5 Cara Alami Mencerahkan Siku dan Lutut yang Menghitam

Coba cara alami ini yuk, Ma

11 Januari 2021

5 Cara Alami Mencerahkan Siku Lutut Menghitam
Pexels/Andrea Piacquadio

Sel kulit mati, paparan sinar matahari dan ketidakseimbangan hormon bisa menjadi penyebab siku dan lutut yang menggelap. Selain menggelap, biasanya siku atau lutut akan mengalami kekeringan karena tidak mengandung kelenjar minyak alami dari dalam tubuh.

Memiliki kulit siku dan lutut yang gelap dan kering akan sangat mengganggu penampilan tubuh, apalagi jika mengenakan pakaian yang memperlihatkan siku dan lutut.

Oleh karena itu, kali ini Popmama.comtelah merangkum bahan-bahan alami yang bisa digunakan untuk membantu menutrisi kulit dan membantu mengatasi kulit siku dan lutut yang menggelap. Ada apa saja, ya?

1. Vitamin A dan C dalam mentimun

1. Vitamin A C dalam mentimun
Pexels/Radoslaw Wisniewski

Karena sifat pemutihnya, mentimun adalah salah satu cara paling efektif untuk menghilangkan siku dan lutut yang gelap. Mentimun akan membantu menghilangkan sel kulit mati dan menjaga kulit menjadi lebih lembab. Selain itu mentimun mengandung vitamin A dan C yang dapat menjaga kulit tetap segar.

Mama bisa menggosokkan timun yang sudah di iris tebal secara lembut ke bagian siku dan lutut selama 15 menit kemudian diamkan selama 5 menit sebelum kemudian di bilas dengan menggunakan air dingin.

Selain itu Mama juga bisa mencampurnya dengan madu dengan perbandingan yang sama dan di oleskan ke bagian siku dan lutut, diamkan selama 20 menit dan bilas dengan air biasa.

Editors' Picks

2. Kandungan enzim katalase pada kentang

2. Kandungan enzim katalase kentang
Pixabay/MarkoPaak

Kentang kaya akan enzim katalase yang dapat mencerahkan warna kulit secara alami. Menggunakan kentang setiap hari akan membantu melembutkan dan mencerahkan kembali warna siku dan lutut yang menghitam.

Caranya cukup mudah, parut kentang dan peras hingga keluar pati atau sari kentang dan oleskan ke kulit kemudian diamkan selama 15 menit baru kemudian bilas dengan menggunakan air biasa.

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan menggosok siku atau lutut dengan irisan kentang selama 10-15 menit lalu bilas.

3. Kandungan asam lemak esensial dari minyak kelapa

3. Kandungan asam lemak esensial dari minyak kelapa

Minyak kelapa mengandung asam lemak esensial dan vitamin E yang dapat membantu memperbaiki kulit gelap dan juga kering. Minyak kelapa juga dapat memberikan kelembapan pada kulit siku atau lutut yang kering kemudian mengunci kelembapan tersebut.

Setelah mandi, Mama bisa mengoleskan minyak kelapa ke area siku dan juga lutut kemudian pijat lembut selama 2-3 menit hingga minyak terserap ke dalam kulit.

Selain itu, Mama bisa mencampurkan ½ sendok teh perasan lemon dengan 1 sendok teh minyak kelapa, kemudian pijat siku dan lutut dengan lembut.

4. Mencerahkan kulit dengan oatemeal

4. Mencerahkan kulit oatemeal
Pixabay/Fotoblend

Selain memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, oatmeal juga merupakan salah satu cara efektif untuk memiliki warna kulit yang cerah dan juga terlihat halus. Untuk mengatasi masalah kulit siku dan lutut yang menggelap Mama bisa mencampurkan oatmeal, perasan lemon, dan juga garam.

Caranya adalah dengan mencampurkan ½ sendok makan oatmeal, ½ sendok teh air perasan lemon dan sedikit garam, jadikan sebagai campuran pasta.

Setelah itu oleskan scrub dengan gerakan melingar selama 10-15 menit kemudian bilas dengan menggunakan air hangat.

5. Campuran lemon dengan baking soda

5. Campuran lemon baking soda
freepik.com/freepik

Lemon adalah bahan pencerah kulit alami yang sangat baik. Lemon memiliki kandungan antioksidan dan vitamin C yang mampu meregenerasi kulit dan memperbaiki kulit yang mengalami kerusakan. Baking soda berfungsi sebagai pembersih yang lembut dan juga efektif untuk memutihkan area kulit yang gelap.

Potonglah lemon menjadi dua bagian dan taburkan 1 sendok makan soda kue di atasnya, gosok siku dan lutut selama 1-2 menit. Setelah di gosok, diamkan selama 15 menit kemudian bilas dengan menggunakan air hangat. Ulangi setiap 2 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Nah, itulah beberapa cara yang dapat Mama lakukan untuk mengatasi masalah kulit kering dan gelap pada bagian siku dan juga lutut. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Semoga bermanfaat ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.