5 Cara Mengatasi Tekstur Kulit yang Tidak Merata

Bisa membuat tekstur kulit menjadi lebih merata lho, Ma

16 Mei 2022

5 Cara Mengatasi Tekstur Kulit Tidak Merata
Pexels/cover Andrea Piacquadio

Memiliki tekstur kulit wajah yang halus dan merata tentunya menjadi keinginan banyak orang karena dapat memberikan penampilan yang terlihat flawless. Namun, setiap waktunya tekstur kulit dapat mengalami perubahan tergantung dengan kondisi di lingkungan sekitar.

Tekstur kulit yang tidak merata dapat berupa kulit wajah yang beruntusan atau kasar pada bagian tertentu saja, sehingga akan membuat wajah nampak lebih kusam. Apapun yang sedang terjadi, ada baiknya jika Mama mengetahui hal-hal untuk mengatasi permasalahan tersebut sesuai dengan kondisi kulit.

Oleh karena itu, kali ini Popmama.com telah merangkum 5 cara untuk meratakan tekstur kulit yang tidak merata. Yuk, simak informasinya!

1. Melakukan eksfoliasi untuk menghaluskan kulit

1. Melakukan eksfoliasi menghaluskan kulit
Freepik/user18526052

Jika penumpukan sel kulit mati adalah masalahnya, maka memperbaiki tekstur kulit wajah dapat dilakukan dengan cara eksfoliasi. Mama harus memastikan untuk melakukan eksfoliasi sebanyak 2-3 kali dalam satu minggu dengan menggunakan scrub ke daerah yang terasa tidak rata.

Perlu Mama ingat untuk tidak menggunakan produk eksfoliasi secara berlebihan karena dapat menyebabkan produksi minyak yang berlebih dan kerusakan kulit.

Selain itu, gunakan juga produk eksfoliasi yang memiliki formula lembut untuk menghindari terjadinya iritasi kulit.

Editors' Picks

2. Mengoleskan minyak alami ke area tertentu

2. Mengoleskan minyak alami ke area tertentu
Freepik/Racool_studio

Jika sebagian besar kulit wajah memiliki tekstur yang halus tetapi area di sekitar atau samping hidung sedikit kasar karena komedo, maka Mama bisa menggunakan minyak alami.

Penggunaan minyak alami pada kulit wajah yang bertekstur dapat membantu untuk mengontrol produksi sebum dan munculnya komedo.

Aplikasikan minyak alami pada T-zone, khususnya area hidung karena pada area tersebut komedo biasanya muncul.

3. Selalu menambahkan vitamin c

3. Selalu menambahkan vitamin c
Freepik

Vitamin C memiliki peranan penting untuk membuat kulit menjadi lebih cerah, namun tidak hanya itu saja, ternyata vitamin C juga dapat meratakan tekstur kulit yang tidak merata.

Menambahkan vitamin C dalam rutinitas perawatan kulit Mama akan membantu untuk memperbaiki tekstur kulit dengan memberikan antioksidan pada kulit.

Antioksidan ini berfungsi untuk memperbaiki dan mempertahankan kulit mati dari kerusakan yang diakibatkan oleh lingkungan serta dapat mengembalikan kekenyalan kulit dan bintik-bintik tanda penuaan.

4. Tidak lupa menggunakan sunscreen

4. Tidak lupa menggunakan sunscreen
Freepik/lookstudio

Sunscreen merupakan salah satu dari rangkaian perawatan kulit yang tidak boleh terlewatkan. Paparan sinar matahari dapat menyebabkan tekstur kulit dan ukuran pori-pori menjadi tidak merata.

Mama bisa menggunakan sunscreen yang dengan minimal SPF 30 untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari secara berlebih.

Meskipun berada di dalam rumah sekalipun, penggunaan sunscreen tidak boleh terlewatkan karena secara tidak disadari sinar matahari dapat masuk ke dalam rumah.

5. Melakukan chemical exfoliator

5. Melakukan chemical exfoliator
Freepik/lookstudio

Jika biasanya eksfoliasi dilakukan secara topikal atau dengan menggunakan face scrub, maka chemical exfoliator dilakukan untuk melakukan eksfoliasi dari dalam. Chemical exfoliator biasanya berbentuk toner dan memiliki berbagai jenis dan kegunaan yang berbeda di setiap produknya.

Eksfoliasi kimia ini aman digunakan untuk semua jenis kulit termasuk juga kulit yang sensitif karena memiliki sifat yang kembut. Gunakan toner eksfoliasi sebanyak 2 kali dalam satu minggu sambil diselingi dengan penggunaan hydrating toner.

Nah, itulah lima cara yang dapat Mama lakukan untuk meratakan tekstur kulit yang tidak merata. Perawatan ini harus Mama lakukan secara rutin dan juga konsisten untuk mendapatkan hasil yang diinginkan dan kesehatan kulit dapat tetap terjaga.

Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk