banyak waktu berdandan namun tetap menginginkan penampilan yang memesona, model pashmina ala Nissa Sabyan seperti ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kamu si anak milenial.

Gaya simpul pita ini bisa kamu gunakan tenpa memerlukan inner ninja terlebih dahulu. Cukup menyematkan peniti atau jarum pentul, selanjutnya bagian sisi kanan dan kiri bisa kamu ikat simpul pita dan biarkan pita tersebut berada di tengah-tengah, dan selesai!

5. Pashmina hijab asimetris pas banget buat menutup pipi

5. Pashmina hijab asimetris pas banget buat menutup pipi
Dok. Popmama.com

Tutorial hijab pashmina yang satu ini bisa dipakai dengan bandana hijab atau ciput biasa, cocok tampilan pada acara tertentu seperti kondangan ataupun ke kantor. 

Gaya hijab ini juga bisa kamu padukan dengan berbagai atasan lho. Jadi kamu tidak perlu bingung haru mengenakan pasangan hijab dan atasan seperti apa.

Caranya mudah, pertama yang harus kamu lakukan adalah memasangkan pashmina dengan panjang sisi kanan kiri yang berbeda. Kamu dapat membuat sisi kain sebelah kanan lebih panjang.

Kemudian sematkan masing-masing sisi hijab dengan peniti atau jarum pentul tepatnya di atas telinga agar tidak mudah lepas. Setelah itu, tarik sisi yang pendek ke belakang dengan menyisakan sisi tersebut agar menutupi dada. 

6. Pashmina yang khas dari desainer Hana Tajima

6. Pashmina khas dari desainer Hana Tajima
Instagram/nf_elya

Gaya hijab satu ini juga ramai digunakan oleh perempuan muslimah. Hampir mirip seperti turban, pashmina seperti ini dikatakan mirip dengan gaya berhijab designer Hana Tajima.

Tetap cantik dan modis, caranya pun cukup mudah. Pertama tentu kamu perlu mengenakan inner hijab lalu ambil dua sisi pashmina dan ikatkan ke belakang. Selanjutnya rapikan dan rekatkan dengan peniti atau jarum pentul agar terlihat rapi.

Kamu perlu mengenakan atasan turtleneck yang siap melapisi area leher agar bagian leher mu tak terlihat. Untuk menunjang penampilan mu, tambahkan anting besar agar tidak terkesan polos. Penampilan mu akan semakin modis dan cantik.

7. Unfinished pashmina beri kesan edgy

7. Unfinished pashmina beri kesan edgy
Instagram/rachelvennya

Sesuai dengan namanya yaitu unfinished pashmina, gaya jenis ini cukup mudah dan bisa kamu gunakan sehari-hari. 

Gaya unfinished pashmina tentu dapat memberikan kesan edgy pada penampilan mu. Cara menggunakannya pun cukup mudah, pastikan kamu sudah mengenakan inner ninja untuk menutupi leher dengan sempurna.

Selanjutnya kamu bisa memasangkan pashmina di kepala dengan kedua sisi sama panjang. Ambil kedua sisi lalu bawa ke belakang, kemudian diikat dengan sempurna.

Selesai! Gaya hijab ini sangat cocok untuk kamu yang tidak memiliki banyak waktu dalam berdandan. Mudah, bukan?

Itulah 7 model pashimina simple dan mudah yang bisa kamu coba. Selain mudah, tentunya tetap bisa membuat mu tampil lebih modis. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. 

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.