6 Bahan Alami untuk Mengatasi Stretch Mark

Ternyata bahan alami ini bisa menghilangkan stretch mark lho, Ma

23 Januari 2021

6 Bahan Alami Mengatasi Stretch Mark
100percentpure.com

Stretch mark adalah guratan yang ada pada kulit yang ada karena terjadi peregangan pada kulit. Stretch mark dapat mengganggu yang membuat rasa percaya diri menjadi berkurang.

Hal ini biasanya terjadi akibat turun atau bertambahnya berat badan tubuh secara drastis dan sedang berada di masa kehamilan sehingga akan membuat kulit menjadi merenggang. Namun, Mama tak perlu khawatir karena stretch mark dapat dihilangkan lho.

Kali ini Popmama.comtelah merangkum bahan-bahan alami yang dapat Mama gunakan untuk menghilangkan stretch mark yang ada di tubuh. Disimak, yuk!

1. Mengangkat kulit mati dengan gula

1. Mengangkat kulit mati gula
Freepik/peenat

Sudah bukan hal yang asing lagi jika gula seringkali dipakai sebagai bahan alami yang dapat mengatasi berbagai macam masalah kulit.

Gula biasanya akan dipakai untuk mengangkat kulit mati dan juga menghaluskan kulit. Untuk kasus ini, gula terbukti klinis dapat memudarkan stretch mark karena gula akan mengelupas stretch mark.

Caranya cukup mudah, Mama hanya perlu mencampurkan gula dengan minyak almond atau minyak kelapa dan juga sedikit perasan jeruk nipis.

Mama bisa menggosokkan campuran ini ke area stretch mark pada saat mandi selama 8-10 menit. Gunakan sebanyak 2x dalam satu minggu untuk menghindari iritasi kulit.

2. Lembapkan dengan lidah buaya

2. Lembapkan lidah buaya
Pixabay/casellesingold

Fungsi utama dari lidah buaya biasanya adalah sebagai pelembut atau pelembab kulit alami. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa lidah buaya juga bisa digunakan untuk menghilangkan stretch mark yang ada pada kulit.

Lidah buaya akan bekerja sebagai pelembab dari kulit mati yang ada di area stretch mark sehingga dan secara perlahan menghidrasi kulit yang kering.

Mama hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya ke area stretch mark dan diamkan selama 10-15 menit kemudian bilas dengan menggunakan air hangat.

Editors' Picks

3. Minyak kelapa dapat menyembuhkan kerusakan kulit

3. Minyak kelapa dapat menyembuhkan kerusakan kulit
Pixabay/DanaTentis

Stretch mark adalah bekas lupa yang timbul akibat kerusakan pada kulit. Minyak kelapa dapat membantu menyembuhkan kerusakan ini dan mengembalikannya ke keadaan yang semula.

Pijat area stretch mark dengan minyak kelapa secara lembut selama 5-10 menit, setelahnya diamkan minyak kelapa sampai 15 menit baru kemudian di bilas.

Namun, jika pada saat pemakaian terasa perih, segera bilas dengan menggunakan air. Biasanya hal ini terjadi karena kulit yang alergi.

4. Meregenerasi jaringan dengan wortel

4. Meregenerasi jaringan wortel
Pexels/Mali Maeder

Siapa sangka kalau wortel yang dikenal dengan manfaatnya untuk kesehatan mata ini dapat menjadi bahan alami yang dapat membantu mengatasi stretch mark. Wortel kaya akan vitamin A yang dapat membantu untuk meregenerasi jaringan dan mampu mengurangi noda.

Caranya cukup mudah, Mama hanya perlu untuk menghaluskan wortel dengan cara di parut atau di blender kemudian campurkan dengan madu.

Setelahnya, aplikasikan pada kulit yang memiliki stretch mark dan diamkan selama 15-30 menit baru setelahnya bilas dengan menggunakan air hangat.

5. Kandungan enzim yang didapatkan dari pati kentang

5. Kandungan enzim didapatkan dari pati kentang
Freepik/Jcomp

Selain menjadi bahan alami yang ampuh untuk mengatasi masalah mata panda, sari pati kentang juga dapat membantu untuk menghilangkan stretch mark.

Pati kentang kaya akan enzim yang akan membantu mencerahkan bekas luka dan juga menghilangkan noda pada kulit.

Untuk mengatasi masalah ini, Mama hanya perlu mengaluskan kentang dengan cara di parut. Setelah itu peras kentang yang telah halus hingga terpisah antara pati kentang dan juga kentangnya. Oleskan pati kentang ke are stretch mark dan biarkan mengering selama 30 menit kemudian bilas dengan air.

6. Mengelupas sel kulit mati dengan kopi

6. Mengelupas sel kulit mati kopi
Freepik

Terdapat banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari kopi untuk kesehatan dan juga perawatan tubuh, salah satunya adalah dapat menyamarkan stretch mark bahkan sampai dengan menghilangkan nya. Kopi dapat mengelupas sel kulit mati dan mengencangkan kulit yang kendur.

Mama bisa mencampurkan bubuk kopi dengan sedikit air hangat sampai membentuk adonan pasta. Setelah itu oleskan campuran tadi pada bagian stretch mark dan pijat dengan gerakan yang memutar baru selama 5-10 menit kemudian bilas dengan menggunakan air hangat.

Nah, jadi itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan stretch mark secara alami. Lakukan hal-hal ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Jadi, mau coba mengatasinya dengan bahan alami yang mana dulu, Ma?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.