5 Cara Alami untuk Mengatasi Flek Hitam pada Wajah

Bahan-bahan alami ini bisa Mama coba untuk menghilangkan flek hitam

10 Mei 2021

5 Cara Alami Mengatasi Flek Hitam Wajah
Pexels/Cottonbro

Cara mengatasi flek hitam yang diakibatkan oleh bekas jerawat berbeda dengan hanya dengan mengobati bekas jerawat. Flek hitam berupa bintik-bintik hitam yang biasanya muncul di permukaan kulit sehingga akan sangat terlihat di wajah.

Sebenarnya flek hitam dapat menghilang dengan sendirinya namun membutuhkan waktu yang cukup lama, mulai dari 3 bulan sampai dengan 2 tahun untuk benar-benar menghilang dari wajah. Hal itu tidak berarti membuat Mama menunggu lama agar flek hitam benar-benar menghilang.

Ada banyak produk perawatan yang mampu menghilangkan flek hitam, namun tidak ada salahnya mencoba menghilangkan flek hitam dengan bahan yang alami.

Untuk itu, Popmama.comtelah merangkum 5 bahan alami yang bisa coba untuk menghilangkan flek hitam. Yuk, disimak!

1. Eksfoliasi dengan pepaya

1. Eksfoliasi pepaya
Freepik/bowonpat

Pepaya memiliki asam buah yang dikenal sebagai asam alfa hidroksi atau AHA yang mampu mengupas kulit yang kering.

Pepaya dapat bekerja sebagai anti-aging dan menghilangkan sel-sel kulit mati dan kusam. Selain itu, pepaya dapat membantu mencerahkan kulit dan membuat kulit tampak lebih muda.

Mama bisa menghaluskan pepaya yang sudah matang menggunakan sendok atau garpu dan mengaplikasikannya sebagai masker wajah.

Diamkan beberapa saat baru setelahnya berikan pijatan melingkar pada wajah untuk memberikan gesekan lembut pada kulit baru kemudian dibilas menggunakan air hangat.

Editors' Picks

2. Gunakan kunyit untuk meratakan warna kulit

2. Gunakan kunyit meratakan warna kulit
familinia.com

Orang-orang yang tinggal di daerah subtropis seperti India dan sebagian Amerika Tengah menggunakan kunyit untuk mengurangi peradangan hingga membantu proses pencernaan. Manfaat kunyit pada kulit yaitu dapat menghambat produksi melanin kulit yang akan menimbulkan bintik-bintik akibat hiperpigmentasi.

Mama dapat menjadikan kunyit sebagai bahan masker yang kemudian di campurkan dengan madu dan perasan lemon.

Namun, jika Mama memiliki kulit yang cenderung sensitif maka campurkan kunyit hanya dengan madu saja, baru setelahnya diaplikasikan ke wajah dan tunggu beberapa saat dan kemudian bilas menggunakan air hangat.

3. Mencerahkan dengan yogurt

3. Mencerahkan yogurt
Pixabay/profet77

Bahan pencerah kulit alami lainnya pasti sudah Mama miliki di rumah, bahan itu adalah yogurt yang mana berfungsi untuk memudarkan flek hitam dengan melakukan pengelupasan pada kulit.

Menggunakan yogurt dapat menenangkan kulit karena mengandung asam laktat, yaitu AHA yang akan memperbaiki perubahan warna dan bintik penuaan.

Yogurt dapat langsung dioleskan ke kulit wajah atau dicampur dengan bahan alami lainnya seperti madu yang bersifat antibakteri sehingga akan bagus untuk kulit yang sensitif.

Selain itu, yogurt juga bisa dicampurkan dengan oatmeal untuk membantu mengelupas dan menenangkan kulit kering.

4. Mengonsumsi tomat

4. Mengonsumsi tomat
Freepik/dashu83

Selain memakainya sebagai masker di wajah, mengonsumsi tomat juga akan membantu mengatasi flek hitam pada kulit. Mengonsumsi tomat yang dicampur dengan minyak zaitun akan memberikan perlindungan kepala kulit dari paparan sinar matahari.

Tomat kaya akan likopen yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh atau perawatan kulit. Mama bisa memakan tomat sebagai salad yang dicampurkan dengan berbagai sayuran hijau lainnya.

5. Melembapkan dengan lidah buaya

5. Melembapkan lidah buaya
Pixabay/Rosina-Sch

Bagi sebagian orang, flek hitam bukanlah hasil dari hiperpigmentasi, tetapi jaringan kulit yang memiliki banyak melanin sehingga akan menimbulkan bekas luka yang sulit untuk dihilangkan.

Memberikan kembali kelembapan pada kulit dengan menggunakan lidah buaya perlu dilakukan untuk menghilangkan flek hitam.

Untuk menghilangkan flek hitam dan melembapkan kulit, Mama bisa mengonsumsi lidah buaya dalam bentuk minuman atau menjadikannya masker wajah.

Gel lidah buaya bisa langsung di aplikasikan ke wajah seperti memakai pelembab pada umumnya. Lidah buaya juga mampu menghilangkan kemerahan pada wajah dan menjaga kulit teta terhidrasi.

Beberapa bahan alami ini bisa Mama gunakan sebagai langkah awal untuk menghilangkan flek hitam pada wajah atau bagian tubuh lainnya.

Namun, jika Mama sudah cukup lama mengalami hal ini, gunakan lah produk perawatan kulit yang mengandung bahan-bahan di atas atau langsung berkonsultasi dengan ahli nya.

Jadi, sebagai usaha untuk menghilangkan flek hitam menggunakan bahan-bahan alami ini, kira-kira Mama mau mencoba yang bahan alami yang mana dulu?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.