TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Cara Mengatasi Foundation yang Mengalami Oksidasi

Ucapkan selamat tinggal pada wajah yang abu-abu!

3 Oktober 2022

5 Cara Mengatasi Foundation Mengalami Oksidasi
Freepik

Dalam memilih produk makeup tentunya memerlukan kecocokan tersendiri mengingat warna kulit yang dimiliki oleh tiap orang berbeda-beda. Seperti juga menentukan shadefoundation yang tepat agar hasil makeup terlihat sempurna.

Mungkin Mama pernah mengalami ketidakcocokan denga shade yang dipilih sehingga membuat wajah terlihat menjadi lebih gelap dan berwarna abu-abu.

Apakah yang terjadi? Hal ini disebut dengan oksidasi, dimana pigmen dan minyak dalam riasan bereaksi terhadap udara dan minyak alami sehingga menyebabkan foundation menjadi lebih gelap.

Namun, Mama tidak perlu khawatir karena Popmama.com telah merangkum 5 tips yang dapat Mama lakukan untuk mengatasi permasalahan foundation yang mengalami oksidasi. Yuk, disimak!

1. Menggunakan primer terlebih dahulu

1. Menggunakan primer terlebih dahulu
Pinterest.com

Primer dapat berfungsi sebagai penghalang antara kulit dengan foundation yang akan digunakan. Yang mana akan membantu mencegah foundation bereaksi dengan minyak alami yang ada pada kulit wajah.

Untuk Mama yang memiliki jenis kulit kombinasi, gunakan primer untuk mengontrol minyak pada T-zone untuk menghidrasinya.

Dengan memakai primer, maka kemungkinan foundation mengalami oksidasi akan semakin kecil.

Editors' Picks

2. Memilih shade warna yang lebih terang

2. Memilih shade warna lebih terang
Freepik/user10841670

Pada saat memilih shade warna foundation, ada baiknya untuk memilih warn yang satu atau dua tingkat lebih terang dari warna kulit asli Mama.

Karena pada dasarnya foundation yang mengalami oksidasi akan berubah menjadi lebih gelap, dengan memilih shade yang lebih terang maka warna foundation bisa lebih cocok dengan warna kulit asli Mama.

Hal ini dapat Mama lakukan jika memang sulit menemukan foundation yang tidak akan mengalami oksidasi pada wajah Mama.

3. Menggunakan bedak tabur dengan warna yang gelap

3. Menggunakan bedak tabur warna gelap
Freepik/master1305

Bedak tabur berfungsi sebagai penghalang antara foundation dengan udara untuk mencegah efek proses oksidasi.

Dengan menggunakan bedak tabur yang memiliki warna lebih gelap dibandingkan dengan foundation yang Mama gunakan, maka kemungkinan wajah menjadi abu-abu akan semakin kecil.

Selain itu, bedak tabur juga berfungsi untuk membuat hasil riasan Mama bertahan lebih lama dibandingkan dengan tidak menggunakannya sama sekali.

4. Memakai concealer untuk menyeimbangkan warna

4. Memakai concealer menyeimbangkan warna
Pexels/George Milton

Concealer bisa Mama gunakan untuk menyeimbangkan warna kulit yang ada pada wajah Mama untuk menetralkan warna kulit wajah Mama. Pemilihan warna pada concealer tentunya penting agar wajah tidak terlihat semakin abu-abu.

Gunakan concealer yang memiliki warna satu tingkat lebih gelap pada bagian pipi, garis hidung, dan juga bagian luar dahi.

Perlu Mama ingat untuk menggunakan concealer secara tipis-tipis agar tidak memberikan efek yang terlalu berat pada wajah.

5. Rutin membersihkan brush yang digunakan

5. Rutin membersihkan brush digunakan
Freepik/master1305

Tentunya terdapat beberapa alat yang bisa Mama gunakan untuk mengaplikasikan foundation pada wajah, salah satunya adalah dengan menggunakan brush. Karena seringkali digunakan untuk blend foundation pada wajah, tentunya brush yang digunakan secara perlahan akan kotor.

Sangat penting untuk membuat brush yang dipakai tetap bersih dengan mencuci nya setiap 2-3 kali dalam seminggu untuk menghindari terjadinya perubahan warna pada saat menggunakan foundation. Minyak berlebih yang tertinggal pada brush dapat membuat foundation yang Mama gunakan menjadi teroksidasi.

Nah, itulah lima cara yang dapat Mama lakukan pada saat foundation mengalami oksidasi yang dapat membuat wajah Mama menjadi abu-abu. Dicoba yuk, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk