Punya Kulit Berminyak? Intip 7 Cara Mengatasinya

Perhatikan hal ini agar kulit tidak semakin berminyak

22 Juni 2021

Pu Kulit Berminyak Intip 7 Cara Mengatasinya
Freepik/cookie_studio

Setiap orang memiliki kondisi kulit yang berbeda-beda, mulai dari kulit kering, kulit berminyak, kulit kombinasi, kulit berjerawat, dan juga kulit yang normal. Tentunya setiap jenis kulit memiliki cara tersendiri untuk melakukan perawatan agar kondisi kulit tidak semakin parah dan tetap terjaga kesehatannya.

Bagi kulit yang berminyak, kondisi ini terkadang mengganggu penampilan karena wajah akan terlihat greasy pada saat memakai makeup, terutama pada area T zone atau bagian dahi, hidung, dan dagu.

Oleh karena itu, kali ini Popmama.com telah merangkum 7 hal yang harus diperhatikan untuk mengatasi kulit yang berminyak. Yuk, disimak!

1. Bukan hanya menggunakan skincare, memerhatikan gaya hidup juga sangat penting

1. Bukan ha menggunakan skincare, memerhatikan gaya hidup juga sangat penting
Unsplash/Paolo Merchan Montes

Produksi minyak yang berlebih pada wajah bisa saja terjadi karena faktor gaya hidup yang dijalani. Dari apa yang dikonsumsi hingga bagaimana menjalankan keseharian dapat mempengaruhi kondisi kulit wajah.

Seperti misalnya mengonsumsi makanan yang berminyak dan juga makanan yang mengandung gula dapat meningkatkan produksi minyak dengan merangsang hormon.

Untuk menghindari hal ini, hal yang harus dilakukan adalah tetap menjaga pola gaya hidup yang seimbang dan tepat.

2. Melakukan perawatan untuk kulit berminyak

2. Melakukan perawatan kulit berminyak
Freepik

Kesalahan yang seringkali dilakukan oleh seseorang yang memiliki kulit berminyak adalah terlalu banyak melakukan perawatan. Lakukanlah perawatan yang memang sesuai dengan jenis dan kondisi kulit yang sedang di alami.

Pada dasarnya, menggunakan terlalu banyak produk perawatan kulit untuk mengatasi kulit berminyak hanya akan membuat kulit tampak lebih berminyak.

Gunakan produk perawatan kulit wajah yang memang diformulasikan untuk jenis kulit berminyak agar dapat diatasi dengan baik.

Editors' Picks

3. Menghindari over cleaning

3. Menghindari over cleaning
Freepik/Jcomp

Over cleaning atau membersihkan secara berlebihan bukan merupakan hal yang disarankan dalam melakukan perawatan kulit.

Semua hal yang dilakukan untuk merawat kulit wajah adalah keseimbangan dalam rutinitas perawatan kulit karena segala sesuatu yang berlebihan tidak akan baik.

Sangat penting untuk memperhatikan waktu yang tepat untuk mencuci muka, yaitu pagi dan malam hari dengan menggunakan pembersih wajah yang lembut. Hal ini dilakukan untuk menghindari iritasi pada kulit wajah yang dapat menyebabkan minyak dan jerawat.

4. Menjaga kulit tetap terhidrasi

4. Menjaga kulit tetap terhidrasi
Freepik

Menjaga kulit agar tetap terhidrasi adalah hal yang harus dilakukan oleh semua orang jika ingin memiliki kulit yang sehat.

Jika kulit mengalami dehidrasi maka akan menghasilkan lebih banyak minyak sebagai pengganti mineral.

Untuk menjaga hidrasi kulit, gunakan pelembap atau serum yang mengandung hyaluronic acid. Hal ini dikarenakan kandungan hyaluronic acid dapat membantu untuk menyerap hidrasi ke kulit tanpa memberikan efek kilau yang berlebihan.

5. Menggunakan pelembap secara teratur

5. Menggunakan pelembap secara teratur
Freepik

Terdapat mitos yang masih dipercayai oleh banyak orang, yaitu tentang penggunaan pelembap untuk kulit yang berminyak. Banyak yang mengatakan bahwa pelembap dapat membuat kulit berminyak memproduksi lebih banyak minyak.

Hal ini tidak benar adanya karena sebenarnya kulit yang berminyak sering mengalami dehidrasi kulit, karenanya kelembapan akan hilang dan tergantikan dengan produksi minyak yang berlebih. Gunakan produk pelembap yang bebas minyak untuk mencegah kulit mengalami kekeringan.

6. Melakukan eksfoliasi dengan lembut

6. Melakukan eksfoliasi lembut
Freepik/wayhomestudio

Seperti yang di ketahui, melakukan eksfoliasi sebaiknya dilakukan oleh semua jenis kulit untuk menghilangkan sel-sel kulit mati yang menempel pada kulit. Namun, hal yang perlu diperhatikan pada saat melakukan eksfoliasi adalah jenis produk scrub yang digunakan.

Jangan menggunakan scrub yang kasar karena hanya akan mengikis kelenjar minyak yang ada pada kulit. Gunakan produk scrub yang mengandung asam hidroksi seperti asam glikolat dan asam salisilat yang dapat meresap ke dalam pori-pori untuk menghilangkan kelebihan sebum.

7. Menghindari paparan sinar matahari langsung

7. Menghindari paparan sinar matahari langsung
Freepik/freepic.diller

Tentunya sinar matahari tidak akan membuat kulit yang berminyak menjadi kering, namun tentunya terkena paparan sinar matahari terlalu banyak juga tidak akan bagus untuk kulit.

Paparan sinar matahari akan membuat kulit mengalami dehidrasi sehingga kelenjar sebaceous akan bekerja ekstra untuk menggantinya dengan minyak.

Jika begitu, kulit akan lebih banyak memproduksi minyak sehingga wajah akan terlihat semakin berminyak. Oleh karena itu, lindungi kulit dengan menggunakan sunscreen atau topi.

Demikian tujuh hal yang harus diperhatikan untuk mengatasi kondisi kulit wajah yang berminyak agar kulit tidak memproduksi minyak alami secara berlebihan. Jadi, apakah Mama sudah pernah melakukan salah satu diantaranya?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.