6 Cara Memakai Parfum agar Tahan Lama Seharian

Parfum Mama tidak bertahan lama? Jangan khawatir, coba 6 cara memakai parfum agar awet seharian

30 November 2020

6 Cara Memakai Parfum agar Tahan Lama Seharian
Pexels/RF._.studio

Aroma tubuh tentunya menjadi hal yang diperhatikan banyak orang, biasanya menggunakan parfum bisa membuat badan menjadi wangi. Tapi Ma, ternyata aroma dari parfum hanya bisa bertahan sekitar 2 sampai 3 jam setelah disemprotkan lho.

Jenis parfum Eau de Parfume adalah jenis parfum yang paling tahan lama aromanya sedangkan Eau de Toilette dan body mist biasanya tidak akan bertahan lama saat digunakan seharian.

Ada beberapa cara yang bisa Mama lakukan untuk membuat parfum yang dipakai awet seharian, berikut Popmama.comtelah merangkum 6 cara agar aroma parfum bisa bertahan lama seharian.

1. Menyemprotkan parfum di baju dan kulit

1. Menyemprotkan parfum baju kulit
Pexels/Alina Vilchenko

Ma, seperti kita ketahui kalau kain baju yang dapat menyerap parfum akan membuat aroma parfum bertahan lama di tubuh, sedangkan jika Mama menyemprotkannya di kulit maka aroma dari parfum bisa bertahan lama jika bercampur dengan aroma alami dari tubuh.

Nggak sedikit juga lho yang menggunakan parfum dengan cara disemprotkan ke udara kemudian berjalan melewati semprotan tersebut, niatnya agar parfum bisa menempel di baju. Tapi, ini adalah kebiasaan yang sangat boros lho.

Kebiasaan ini hanya jadi sia-sia, parfum nggak akan terlalu menempel pada baju kamu, alhasil aromanya juga akan cepat hilang deh.

Kalau kebiasaan ini terus dilakukan, parfum mahal Mama bisa cepat habis deh.

2. Menyemprotkan parfum di titik nadi bisa bikin aroma parfum bertahan lama

2. Menyemprotkan parfum titik nadi bisa bikin aroma parfum bertahan lama
Pexels/Cottonbro

Nah Ma, pernah nggak sih melihat banyak orang pecinta parfum yang menyemprotkan parfum di pergelangan tangan? 

Ternyata ini sangat berguna lho untuk membuat  aroma parfum bertahan lama seharian. Cara ini berguna untuk membuat parfum bereaksi dengan panas yang ada di tubuh. Cara penyemprotkan di pergelangan tangan, leher, sudut dalam siku, dan belakang lutut mampu membuat aroma dari parfum bisa bertahan karena titik itu.

Kenapa hanya area tersebut?

Karena area-area tubuh merupakan bagian tubuh yang suhunya lebih hangat dibandingkan dengan area lainnya Ma. Jadi, parfum akan menempel lebih lama pada titik hangat di tubuh tersebut. 

Jika Mama ingin mencobanya, disarankan saat menyemprotkannya ke pergelangan tangan, hindari menggosok kedua pergelangan tangan ya karena akan menyebabkan wangi jadi cepat hilang.

Editors' Picks

3. Menyimpan parfum di suhu ruang juga mempertahankan kualitas parfum

3. Menyimpan parfum suhu ruang juga mempertahankan kualitas parfum
Pixabay/Domeckopol

Cara Mama menyimpan parfum juga berpengaruh pada kualitas parfum kamu lho. Suhu panas, cahaya matahari, dan kelembapan akan mengurangi kualitas parfum sehingga parfum yang Mama miliki tidak akan bertahan lama. Duh, sayang sekali ya.

Jangan menyimpan parfum di tempat yang lembab seperti kamar mandi dan jangan meletakkannya di dekat jendela karena akan terkena paparan panas matahari secara langsung.

Simpan dalam suhu ruang yang jauh dari area-area yang telah disebutkan sebelumnya.

4. Jangan mengocok botol parfum

4. Jangan mengocok botol parfum
Pixabay/Pixel2013

Ini juga jadi kebiasaan salah yang kerap dilakukan. 

Saat kamu mengocok botol parfum sebelum memakainya akan menyebabkan udara masuk ke dalam botol. Mengocok botol parfum adalah kebiasaan yang sebaiknya dihilangkan ya karena hanya akan membuat aroma parfum berkurang.

Ketika udara masuk kedalam botol parfum, maka aroma yang ada dalam parfum akan pecah sehingga aromanya tidak akan bertahan lama. Hal ini yang mengakibatkan aroma parfum pada tubuh akan cepat menghilang.

5. Memakai body lotion terlebih dahulu juga menjaga keawetan aroma parfum

5. Memakai body lotion terlebih dahulu juga menjaga keawetan aroma parfum
Pexels/Linda Prebreza

Sebelum menyemprotkan parfum ada baiknya jika Mama memakai pemembab atau body lotion. Minyak yang dimiliki oleh body lotion akan membuat parfum menjadi lebih awet.

Mama bisa menggunakan parfum yang tidak memiliki aroma (unscented) atau menggunakan body lotion yang memiliki aroma yang sama atau senada dengan parfum yang akan Mama pakai.

6. Perhatikan tanggal kadaluarsa parfum

6. Perhatikan tanggal kadaluarsa parfum
Pixabay/Lolame

Mama juga perlu untuk memperhatikan tanggal kadaluarsa yang ada pada parfum Mama lho. Hal ini biasanya diabaikan karena parfum yang kadaluarsa masih menyimpan aroma walaupun tidak akan bertahan lama.

Kemasan parfum juga akan berpengaruh terhadap usia penyimpanan parfum. Biasanya untuk kemasan aluminium akan bertahan lama selama 5 sampai 8 tahum, sedangkan untuk parfum dengan botol kaca hanya bertahan sekitar 2 sampai 3 tahun saja.

Nah, itulah 5 cara yang bisa Mama terapkan agar aroma yang dikeluarkan oleh parfum bisa betahan lama di badan Mama. Dengan memiliki aroma tubuh yang enak akan membuat Mama tampil lebih percaya diri dan dengan suasana hati yang bagus.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.